Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

21/10/17

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Sampai Menjadi Orang Kaya dan Sukses

Blog Sumber Uang- Sahabat Pembaca, para pengakses internet banyak yang mencari informasi tentang bagaimana menghasilkan uang ratusan juta dari blog dengan berbagai variasi pencarian tips memperoleh uang dari blog, sebagai berikut:
  • cara mendapatkan uang dengan membuat blog
  • cara mendapatkan uang dari membuat blog
  • cara membuat blog yang menghasilkan uang untuk pemula
  • cara buat blog menghasilkan uang
  • blog menghasilkan uang
  • bagaimana menghasilkan uang dari blog
  • cara mendapatkan uang dari blog
  • cara menghasilkan uang dari blog
  • cara menghasilkan uang lewat blog
  • cara membuat blog menghasilkan uang
  • cara blog menghasilkan uang
  • cara agar blog menghasilkan uang
  • cara mendapatkan uang di blog
  • cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang
  • cara menghasilkan uang dengan blog
  • cara mendapatkan uang melalui blog
  • cara membuat blog yang menghasilkan uang
  • cara mendapatkan uang dengan blog
  • bagaimana cara mendapatkan uang dari blog
  • cara membuat blog agar menghasilkan uang
Apapun kalimat pencarian yang membuat Anda sampai ke blog bisnise.com ini, sebelum membaca lebih jauh tentang tips mencari uang dengan blog, sebaiknya mari kita menilik dulu tentang berbagai alat/perangkat yang digunakan untuk suksesnya mendapatkan uang lewat blog, yakni tentang definisi blog, dan blogger blogspot, serta sosial media/sosmed.

Silakan baca dulu:
  • Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Artikel terkait: Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah untuk Pemula
  • Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. Istilah Blogger juga telah digunakan sebagai sebutan bagi Admin Blog
  • Blogspot adalah situs blog pertama. Blogspot ditemukan oleh Evan Williams sebelum kemudian dijual kepada Google pada tahun 2005. Selain menciptakan Blogger/Blogspot, Evan Williams juga sebagi penemu Twitter
  • Media sosial/social media/sosmed adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial contoh: facebook,twitter, dll ), wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"
 Jenis-Jenis Blog
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye). 
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu, misalnya blog tutorial ngeblog, blog bisnis, dan lain-lain
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
Cara Mendapatkan Uang dari Blog Sampai Menjadi Orang Kaya dan Sukses

Setelah Anda membaca tentang berbagai definisi dari beberapa hal yang terkait blog tersebut di atas, silakan lanjutkan menyimak " Tanya Jawab tentang Blog Penghasil Uang" di bawah ini :

1. Apakah Blog Bisa Menghasilkan Uang?
Sahabat Pembaca, dulu waktu awal ada blog, para Blogger mayoritas melakukan aktivitas ngeblog hanya untuk berbagi pengalaman atau informasi. Jadi blog teman-teman Blogger dulu tidak ada tampilan iklannya.

Sebagian dari mereka memasang tombol donasi dengan harapan ada pengunjung blognya yang secara ikhlas ikut membiayai operasional blog. Namun sekarang para Blogger kebanyakan sudah mandiri mendanai biaya operasional blognya. Hal ini dikarenakan para Blogger sudah bisa menghasilkan uang dengan cara bekerja sama di bidang periklanan suatu produk atau jasa.

Sedikit ulasan saya di atas tentunya bisa memberi sedikit gambaran bahwa ternyata blog bisa sebagai sarana untuk mendapatkan uang. Di mana sejak adanya blog, banyak orang yang merasa penasaran tentang kebenaran  blog dapat menghasilkan uang, termasuk saya sendiri juga dulu selalu bertanya dalam hati mengenai hal tersebut.

Nah bagaimana dengan Anda, apakah penasaran juga?. Semoga Anda sudah tidak penasaran lagi, karena mungkin Anda adalah salah satu Blogger yang sudah sukses dalam menghasilkan uang dari blog, karena bagi para Blogger tentunya sudah tidak asing lagi jika blog memang benar-benar bisa mendatangkan uang.

Ya memang benar bahwa pada umumnya orang belum percaya akan sesuatu ketika belum pernah mencoba atau mengalaminya sendiri. Jika Anda sudah punya blog tetapi belum bisa sebagai alat pencetak uang, maka untuk mengobati rasa penasaran silakan dicoba. Setelah dicoba dan berhasil, mudah-mudahan bisa sebagai lahan peghasilan Anda.

Apakah blog gratisan bisa menghasilkan uang?, insya Allah bisa, karena di sini bukan tentang masalah blog yang digunakan gratisan atau berbayar.

Blog dengan hosting dan TLD sekalipun jika kualitas artikel kurang OK ya sulit menghasilkan uang. Sedangkan walaupun pakai blog gratisan, asalkan kualitas artikel OK, maka lebih berpeluang sukses dalam mendapatkan uang banyak. Tapi ngeblog untuk uang ini bukan termasuk kategori cara cepat mendapatkan uang banyak, karena semua usaha butuh proses dan perjuangan. 

