Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

10/07/17

Cara Gampang Meningkatkan Semangat Kerja

Cara Agar Tetap Semangat Bekerja_Bagi seorang karyawan, pastinya Anda sering merasa jenuh dan bosan ketika sedang bekerja di kantor bukan? Kejenuhan yang muncul ini biasanya sering  membuat semangat kerja seseorang menurun dan alhasil tidak memberikan kontribusi penuh selama bekerja. Yang dipikirkan hanyalah bermalas-malasan dan keinginan untuk cepat pulang. Mengenai masalah ini, sebenarnya ada banyak alasan yang melatarbelakangi, bisa karena ada suatu hal yang kurang disenangi seperti pekerjaan yang monoton atau mungkin juga karena ada masalah dengan rekan kerja serta kondisi pekerjaan yang kurang nyaman. Atau mungkin juga masalah lainnya.. Nah, berbicara tentang lemahnya semangat kerja, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar untuk tetap menjaganya. Cara-cara tersebut seperti di bawah ini.
Cara Mudah Meningkatkan Semangat Kerja
Cara Mudah Meningkatkan Semangat Kerja

1. Yakinlah Bahwa Pekerjaan Anda Sebagai Sebuah Ibadah
Satu hal penting yang perlu Anda lakukan agar tidak mudah jenuh dan dapat menikmati pekerjaan adalah dengan meyakini pekerjaan itu sebagai ibadah. Sebab  dengan demikian, Anda bisa lebih ikhlas saat menjalaninya. Di samping itu, dengan menganggap pekerjaan sebagai ibadah bisa membuat Anda selalu giat dan tekun meyelesaikan semua pekerjaan.

2. Berbincang dengan Rekan Kerja 
Ketika sedang bekerja dan tiba-tiba Anda dilAnda kejenuhan, tak ada salahnya untuk sekali-kali mengajak rekan kerja berbincang-bincang sejenak menyegarkan otak. Selain bisa membuat pikiran lebih fresh memulai percakapan sederhana dengan rekan kerja juga bisa membuat hubungan antar teman sejawat semakin erat di lingkungan kerja.

Anda juga bisa menjadikan cara ini sebagai rutinitas sewaktu jam istirahat. Namun Anda juga harus ingat batasan waktu ngobrolnya. Usahakan jika sudah jam kerja jangan terlalu banyak memperbincangkan hal-hal yang sekiranya tidak terlalu penting.

3. Siapkan cemilan
Jika saat ini Anda sedang menjalankan program diet ketat untuk menurunkan berat badan, maka Anda bisa memilih jenis snack atau cemilan yang menyehatkan namun tetap enak. Dengan begitu, ketika rasa jenuh dan bosan mulai hinggap, Anda akan merasa terhibur dan bersemangat untuk kembali menyelesaikan kerjaan. Nikmati cemilan saat jam istirahat.

4. Bekerja dengan rekan yang disuka 
Biasanya jika Anda adalah pegawai baru, Anda tidak bisa seenaknya begitu saja memilih meja kerja yang diinginkan. Karena itu usahakan untuk memanfaatkan penuh ruang tersebut dengan mencari rekan kerja yang Anda rasa cocok untuk berkerja dengannya. Jika begini, dijamin rasa bosan dan jenuh bisa dihindari dan Anda pun dapat kembali semangat bekerja.

5. Ingat Kembali Apa Tujuan Anda Bekerja.
Jika rasa jenuh dan bosan sedang melAnda, sebaiknya Anda mengingat kembali apa tujuan awal Anda bekerja. Usahakan untuk sesekali merenungkan bagaimana jika Anda tidak bekerja, siapa yang akan menafkahi anak dan istri di rumah.

Coba bayangkan juga bagaimana nasib banyak orang di luar sana yang masih belum mendapatkan pekerjaan. Dengan terus berpatok pada setiap tujuan yang sudah di rencanakan maka semangat kerja pun akan lebih baik.

6. Mencoba Hal Baru di Luar Pekerjaan
Ini adalah satu point penting yang bisa menghibur Anda dari kejenuhan dalam bekerja. Jika punya waktu lebih, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan bagian ini. Bisa saja dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di internet seperti bisnis online, bermain twitter dan facebook, menulis di blog personal atau hal-hal lain yang sekiranya bisa menghibur Anda.

Demikian tentang cara meningkatkan semangat kerja. Jika tertarik, Anda bisa mencoba salah satunya. Dengan menerapkan tips-tips di atas, harapannya Anda tidak akan merasakan lesu, letih, malas dan jenuh lagi sewaktu bekerja. Keep spirit and enjoy.
Back To Top