Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/10/17

Cara Meminta Demosi Secara Baik-Baik

Cara Meminta Demosi Secara Baik-Baik_Dalam pekerjaan, kadang ada dari kita yang mengalami hambatan yang sangat sulit dipecahkan atau hilangnya passion pada suatu jabatan tertentu yang menyebabkan kita berpikir untuk meminta demosi atau mundur dari jabatan kita. Ada juga yang meminta demosi karena adanya kendala internal dari diri karyawan sendiri dengan pertimbangan untuk kebaikan tim dan lain sebagainya. Lalu bagaimana caranya meminta demosi secara baik-baik?. Dalam artikel ini saya akan mencoba menulis tentang cara meminta demosi secara baik-baik. Selamat membaca.

Permintaan demosi atau penurunan jabatan bisa dilakukan oleh karyawan dengan mengajukannya baik secara tertulis maupun secara lisan kepada HRD :

1. Secara tertulis
Cara Meminta Demosi Secara Baik-Baik

Buatlah surat pengajuan demosi anda dengan menyebutkan alasan yang logis. Sampaikan dengan bahasa yang sopan. Setelah itu, anda bisa menyerahkannya kepada HRD. Hal ini bisa dilakukan jika anda merasa kurang nyaman untuk membicarakannya langsung dengan HRD.

Adapun contoh surat pengajuan demosi nya sebagai berikut :

Jakarta, 20 Oktober 2017

Kepada Yth :
Bpk..............
HRD Restoran Pelangi 9
di-
Tempat.

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :..............
Jabatan :..................

Mengajukan permohonan demosi dari jabatan saya yang sekarang sebagai............... untuk bisa kembali ke jabatan saya yang dulu sebagai..................

Permohonan demosi ini saya lakukan karena..................... (alasan anda mengajukan demosi)

Demikian surat permohonan demosi ini saya sampaikan untuk dapat dipertimbangkan. Besar harapan saya Bpk............. dapat mengabulkan permohonan demosi saya dan menempatkan saya pada posisi saya yang sebelumnya.

Demikian surat permohonan demosi ini saya sampaikan atas keinginan saya sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapapun. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Saya yang bersangkutan


..............................
(Nama Anda)

2. Secara lisan
Datang dan ketuklah pintu kantor HRD dan mintalah waktu untuk berbicara. Sampaikan niat anda untuk meminta demosi secara baik-baik. Sampaikan juga alasan logis yang menyakinkan atas permohonan demosi anda. Sampaikan secara terbuka apa dampak positif nya untuk anda dan perusahaan jika anda tetap berada pada jabatan atau posisi yang sekarang.

Setelah anda mengajukan permintaan demosi baik melalui surat atau bertemu langsung dengan HRD, maka anda harus siap dengan keputusan apa yang akan diberikan HRD kepada anda. Namun jikapun permintaan demosi anda tidak dikabulkan, setidaknya anda sudah mencoba bukan?. Siapa tahu memang posisi atau jabatan itulah yang paling tepat untuk anda menurut Tuhan. Karena segala sesuatunya hanya terjadi dengan izin dari Tuhan.

Demikian artikel cara meminta demosi secara baik-baik. Semoga bermanfaat.
By Dias

0 Komentar Cara Meminta Demosi Secara Baik-Baik

Posting Komentar

Back To Top