Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

21/11/17

Cara Menghindari Stres Saat Menjadi Pengangguran karena Terkena PHK

Saat Anda baru saja kehilangan sebuah pekerjaan, baik karena terkena PHK maupun Anda sendiri yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan karena suatu hal, maka kemudian banyak hal yang akan Anda hadapi, mulai dari datangnya rasa khawatir akan tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, hilangnya teman kerja yang biasa Anda temui setiap hari di tempat kerja, serta pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari keluarga Anda mengenai kenapa kita tak lagi bekerja. Jika kita tidak mengelolanya dengan baik, maka hal ini bisa berpotensi menyebabkan Anda mengalami stress atau depresi.

Jika biasanya weker atau alarm yang Anda pasang dengan segera membangunkan Anda di pagi hari, maka saat Anda telah kehilangan pekerjaan, weker tersebut seolah tak ada artinya lagi. Banyak orang yang kemudian mengalami stress saat menganggur dan bahkan merasa bahwa hilangnya pekerjaan adalah akhir dari segalanya. Padahal, kehilangan sebuah pekerjaan sangat mungkin merupakan awal untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih positif untuk Anda dan keluarga. 

Untuk menghindari stress yang diakibatkan oleh shock karena kehilangan pekerjaan dan kemudian menganggur, Anda dapat mencoba beberapa tips menghindari stress saat menganggur berikut ini :

1. Memberi tahu keluarga
Sampaikan dengan hati-hati kepada keluarga atau pasangan Anda bahwa kita telah berhenti bekerja. Tentu akan banyak pertanyaan yang muncul mengenai kenapa kita berhenti bekerja. Berikan penjelasan dengan baik dan hati-hati. Jika Anda telah memiliki anak dan istri, tentu hal ini menjadi sebuah beban yang cukup berat mengingat mereka semua bergantung kepada Anda. Berhentinya Anda dari perusahaan tempat kita bekerja, secara langsung akan berdampak pada kehidupan mereka.

2. Berbagi cerita 
Berkeluh kesah bukan berarti kita lemah, berkeluh kesah kepada pasangan atau teman dekat yang dipercaya, atau bercerita dan meminta nasihat kepada guru agama, akan sangat membantu kita dalam meringankan beban pikiran saat kita baru saja kehilangan pekerjaan. 

3. Tetap bangun di pagi hari
Meskipun Anda sedang menganggur, jangan sampai Anda menjadi malas bangun dan tidur sampai siang. Tetaplah bangun pagi dan lakukan berbagai kegiatan yang membuat Anda sibuk, seperti membaca koran, menyiram tanaman, menguras kolam ikan, olah raga, membereskan lemari dan kegiatan positif lainnya.

Cara Menghindari Stress Saat Menganggur

4. Hubungi teman-teman
Cobalah hubungi teman-teman Anda dan tanyakan tentang kemungkinan adanya pekerjaan untuk Anda. Tak perlu malu atau sungkan, peluang bisa datang kapan saja jika Anda mau terbuka dan tak segan meminta bantuan orang lain. Ingat, rejeki yang Tuhan berikan bisa melalui perantara siapa saja. 

5. Cari pekerjaan baru
Anda bisa mencari pekerjaan baru di tempat atau perusahaan lain untuk jenis pekerjaan yang sama. Anda bisa mencoba mengajukan lamaran kerja ke perusahaan tandingan tempat Anda bekerja dulu. Mungkin saja mereka membutuhkan kemampuan Anda.

6. Freelance, kenapa tidak?
Jika Anda belum mendapatkan pekerjaan baru yang tetap, maka Anda bisa bekerja secara freelance. Anda bisa memilih jenis pekerjaan freelance yang sesuai dengan bidang atau kemampuanAnda. Meski penghasilannya tidak seberapa, namun hal ini dapat kita gunakan untuk mengisi waktu yang terasa sangat membebani Anda.

7. Berdoa kepada Tuhan
Bagaimanapun segala hal yang terjadi dalam kehidupan adalah atas izin dan kehendak Tuhan. Begitu juga dengan pekerjaan Anda. Maka mintalah selalu pertolongan Tuhan melalui doa kepada-Nya. Aktivitas berdoa kepada Tuhan akan membuat kita selalu bersemangat dan optimis dalam hidup.

Itulah beberapa tips menghindari stress saat menganggur. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar Cara Menghindari Stres Saat Menjadi Pengangguran karena Terkena PHK

Posting Komentar

Back To Top