Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/10/17

Ciri-Ciri Pekerja Profesional di Tempat Kerja

Ciri-Ciri Pekerja Profesional di Tempat Kerja_Kita sangat sering mendengar kata profesional, seperti misalnya pada kata "Petinju Profesional", "Pekerja Profesional", dan lain-lain. Saat ditanya mengenai apa itu profesional, sangat mungkin jawabannya menjadi sangat beragam, sehingga jika kita berusaha mendefinisikan atau mengartikan kata profesional, kita akan mendapatkan jawaban dengan uraian yang panjang lebar, sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mengidentifikasi kata profesional ini dengan mengenali ciri-cirinya. Dalam artikel ini, saya ingin lebih mengkhususkan pada pen-definisi-an kata profesional di tempat kerja dengan mengenali ciri-ciri pekerja profesional di tempat kerja.
Ciri-Ciri Pekerja Profesional di Tempat Kerja

Berikut adalah ciri-ciri pekerja profesional di tempat kerja :

1. Mencintai pekerjaannya
Jika seseorang telah mencintai, maka ia akan menghabiskan banyak waktunya dengan siapa atau apa yang dicintainya. Begitu juga saat seseorang telah mencintai pekerjaannya, ia akan sangat senang bergelut dengan pekerjaannya hingga kadang ia lupa waktu, menaruh perhatian besar terhadap hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya, mempunyai "sense of belonging" atau rasa memiliki yang besar, dan bahkan rela mengorbankan kepentingan-kepentingan pribadinya untuk pekerjaan yang dicintainya.

2. Bertanggungjawab penuh atas hasil kerjanya
Seorang pekerja profesional tidak akan pernah menyalahkan atasan atau pimpinannya, bawahan atau karyawannya, atau siapapun juga atas kegagalan atau kesalahan yang terjadi dalam pekerjaannya. Sebaliknya, saat ia berhasil atau sukses, ia tak pernah membanggakan diri, ia mengakui bahkan bahwa keberhasilan yang diraihnya adalah keberhasilan bersama.

3. Disiplin dalam bekerja
Pekerja profesional sangat menghargai waktu, ia juga memiliki skala prioritas dalam setiap pekerjaannya. Ia terbiasa bekerja dengan cepat dan menularkan kebiasaan nya bekerja cepat nya kepada orang lain dengan atau tanpa ia sadari. Pekerja profesional juga sangat menjaga standar penampilannya, ia juga selalu mengacu pada SOP (Standart operating procedure) saat ia melakukan tugas dan pekerjaannya. Ia adalah sosok yang sangat disiplin dalam bekerja.

4. Ahli di bidang pekerjaannya
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1994), profesional berarti berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya, dengan kata lain ahli di bidang nya. Untuk bisa menjadi seorang ahli, maka ia akan selalu menambah wawasan di bidang pekerjaannya secara terus menerus, giat berlatih, selalu mencoba dan belajar dari pengalaman.

5. Jujur sebagai landasan ucapan dan tindakannya
Seseorang tidak akan bisa disebut profesional saat ia masih "abu-abu". Seorang pekerja profesional sangat menjaga setiap ucapan dan tindakannya. Ia melandaskan semuanya pada prinsip kejujuran. Ia sangat sadar bahwa sekali saja ia berbuat curang atau tidak jujur, maka hal itu akan menjadi hal buruk yang akan selalu dikenang orang. Pekerja profesional sangat menjaga reputasinya.

6. Sadar bahwa ia dibayar sesuai dengan apa yang ia berikan
Seorang pekerja profesional sangat menyadari bahwa apa yang ia hasilkan dari pekerjaannya menentukan seberapa pantas ia dibayar atau digaji. Ia akan merasa malu jika jumlah gaji yang ia terima dari perusahaan tempatnya bekerja jauh lebih besar dari sumbangsih yang ia berikan kepada perusahaan. Karena hal inilah, terkadang pekerja profesional tidak membutuhkan pengawasan sama sekali. Diawasi atau tidak, ia akan tetap bekerja dengan sebaik-baiknya, karena ia sadar bahwa ia dibayar sesuai dengan apa yang ia berikan.

7. Memiliki rencana kerja
Tidak memiliki rencana adalah sama dengan merencanakan gagal. Untuk itulah setiap pekerja profesional merupakan orang-orang yang selalu memiliki rencana kerja. Baginya, kerja bukan hanya masuk pagi dan pulang sore atau masuk sore dan pulang malam. Kerja adalah serangkaian tugas maha mulia yang harus dilakukan dengan baik sehingga membutuhkan perencanaan yang baik. Dengan rencana yang baik, maka ia akan bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga hasil pekerjaannya menjadi baik. Pekerja profesional selalu membawa agenda kerja yang berisi segala hal mengenai pekerjaannya, termasuk rencana kerja nya yang terukur dan matang.

Dengan mengamati beberapa ciri di atas, kita dapat mengenali sikap hidup seseorang yang bisa mencerminkan bahwa ia merupakan seorang pekerja profesional.

Demikian artikel ciri-ciri pekerja profesional di tempat kerja. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Ciri-Ciri Pekerja Profesional di Tempat Kerja

Posting Komentar

Back To Top