Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

29/06/17

Cara Mengirim dan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar Beserta Lampirannya

Cara Kirim dan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar Beserta Lampirannya_Untuk bisa masuk ke dalam suatu perusahaan, Anda pastinya harus melamar kerja lebih dulu. Saat kita melamar kerja, ada berbagai dokumen yang harus disiapkan. Salah satunya adalah surat lamaran kerja. Dulu, surat lamaran kerja berserta berbagai lampirannya harus dimasukkan dalam satu map dan dikirim. Sedangkan sekarang di era yang serba digital ini, Anda dapat mengirimkan berkas itu via email.
Cara Mengirim dan Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email yang Baik dan Benar Beserta Lampirannya
Tata Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email
Sebenarnya, cara mengirim lamaran kerja lewat email hampir mirip dengan cara manual. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengirim email tersebut. Di bawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda sertakan saat mengirim lamaran kerja via email :

1. Subjek/Judul pada Email Tidak Boleh Kosong
Biasanya perusahaan akan memberitahukan apa subyek yang harus ditulis oleh pelamar kerja saat mengirimkan lamarannya dengan kode posisi yang diincar oleh pelamar. Jika perusahaan tidak memberikan formatnya, maka Anda bisa menulis subyek email dengan kalimat “lamaran kerja_nama Anda_posisi yang diinginkan”.

Pastikan untuk selalu mencantumkan subyek email saat mengirim surat lamaran kerja. Karena perusahaan pastinya memiliki banyak sekali email masuk, dan tidak semuanya akan dibaca. Anda pun akan terlihat lebih profesional dan dihargai dengan mencantumkan subyek email.

2. Penataan Surat Lamaran Kerja, CV, Serta Lampiran dalam Satu File Khusus
Anda tidak boleh menulis surat lamaran kerja dan CV (riwayat hidup) di badan email. Anda harus menulisnya pada sebuah file (Ms. Word atau Pdf) yang kemudian disatukan dalam sebuah folder zip/rar.

Pastikan Anda memberi nama file dengan jelas agar pihak perusahaan tidak bingung. Hindari menamai file dengan format yang berlebihan.

3. Ukuran File Tidak Boleh Terlalu Besar
Usahakan untuk tidak mengirimkan file dalam ukuran yang sangat besar. Biasanya perusahaan akan memberikan ukuran maksimal lampiran yang harus dikirimkan oleh pelamar. Jangan menyalahi aturan tersebut agar Anda dipertimbangkan.

4. Kirimkan Lampiran File yang Sesuai dengan Persyaratan dari Perusahaan
Usahakan untuk mengirimkan semua persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan. Untuk dokumen-dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat, dan sebagainya Anda harus men-scannya lebih dahulu dengan kualitas yang bagus. Setelah itu, Anda dapat memasukkannya dalam satu folder zip/rar dengan surat lamaran dan CV.


Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email
Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang dikirimkan melalui email. Anda dapat menggunakannya sebagai panduan saat melamar kerja ke perusahaan.

Kepada : PT. Jaya Tunggal Tbk.
CC        : -
Subjek  : Operator Komputer

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan kerja oleh PT. Jaya Tunggal Tbk. yang diinformasikan pada situs jobside.com. Saya yang bertAnda tangan di bawah ini :

Nama: Agus Suherman Julianto, S. T.
Alamat: Jl. Arjuna No. 277A, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Provinsi D.I. Yogyakarta
Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 25 Juli 1991
Pendidikan: S1 Teknik Komputer Jaringan Universitas Gadjah Mada

Bermaksud mengajukan diri untuk mengisi lowongan operator komputer yang diumumkan oleh perusahaan. Bersama dengan surat lamaran kerja ini, saya lampirkan :

1. Daftar riwayat hidup
2. Pasfoto berwarna terbaru
3. Ijazah terakhir
4. Transkrip nilai
5. Sertiffikat keahlian dan data pendukung lainnya.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan wawancara dari Bapak/Ibu untuk menjelaskan detail keahlian yang saya miliki. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Sleman, 09 April 2017
Hormat  Saya,

(ttd)

Agus Suherman Julianto, S. T.

Itulah salah satu contoh surat lamaran kerja via email yang dapat kami berikan. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Back To Top