Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

21/11/17

Cara Terbaik Mengatasi Persaingan dan Perseteruan di Tempat Kerja

Persaingan dan Perseteruan di Dunia Kerja Serta Cara Terbaik Menyikapinya_Bukan rahasia lagi bahwa persaingan dan perseteruan di dunia kerja itu ada dan nyata. Banyak faktor pemicu yang menjadi penyebab terjadinya persaingan dan perseteruan antar sesama karyawan dalam perusahaan, antara lain popularitas di mata karyawan dan pengakuan atau penilaian atasan.

Beberapa hari yang lalu, seorang rekan kerja, sebut saja A, menceritakan kekesalannya pada salah seorang karyawan yang juga rekan kerja kami. Ia berkata bahwa karyawan tersebut telah menyepelekan kemampuannya dalam bekerja. Ia juga mengatakan tidak akan lagi mau berkoordinasi dengan karyawan tersebut karena menurutnya percuma dan membuang waktu. 

Keesokan harinya, kedua karyawan yang merupakan rekan kerja saya ini bertemu di kantor dan tak ada tegur sapa. Rupanya perseteruan ini akan berlangsung lama. Rasa tidak senang antar keduanya mungkin akan benar-benar membuat koordinasi dan kerja sama mereka diabaikan dan jalan sendiri-sendiri.

Berdasarkan cerita A, ia mengatakan bahwa sangat mungkin karyawan yang telah menyepelekan kemampuannya dalam bekerja tersebut sebenarnya takut bahwa dirinya akan disaingi. Dan menurut hemat saya, apa yang dikatakan A ada benarnya. A adalah karyawan baru di perusahaan kami namun ia cepat dapat menyesuaikan diri dan dekat dengan atasan atau bos kami. Sementara karyawan yang dikatakan tidak senang kepada A adalah karyawan senior, bahkan lebih senior dari saya dan saya ketahui selalu berusaha dekat dengan bos.
Cara Terbaik Mengatasi Persaingan dan Perseteruan di Tempat Kerja
Jadi, sangat mungkin memang perseteruan diantara keduanya terjadi karena faktor "ingin diakui" oleh atasan mereka. Selain itu popularitas di mata karyawan juga menjadi gengsi untuk dipertahankan. Akibatnya, keduanya akan menyampaikan berbagai "keunggulan diri dan keburukan lawan" kepada karyawan.

Dalam hal ini sikap terbaik adalah untuk tidak terlibat. Jika saya mampu, maka saya akan menengahi perseteruan mereka. Dan saat ini saya belum bisa melakukannya. Sementara waktu saya hanya akan menyampaikan untuk memandang hal positif saja  dan yang lebih penting bagi diri saya sendiri adalah untuk tidak terpancing ikut mengumbar ke-tidak-suka-an saya kepada siapapun di perusahaan ini, dan juga tidak menjadi orang yang malah mengadu domba keduanya untuk  lebih bermusuhan atau berseteru.

Jika pembaca mengalami hal yang sama dengan saya, dan memiliki solusi yang lebih baik, kiranya bisa berbagi dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat. By Akhmad

0 Komentar Cara Terbaik Mengatasi Persaingan dan Perseteruan di Tempat Kerja

Posting Komentar

Back To Top