Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

18/12/17

Apakah Karyawan yang Mengundurkan Diri Berhak Dapat Pesangon?

Apakah Karyawan yang Mengundurkan Diri Berhak Mendapat Pesangon?_Ada masanya seorang karyawan akan memilih untuk resign atau mengundurkan diri dari perusahaan dimana ia bekerja. Pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah, apakah karyawan yang mengundurkan diri berhak untuk mendapatkan uang pesangon atau tidak. Di artikel ini Anda akan menemukan jawabannya. Selamat membaca.
Apakah Karyawan yang Mengundurkan Diri Berhak Dapat Pesangon?

Apa karyawan yang mengundurkan diri berhak atas pesangon?

Berbeda halnya dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), mengundurkan diri dianggap sebagai tindakan pemberhentian kerja atas kemauan sendiri atau secara sukarela. Di dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UUK) tidak diatur uang pesangon bagi karyawan yang mengundurkan diri secara sukarela.

Kesimpulannya, karyawan yang resign atau mengundurkan diri tidak berhak mendapatkan uang pesangon.

Lalu, hak apa yang bisa didapatkan karyawan yang mengundurkan diri?

Selain tidak berhak atas uang pesangon, karyawan yang mengundurkan diri juga tidak berhak mendapatkan Uang Penghargaan Masa Kerja (UPMK), meskipun misalnya karyawan tersebut telah bekerja lebih dari 5 atau 10 tahun. Namun demikian, karyawan yang resign atau mengundurkan diri masih bisa mendapatkan uang pisah dan Uang Penggantian Hak (UPH).

Uang pisah diatur dalam pasal 162 ayat (2) UUK, yang besar dan pelaksanaannya diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama antara karyawan dengan perusahaan.

Untuk mendapatkan Uang Penggantian Hak (UPH), karyawan harus memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam pasal 162 ayat (3) UUK, sebagai berikut :

1. Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri.
2. Tidak terikat dalam ikatan dinas.
3. Tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

Demikian artikel tentang apa karyawan yang mengundurkan diri berhak dapat pesangon?. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Apakah Karyawan yang Mengundurkan Diri Berhak Dapat Pesangon?

Posting Komentar

Back To Top