Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

10/06/17

Tips Keselamatan Kerja di Pabrik

Tips Keselamatan Kerja di Pabrik_Ketika Anda mulai bekerja, tentunya Anda perlu menaati setiap peraturan yang telah ditentukan di dalam perusahaan, termasuk bagi Anda yang bekerja di pabrik. Karena banyaknya kegiatan operasional, berbagai macam mesin produksi, dan lainnya di dalam pabrik tentunya banyak sekali resiko yang bisa saja terjadi pada Anda. Untuk itu keselamatan dan kesehatan kerja menjadi faktor penting yang harus diprioritaskan ketika Anda bekerja di pabrik. Nah berikut ini ada beberapa tips keselamatan kerja yang sangat disarankan untuk Anda lakukan saat bekerja di pabrik
Tips Keselamatan Kerja di Pabrik
Tips Keselamatan Kerja di Pabrik:
1. Pahami kebijakan dan peraturan perusahaan
Hal pertama yang harus Anda pahami ketika bekerja di sebuah pabrik, baik dalam bidang apapun adalah mengenai kebijakan serta aturan yang sudah berlaku dan ditetapkan termasuk dalam hal kesehatan dan keselamatan kerja. Pahami dengan benar dan pastikan bila Anda mendapatkan penjelasan secara detail mengenai kebijakan dan peraturan perusahaan tersebut.

2. Kenali tempat kerja Anda
Cobalah untuk mengetahui tempat kerja Anda, termasuk proses produksi serta bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan alat-alat di dalam pabrik.

3. Jangan mengabaikan bahaya
Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keselamatan Anda selama bekerja di pabrik adalah menyadari jika tentunya akan banyak sekali resiko yang bisa terjadi selama Anda bekerja. Untuk itu sangat diharapkan bagi Anda untuk memiliki kewaspadaan yang tinggi. Kecelakaan dalam bekerja terkadang bisa saja disebabkan karena kecerobohan dari para pekerja.

4. Ikuti Pelatihan Profesional
Hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehetan dan keselamatan kerja di pabrik adalah dengan mengikuti pelatihan secara rutin. Pelatihan-pelatihan seperti ini sebenarnya tak hanya ditujukan untuk karyawan baru saja, namun juga bisa diikuti oleh karyawan-karyawan yang sudah lama bekerja. Biasanya di dalam pelatihan tersebut akan dijelaskan dengan rinci teori serta komponen praktis yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan di dalam pabrik. Pelatihan ini juga sangat menguntungkan bagi pekerja yang memiliki resiko cukup tinggi.

5. Tugas-tugas berisiko membutuhkan perencanaan dan komunikasi
Ketika Anda sedang merencanakan sebuah tugas, maka Anda tak hanya memikirkan mengenai penyelesaian pekerjaan tersebut secara efisien, namun juga perlu Anda pikirkan tentang resource lainnya, misalnya seperti penambahan uang dan waktu yang dapat berkaitan dengan keselamatan kerja.

Dalam memenuhi target waktu dan kualitas pekerjaan, tentunya Anda tak boleh mengabaikan keselamatan kerja Anda. Semua resiko pekerjaan yang ada harus Anda perhitungkan dengan matang. Bagi Anda yang berperan sebagai pemimpin, sudah menjadi tugas Anda untuk memberikan intruksi yang jelas untuk setiap bawahan Anda.

6. Selalu gunakan perlengkapan safety
Untuk menjamin keselamatan kerja selama di dalam pabrik, gunakan seluruh perlengkapan safety yang disediakan oleh perusahaan Anda. Mulai dari sarung tangan, kacamata, dan helm. Seluruh perlengkapan safety ini merupakan stAndar yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan.

7. Dokumen prosuder keselamatan
Ketika terjadi kecelakaan di dalam pabrik, maka semua anggota tim harus mengetahui apa yang harus dilakukan. Sehingga Anda perlu mengetahui dengan jelas prosedur keselamatan yang ada. Setiap perusahaan atau pabrik tentunya harus menampilkan dengan jelas lokasi yang dapat mudah di akses semua keryawan ketika terjadi kecelakaan kerja.

Demikian tips mengenai keselamatan kerja di pabrik. Tentunya setiap karyawan di dalamnya harus menataati setiap prosedur yang sudah ditentukan guna meminimalisir/mengurangi resiko kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi.

 
Back To Top