Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

30/06/17

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di PT/Pabrik/Perusahaan Secara Umum

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview/Wawancara Kerja di PT/Pabrik/Perusahaan Secara Umum_Untuk memperoleh sebuah pekerjaan, seorang pelamar kerja memang diharuskan untuk menempuh beberapa tahapan yang diberikan oleh perusahaan. Salah satu yang harus dilalui oleh pelamar adalah tahap wawancara atau interview. Biasanya pada tahap ini, pihak perusahaan akan memberikan sejumlah pertanyaan dan harus dijawab langsung oleh pelamar dengan baik dan benar.
Nah, bagi Anda yang berencana menjalani proses wawancara ini, sebaiknya  Anda pahami dulu  dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul saat interview. Beberapa diantara pertanyaan yang kerap diajukan oleh pihak perusahaan  adalah sebagai berikut.
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di PT/Pabrik/Perusahaan
Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview Kerja di PT/Pabrik/Perusahaan:

1. Ceritakan tentang diri Anda?
Kandidat: “Nama saya Rizki Bahar. Saya alumni dari Universitas Indonesia jurusan komputer. saya pernah bekerja pada sebuah perusahaan sebagai teknisi jaringan selama 2 tahun.

2. Mengapa Anda Mengambil Jurusan Komputer?
Kandidat: “Saya memilih jurusan komputer karena sejak sekolah dasar saya  menyadari bahwa  saya menyenangi komputer karena itu saya berpikiran dengan saya kuliah di jurusan Ilmu Komputer ini saya bisa menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang komputer. Selain itu, saya benar-benar menikmati belajar di jurusan tersebut karena topiknya sesuai dengan kesenangan dan minat saya.”

3. Bagaimana Cara Anda Membayar Kuliah?
Kandidat: “Sebagian besar biaya kuliah ditanggung orang tua saya. Namun, saya juga bekerja paruh waktu di sebuah percetakan kaos untuk bisa sedikit meringankan beban orang tua.”

4. Selain Pendidikan Formal, Apakah Anda Punya Keterampilan Lain?
Kandidat: “Ya. Selama kuliah dulu saya mengikuti beberapa kursus bahasa seperti bahasa Inggris dan bahasa Jepang serta saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan berbagai program, seperti MS Words, MS Excell, MS Power Point, Photoshop, maupun MS Access. Selain itu, saya  pun sering mengikuti pelatihan-pelatihan kepemimpinan yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa di kampus saya.

5. Apa Makna Pekerjaan Buat Anda?
Kandidat: “ Menurut saya, pekerjaan bukan hanya semata-mata mencari uang tapi bagaimana saya memberikan sesuatu yang terbaik sehingga bisa berkontribusi bagi kemajuan perusahaan sendiri.”

6. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?
Kandidat: “Kelebihan saya adalah cepat belajar, pekerja keras dan jujur. Sementara kelemahan saya yaitu saya adalah orang yang pelupa. Tapi, saya akan selalu berusaha mencatat hal-hal penting di buku saya terkait pekerjaan untuk mengatasi kelemahan ini.”

7. Apakah Anda Lebih Senang Bekerja Sendiri atau dalam Tim?
Kandidat: “Tergantung pada pekerjaan yang diberikan. walaupun saya lebih suka bekerja sendiri, tapi saya juga mempu bekerja dalam tim.”

8. Jika Harus Bekerja dalam Tim, Posisi Apa yang Anda Pilih?
Kandidat: “Saya akan memilih menjadi seorang konseptor sehingga saya bisa membuat rencana mengenai langkah-langkah yang perlu diambil, mengindentifikasi hambatan, membuat daftar sumber daya yang dibutuhkan serta mengukur kesuksesan suatu projek.”

9. Bisakah Anda Bekerja di Bawah Tekanan?
Kandidat: “Ya. Selama ini saya sudah tahu cara mengatasi tekanan dalam pekerjaan saya. Saja juga tidak menganggap tekanan sebagai suatu masalah besar sebab bagi saya tekanan justru akan memberikan dampak yang positif bagi diri saya karena saya dapat mengeluarkan keterampilah, inisiatif dan seluruh potensi saya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.”

10. Apa yang Menjadikan Anda Tertarik Untuk bekerja di Perusahaan Kami?
Kandidat: “Menurut saya perusahaan ini menawarkan pekerjaan yang cocok dengan pendidikan dan pengalaman saya sehingga saya rasa saya bisa berkontribusi penuh dalam memajukan perusahaan ini.”

Bagaimana tidak terlalu sulit bukan? Jangan lupa untuk selalu tenang dan rileks saat wawancara sedang berlangsung agar Anda tetap bisa menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan baik dan lancar.

Back To Top