Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

08/07/17

Cara Menjadi Atasan/Bos/Manajer yang Baik, Berwibawa, dan Disukai Bawahan

Cara Menjadi Atasan/Pemimpin yang Baik, Berwibawa dan Disukai Anak Buah_Bila disuruh memilih, rasanya hampir semua orang pasti ingin menjadi pemimpin ya.. Secara, menjadi pemimpin artinya tidak akan ada yang berani mengatur apa yang hendak dilakukan. Namun apakah semudah itu menjadi pemimpin?. Tentu saja tidak, seorang pemimpin sebenarnya mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar. Bukan hanya bertanggungjawab pada pekerjaan tapi juga bertanggungjawab pada bawahannya. Dan pastinya, bawahan itu menyukai pemimpin yang baik dan bijaksana. Bawahan juga biasanya akan bersikap segan terhadap pemimpin yang berwibawa.
Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menjadi atasan yang baik dan berwibawa sehingga disukai oleh bawahan seperti itu? Nah, berikut jawabannya.
Cara Menjadi Atasan/Bos yang Baik, Berwibawa, dan Disukai Bawahan
Tips Menjadi Atasan/Bos/Juragan/Pimpinan yang Baik, Berwibawa, dan Disukai Anak Buah

1. Berinteraksi Secara Aktif dengan Bawahan
Atasan yang baik bukan berarti atasan yang disiplin, datang tepat waktu dan selalu menepati deadline yang sudah ditentukan sendiri sehingga cenderung berdiam diri di ruangannya saja. Kedisiplinan itu perlu, tetapi itu bukan satu-satunya sikap yang dibutuhkan untuk menjadi atasan yang baik.

Atasan yang baik adalah atasan yang bisa membuat nyaman bawahannya dengan cara berinteraksi secara aktif dengan mereka. Coba saja Anda gunakan waktu luang Anda, saat istirahat misalnya untuk ngobrol dengan bawahan Anda, apapun itu posisinya. Bicarakan hal-hal yang sifatnya ringan dengan mereka, entah itu masih berkaitan dengan pekerjaan atau tidak, yang pasti buatlah obrolan itu menjadi menyenangkan untuk mereka.

2. Bimbing Langsung Bawahan yang Membutuhkan
Meskipun bawahan Anda sudah kompeten di bidangnya, bukan berarti bawahan tersebut tidak akan mengalami kendala saat melaksanakan tanggung jawabnya. Nah, biasanya jika bawahan mengalami kendala teknis seperti ini, mereka akan meminta pendapat pada atasan bukan?

Jika ini terjadi pada Anda, sebenarnya ini adalah kesempatan yang sangat bagus bagi Anda untuk menciptakan image baik pada bawahan Anda. Berikan bimbingan pada bawahan Anda yang mengalami kendala tersebut, sehingga pekerjaan dia bisa selesai sesuai dengan yang diharapkan dan tepat sesuai dengan deadline.

Dan kalaupun nanti masih ada kekeliruan, jangan langsung menyalahkan bawahan, sebaliknya tetap berikan pengarahan dan tunjukkan dimana letak kesalahannya, bahkan jika mungkin berikan contoh mengenai tindakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk menyelesaikan kesalahan tersebut.

3. Bersikap Terbuka terhadap Masukan dari Bawahan
Atasan yang baik tidak akan menolak masukan dari bawahan begitu saja, justru sebaliknya, atasan yang baik bersikap terbuka terhadap masukan yang diberikan oleh bawahan.

Atasan yang baik juga tidak akan menganggap bawahan yang memberi masukan secara aktif adalah ancaman atas posisinya, tetapi malah akan menjadikan masukan tersebut sebagai hal yang patut untuk direnungkan dalam rangka melakukan perbaikan.

4. Berikan Penghargaan dan Hukuman secara Objektif
Atasan yang baik juga akan berlaku adil secara objektif pada bawahannya, artinya atasan tersebut memang benar-benar memberikan penghargaan terhadap bawahan yang rajin dan berprestasi, sehingga mereka akan merasa dihargai dan lebih termotivasi.

Pemberian hukuman juga seharusnya demikian, seorang atasan yang baik menjatuhkan hukuman pada bawahan jika memang bawahan tersebut tidak bekerja sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan, sehingga bawahan yang nakal ini bisa merubah perilakunya, dan bukan tidak mungkin sikap objektif Anda ini akan membuat semua bawahan Anda bersikap respect pada Anda.

5. Tidak Membawa Masalah SARA
Biasanya SARA ini memang rentan membuat seseorang untuk pilih-pilih. Namun, untuk menjadi atasan yang baik, Anda harus menjauhi sikap ini. Jangan pernah menyinggung soal SARA entah itu di tempat kerja, saat jam kerja ataupun di luar keduanya.

Nah, itulah cara untuk menjadi atasan yang baik, berwibawa serta bisa disukai oleh bawahan. Harapan kami, kelima cara di atas jangan hanya diperhatikan saja ya, tetapi juga diterapkan. Selamat membuktikan.

0 Komentar Cara Menjadi Atasan/Bos/Manajer yang Baik, Berwibawa, dan Disukai Bawahan

Posting Komentar

Back To Top