Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/06/17

Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja

Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja_Selain mengontrol kinerja karyawan dan memastikan agar mereka bekerja sesuai dengan yang diharapkan, atasan juga memiliki tugas lain yang tak kalah penting untuk dilakukan, yakni memberikan motivasi pada karyawan. Lah, mengapa ini perlu dilakukan oleh seorang atasan? Karena, motivasi bisa diartikan sebagai energi atau amunisi yang bisa meningkatkan semangat karyawan agar senantiasa melakukan yang terbaik dalam pekerjaannya. Nah, jika Anda bertanya mengenai bagaimana cara terbaik memberikan motivasi pada karyawan untuk meningkatkan kinerjanya, kali ini kami akan mencoba membantu Anda dalam memberikan jawabannya. Oke, langsung saja simak ulasan mengenai cara-cara terbaik dalam memotivasi karyawan berikut ini.
Cara Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja
Tips Memotivasi Karyawan untuk Meningkatkan Kinerja:

1. Memotivasi Karyawan dengan Memberikan Penghargaan, Apresiasi serta Pengakuan
Memberi penghargaan, apresiasi serta pengakuan pada karyawan juga menjadi salah satu motivasi yang cukup ampuh agar karyawan meningkatkan kinerja mereka. Namun, sebagai atasan yang baik, Anda jangan hanya memberikan penghargaan, apresiasi serta pengakuan tersebut pada prestasi team atau prestasi yang besar saja, tetapi juga harus diberikan pada individu, sekecil apapun prestasinya.
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan demi menunjukkan penghargaan, apresiasi serta pengakuan, contohnya memberikan reward atau hadiah, memberikan bonus ataupun yang lainnya.

2. Jangan Bersikap Kaku, Namun Harus Tetap Berwibawa
Sebagai atasan, Anda sebaiknya memang menciptakan komunikasi yang baik dengan karyawan Anda. Tetapi, Anda juga harus pintar-pintar menciptakan komunikasi ini sehingga mereka tidak hanya merasa nyaman tetapi juga bisa bersikap segan terhadap Anda.
Sebagai langkah awal, Anda bisa menyapa karyawan terlebih dahulu dan menyimak dengan baik masukan-masukan yang mereka berikan. Jangan lupa untuk memberikan perhatian pada karyawan Anda, tunjukkan bahwa Anda juga memiliki sikap peduli terhadap mereka.

3. Rencanakan Quality Time bersama Karyawan Anda
Quality time bersama keluarga memang penting, tetapi quality time bersama karyawan juga penting loh. Mengapa? Karena ini bisa menjadi ajang untuk mendekatkan diri Anda pada karyawan Anda. Untuk menciptakannya, Anda bisa merencanakan waktu refreshing dan gathering bersama, seru kan?

4. Berikan Kepercayaan pada Karyawan
Selain melakukan ketiga hal di atas, Anda juga harus memberikan kepercayaan pada karyawan Anda. Maksudnya, Anda juga harus menunjukkan sikap percaya pada mereka sehingga mereka pun juga akan memotivasi diri mereka sendiri untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang mereka emban.
Misalnya, mengajak atau mengutus karyawan untuk menghadiri sebuah pertemuan penting, tidak bergosip tentang karyan yang tidak Anda sukai atau hal-hal lain yang bisa meruntuhkan kepercayaan mereka terhadap Anda.

5. Sulap Diri Anda Menjadi Atasan yang Memang Patut Diacungi Jempol
Mau diakui atau tidak, biasanya atasan yang dikagumi oleh karyawannya menjadi motivasi tersendiri loh. Kok bisa? Ya bisa saja, karena banyak orang akan berusaha melakukan yang terbaik demi orang yang dikaguminya, dan karyawan pun memiliki kecenderungan yang demikian itu.
Makanya, Anda sebagai atasan juga harus menciptakan image yang baik, supaya Anda bisa menjadi atasan yang memang pantas untuk diacungi jempol dan dikagumi oleh karyawan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk tujuan yang satu ini, salah satu contohnya adalah bersikap disiplin dan datang tepat waktu.

Baca juga:
Setidaknya itulah 5 cara terbaik yang bisa Anda terapkan untuk memotivasi karyawan Anda supaya lebih meningkatkan kinerjanya. Demikian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Back To Top