Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

09/06/17

Cara Agar Cepat Menjadi Direktur Perusahaan

Cara Menjadi Direktur di Perusahaan_Pada sebuah perusahaan besar, pasti akan kita temukan jenjang posisi pekerjaa sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Bagi semua karyawan, pastinya mereka ingin sekali ada kemajuan dalam karirnya, termasuk kenaikan jabatan. Asalkan ada kemauan dan keterampilan, kenaikan jabatan bukanlah hal yang mustahil.
Cara Agar Menjadi Direktur Perusahaan
Salah satu posisi yang membanggakan di sebuah perusahaan adalah menjadi seorang direktur. Kita pasti sering sekali mendengar istilah ini. Namun, apa sebenarnya posisi direktur itu?

Definisi Direktur dan Tugas-Tugasnya

Direktur berasal dari kata dalam bahasa Inggris “direct” yang berarti mengatur dan “director” yang berarti orang yang mengatur. Direktur sendiri kemudian memiliki arti orang yang bertanggung jawab atas suatu kegiatan, departemen, atau organisasi tertentu termasuk organisasi dalam perusahaan. Biasanya perusahaan berbentuk perseroan terbatas (PT) memiliki jenjang jabatan direktur ini.

Secara umum tugas seorang direktur adalah sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, dan pengelola eksekutor dalam organisasinya. Direktur ini membawahi sejumlah manajer, sedangkan manajer sendiri membawahi sejumlah staf.

Direktur sebuah perusahaan dapat berupa orang yang memiliki perusahaan tersebut ataupun orang yang kompeten untuk menduduki jabatan tersebut. Jika direktur berjumlah jamak, maka kemudian akan ada dewan direktur. Dewan ini kemudian dipimpin oleh seorang presiden direktur atau di luar negeri biasa disebut dengan CEO (Chief Executive Officer).

Cara Menjadi Direktur Sebuah Perusahaan

Mengingat sangat tingginya jabatan seorang direktur, tentunya jabatan ini hanya diperuntukkan bagi mereka= yang kompeten. Orang yang baru masuk ke sebuah perusahaan tanpa pengalaman yang matang tentu saja tidak bisa langsung menjadi direktur.

Persaingan mendapatkan posisi direktur sendiri dilakukan oleh para senior manajer. Jika berprestasi, para senior manajer ini akan mendapatkan promosi untuk naik jabatan menjadi direktur. Tentu saja hal ini tidaklah mudah. Diperlukan kerja keras, kedisiplinan, dan prestasi yang bagus untuk bisa menembus jabatan direktur sebuah perusahaan.

Namun, jika Anda ingin mewujudkan mimpi untuk naik jabatan menjadi seorang direktur, maka ada beberapa tips yang harus Anda ikuti seperti di bawah ini:

1. Jangan terlambat datang ke kantor perusahaan
Salah satu hal yang dipertimbangkan atasan untuk menaikkan jabatan Anda adalah kedisiplinan. Oleh karena itulah Anda sebaiknya benar-benar menjaga kedisiplinan di kantor. Pastikan Anda tidak pernah datang terlambat ke kantor. Jika bisa, Anda justru harus datang lebih awal dibandingkan dengan karyawan lainnya dan pulang paling akhir.

2. Sesuaikan penampilan dengan budaya kantor
Berpakaianlah sesuai dengan tempat dan kondisi dimana Anda berada. Jika kantor Anda merupakan lingkungan yang bersifat resmi, maka usahakan untuk berpenampilan rapi, sopan, dan formal. Jangan sampai Anda justru mengenakan pakaian untuk jalan-jalan di kantor yang orang-orangnya selalu memakai setelan jas dan kemeja. Ini tentunya akan menjadi poin negatif yang membuat atasan kurang mempertimbangkan Anda untuk bisa naik jabatan.

Namun, biasanya di kantor-kantor tertentu, khususnya di bidang industri kreatif, ada yang justru membebaskan karyawannya mengenakan pakaian santai saat di kantor. Jadi ikuti saja aturan dan kebiasaan yang ada di kantor Anda.

3. Sampaikan ide menarik
Atasan pasti menyukai orang yang kreatif dan mampu memecahkan masalah. Jadi usahakan Anda menunjukkan kualitas dan kemampuan diri saat ada rapat-rapat penting. Pada saat itu, jangan ragu unuk mengajukan gagasan atau ide yang bisa membangun perusahaan dan memecahkan masalah yang ada. Anda pun akan terlihat brilliant dan kompeten.

4. Jadilah orang yang peduli pada lingkungan kerja
Walaupun tugas kantor menumpuk, namun usahakan Anda selalu ramah, baik, dan supel terhadap semua orang. Bukan hanya pada atasan, namun juga kepada para bawahan Anda.

Seseorang yang ramah cenderung lebih disukai oleh orang lain. Namun, ukan berarti Anda harus menjadi seorang penjilat atau pencari muka di depan atasan dan justru berusaha menjelek-jelekkan rekan kerja Anda demi mendapatkan promosi jabatan.

5. Rajin, tekun, dan sabar
Jabatan direktur tidak bisa diraih secara instan dalam semalam. Untuk menuju ke posisi ini dibutuhkan kerja keras ekstra, waktu, dan perhatian yang sangat besar. Anda harus mau menapaki karir mulai dari jenjang jabatan terendah dulu untuk mengumpulkan pengalaman dan menggali potensi diri. Usahakan untuk selalu menjadi karyawan berprestasi hingga Anda pun bisa naik ke jabatan yang lebih tinggi.

Demikian tentang cara untuk menjadi direktur perusahaan yang sebaiknya Anda terapkan. Semoga Anda segera menjadi direktur.
Back To Top