2. Di mana Pemilik Blog Mencari Uang  ?
Para pemilik blog yang disebut dengan Admin Blog atau sebutan Blogger melakukan kegiatan mencari uang dengan dan di blog itu sendiri, yakni lewat internet. Jadi Blogger tidak perlu repot-repot menjalin kerja sama denga suatu bisnis periklanan dengan kegiatan berkunjung lewat darat, ya cukup menjalin kerja sama via internet.

Jika blog yang berkualitas, malah sering terjadi para calon pengiklan yang lebih dulu menghubungi admin blognya.
Cara Mendapatkan Uang dengan Blog

3. Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dengan Blog ?
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang Blogger untuk dapat menghasilkan uang dari blog, yang antara lain sebagai berikut :


3.a. Membuat blog sebagai toko online Pembuatan blog toko online dapat dilakukan oleh Blogger jika memang ingin memanfaatkan blognya sebagai sarana menjual suatu produk atau jasa. Toko online sangat efektif untuk meningkatkan penghasilan, karena para calon konsumen/pelanggan dapat dengan mudah menemukan apa yang diiklankan melalui toko online. Namun memang pembuatan toko online perlu keahlian khusus agar toko onlinenya tersebut ramai pengunjung dan pembeli.

Pembuatan toko online tidak harus dibuat sendiri, sekarang banyak penyedia jasa pembuatan webiste/blog toko online. Silakan coba cari saja di google dengan kata kunci " jasa pembuatan website toko online", wah banyak banget tuh.

3.b. Menyediakan ruang iklan di blog
Blogger bisa menyediakan ruang iklan di blognya, baik ruang iklan di header, sidebar, footer, sekitar postingan, dan lain sebagainya. Blogger juga dapat menawarkan jasa review suatu produk atau jasa.

Dengan ruang iklan yang disediakan maka jika ada suatu perusahaan atau lainnya tertarik dan memasang iklan di blog para Blogger, ini merupakan kesempatan yang baik untuk menghasilkan uang lewat blog.

3.c. Menjadi jasa pembuatan blog
Para Blogger yang sudah ahli membuat website/blog, mereka banyak yang menjadi jasa pembuatan blog, jualan template blog, dan lain sebagainya.


3.d. Menjadi penjual artikel blog Belakangan ini banyak Blogger yang sukses menghasilkan uang lewat Blog, sampai-sampai untuk menulis artikel saja sudah tidak dilakukannya sendiri. Mereka mampu membeli artikel dengan jmlah yang banyak. Nah jika Anda seorang yang bisa menciptakan banyak artikel setiap hari, Anda bisa menawarkan artikel Anda kepada mereka. Contoh website yang menawarkan jasa penulisan artikel yaitu artikeltermurah.com/, jualbeliartikel.com, dan lain-lain. Sedangkan jika Anda jago membuat artikel, Anda bisa menjualnya di iwriter.com, www.jualartikel.com, dan lain-lain.

3.e. Mengikuti program affiliasi
Afiliasi merupakan salah satu cara mengembangkan bisnis dengan cara memanfaatkan sosialisasi yang secara terarah dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi dan kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Contoh mudahnya : Si A memiliki barang dagangan berupa pakaian, Anda menawarkan pakaian tersebut kepada si C, jika si C membeli pakain tersebut, maka Anda diberi hasil/keuntungan pembelian pakain tersebut dari si A.

Banyak layanan yang mengadakan program afiliasi, antara lain:
  • Program bisnis afiliasi Niaga Hoster
  • Lazada Affiliate Program
Selengkapnya cek Kumpulan Bisnis Afiliasi

3.f. Mengikuti program PPC
Bayar per klik (bahasa Inggris:Pay per click) adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya.

Daftar PPC Luar Negeri, antara lain :
Daftar PPC Indonesia, antara lain :
Di antara semua program-program PPC, Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata untuk menghasilkan dollar dengan memasang iklan di situs web atau blog. Bayaran dari Adsense adalah dollar, namun setelah ditransfer ke rekening Anda sudah otomatis berubah menjadi rupiah ( disesuaikan dengan mata uang negaranya para publisher masing-masing )

Adsense juga merupakan PPC bergengsi, namun memang seorang Blogger harus benar-benar mempersiapkan blognya sebaik mungkin agar dalam pendaftrannya dapat segera diterima.

Sebenarnya semua PPC ada kelebihannya masing-masing, jadi Anda bisa memilih mana yang paling cocok dengan blog Anda dan mana yang kiranya paling pas di hati Anda. Yang jelas mana juga yang paling menghasilkan uang.

4. Siapa yang Membayar Pemilik Website atau Blog ?
He he, tentang siapa yang membayar Admin blog yang sudah mendaftarkan diri pada program affiliasi, PPC, dan program periklanan lainnya, tentunya yang membayar ya mitra bsnis Anda tersebut. Berapa bayaran yang didapat oleh Admin Blog/Publisher ?, bayarannya sesuai dengan rejeki Anda. he he. Banyak loh yang sudah bisa mendapatkan uang lewat blog dengan bayaran jutaan rupiah setiap bulan, bahkan ada juga yang sampai puluhan dan ratusan juta per bulan. Namun ya jelas perlu perjuangan yang panjang dan bekerja keras.

