Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

21/06/17

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar_Dikarenakan surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu dokumen yang penting dan harus ada saat Anda berkeinginan untuk melamar pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui tentang bagaimana surat lamaran kerja yang baik dan benar. Nah, sebagai referensi berikut adalah informasi mengenai contoh cara membuat referensi kerja yang benar. Silahkan disimak.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja 

A. Perusahaan Tujuan
Penting untuk Anda mencantumkan secara detil nama kantor atau perusahaan yang Anda tuju. Carilah informasi secara terperinci tentang nama perusahaan atau kantor, nama pimpinan, alamat lengkap dan beberapa informasi lainnya yang sekiranya diperlukan.

Dengan mencantumkan data data terperinci di atas, diharapkan nantinya pimpinan perusahaan dapat menilai kesungguhan Anda dalam mencari informasi atau profil perusahaan tersebut. Selain itu hal ini juga mencerminkan bahwa Anda bukanlah orang yang asal-asalan.

B. Perkenalkan Diri
Poin berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja adalah perkenalan data diri singkat Anda. Hal ini wajib untuk Anda cantumkan, meskipun singkat, tetapi data yang Anda haruslah sesuai dan jelas.

Cukup tuliskan profill diri Anda secara singkat, padat dan jelas. Tidak perlu mencantumkan pengalaman kerja Anda karena untuk pengalaman kerja akan terlampir pada Curriculum Vitae. Cukup tuliskan nama lengkap Anda, alamat, tempat tanggal lahir, dan nomor atau email yang bisa dihubungi.

C. Bahasa yang Efektif
Menulis surat lamaran pekerjaan tidaklah sama dengan saat kita menulis korespondensi dengan rekan atau keluarga. Pemilihan bahasa yang sesuai dengan ejaan yang baik dan benar sangat dibutuhkan dalam penulisan surat lamaran kerja. Oleh sebab itu, Anda harus benar benar memperhatikan tata bahasa dalam penulisannya.

Gunakanlah bahasa yang jelas, padat namun juga singkat. Penggunaan bahasa yang efektif seperti inilah yang akan membuat surat lamaran perkerjaan Anda menjadi mudah untuk dipahami. Selain itu ketika Anda membuat surat lamaran perkerjaan, usahakan untuk jangan terlalu panjang. Cukup dengan lima atau enam paragraf saja. Hal ini agar maksud dan tujuan dari surat tersebut bisa langsung tersampaikan.

D. Bahasa yang Sederhana
Terkadang ada beberapa orang yang membuat surat lamaran pekerjaan dengan bahasa yang berlebihan agar terlihat meyakinkan dan lebih sopan. Tapi apakah hal ini akan benar benar efektif? Tentu saja tidak. Justru apabila Anda menggunakan bahasa yang tidak seperti umumnya hanya akan membuat surat lamaran Anda ditolak. Jadi ada baiknya gunakanlah bahasa yang sederhana dan tidak bertele tele.

E. Kerapian
Tentu saja yang dimaksut kerapian dalam poin ini bukanlah tentang kerapian pakaian Anda. Kerapian yang dimaksut adalah tentang kerapian tulisan pada surat lamaran kerja Anda.

Apabila Anda membuat surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan, maka Anda perlu memperhatikan apakah tulisan Anda sudah rapi dan dapat dibaca dengan jelas atau belum. Selain itu perhatikan juga apakah ada kesalahan tulisan atau tidak. Usahakan untuk tidak menggunakan tipp-ex apabila ada tulisan yang salah, sebaiknya ganti saja dengan yang baru.

Namun, jika Anda membuat surat lamaran pekerjaan dengan computer, maka Anda perlu memperhatikan tentang kerapian dari format suratnya. Selain itu juga usahakan untuk tidak ada salah ketik.

F. Minat
Cantumkan dalam surat lamaran pekerjaan Anda tentang minat Anda dalam bergabung dengan perusahaan yang Anda tuju tersebut. Jelaskan juga secara singkat bahwa Anda bisa dan mampu untuk memberi kontribusi terbaik kepada perusahaan.

G. Tanda Tangan
Terakhir adalah tanda tangan. Terkadang orang sering lupa untuk membubuhkan tanda tangan serta tanggal surat pada surat lamaran pekerjaan. Terlihat sepele memang, tapi hal ini sangatlah penting dalam surat lamaran pekerjaan.

Demikian di atas merupakan poin-poin penting yang perlu Anda cantumkan di dalam surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.
Back To Top