5. Kapan Pemilik Website/Blog ( Admin Blog ) Dibayar ?
Nah ini tergantung mitra bisnisnya, namun pada umumnya bayaran diterima oleh para Blogger setiap sebulan sekali. Masalah tanggalnya tentunya juga berbeda-beda antara periklanan yang satu dengan yang lainnya. Ada yang membayar setiap tanggal 1, 10, 15, dan sebagainya. Kalau Adsense membayar publishernya setiap tanggal 21 dalam tiap bulannya, jika si publisher sudah mencapai batasan minimal payout Adsense yakni $100

6. Mengapa Blog Bisa Menghasilkan Uang ?
Blog menghasilkan uang? ya karena ada yang mau membayar, he he. Saya yakin Anda sudah paham dengan 5 ulasan di atas, jadi sudah tidak perlu saya ulang.

Sahabat Pembaca, bagi Anda yang sebelumnya penasaran tentang Blog Pencetak Uang Dollar maupun Rupiah, semoga setelah membaca 6 tanya jawab di artikel ini, rasa penasaran Anda sudah terbayar lunas. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bagi Anda yang ingin mendapatkan uang lewat Blog adalah dalam memilih atau menentukan apakah blog gado-gado ( blog berisi artikel campuran ), apakah blog niche ( blog yang membahas hanya 1 topik ), nah ini terserah Anda, karena Anda lah yang lebih tahu kemahiran Anda di bidang niche yang mana.

Jika Anda ingin tahu blog niche apa yang mudah mendatangkan pengunjung, di bawah ini adalah beberapa contoh niche yang banyak dicari oleh pengguna internet :
  • blog tentang berita terbaru
  • blog tutorial 
  • blog tentang ilmu dan teknologi
  • blog download gratis
  • blog bisnisdan lowongan kerja
Namun jika Anda membuat blog dengan topik yang terkenal, maka tantangannya adalahpersaingan yang sangat ketat, di mana banyak sekali Blogger yang membuat blog dengan niche populer. walaupun demikian, Anda tidak perlu takut bayangan, karena saya yakin Anda mampu.

Sahabat Pembaca, untuk membuat blog apa yang cocok dengan Anda, silakan pertimbangkan tentang 4 hal sebagai berikut :
  • pastikan Anda menulis artikel  sesuai dengan rasa senang hati
  • pastikan Anda menguasai tentang apa yang ditulis, dalam artian ilmu Anda mendalam tentang hal yang ditulis tersebut
  • pastikan bahwa tulisan Anda banyak yang membutuhkan
  • jika Anda tidak punya waktu banyak untuk aktivitas ngeblog, sebaiknya jangan membuat artikel yang bisa kadaluarsa ( contoh artikel yang dapat kadaluarsa : tentang lowongan kerja)
Nah setelah blog Anda sudah banyak pengunjungnya dan artikelnya sudah cukup banyak ( relatif ), Anda bisa mulai  memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang. Adapun jika Anda sudah berhasil menggunakan blog untuk bisnis, seyogyanya Anda tetap :
  • memiliki keteguhan hati/niat bahwa tujuan ngeblog adalah berbagi atau memberikan manfaat bagi orang lain/pengunjung. Mengapa demikian?, karena jika seorang Blogger kok pikirannya selalu ngeblog untuk uang, maka yang sering terjadi dalam membuat artikel kurang maksimal. Jadi misalnya blog Anda sudah digunakan untuk memasang iklan/bisnis, maka tujuan mendapatkan uang letakkan di tujuan yang kedua setelah tujuan utama.
  • mencari ilmu yang terkait kegiatan ngeblog, misalnya memperdalam ilmu seo, ilmu blog, dan ilmu yang berhubungan dengan jenis niche blog Anda
  • berdo'a. Jelas penting banget nih, karena manusia harus selalu berusaha dan berdo'a. Keduanya merupakan kekuatan yang tidak bisa dipisahkan, karena usaha tanpa do'a sama dengan sombong kepada sang Pencipta, sedangkan do'a tanpa usaha seringnya kurang bermakna. he he, bayangkan saja, jika ada orang setiap hari hanya berdo'a tanpa bekerja, apakah mungkin ada hujan uang lokal?he he.
  • sabar. Jika blog Anda belum maksimal dalam menghasilkan uang, jangan lah menyerah. Terus lah memperbaiki tampilan blog, kualitas artikel, dan hal baik lainnya.
Demikian sekilas tentang Cara Mendapatkan Uang dari Blog. Semoga bermanfaat

0 Komentar Cara Mendapatkan Uang dari Blog Sampai Menjadi Orang Kaya dan Sukses

Posting Komentar

Back To Top