Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

09/06/17

Cara Termudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

Cara Mudah Menyesuaikan Diri (Adaptasi) di Tempat Lingkungan Kerja Baru_ Bisa meraih pekerjaan yang diimpikan adalah dambaan setiap orang. Dan tentunya saat di awal-awal masuk kerja merupakan moment yang paling menyenangkan sekaligus menegangkan, karena bagaimanapun di lingkungan kerja yang baru, selain suasananya masih asing, juga orang-orangnya pun kita tidak kenal. Nah, buat Anda yang saat ini baru bergabung di suatu perusahaan, dan tengah menyandang status karyawan baru, berikut ini kami sajikan beberapa tips mudah yang akan membantu Anda dalam beradaptasi dengan lingkungan kerja baru tersebut.
Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru
Cara Mudah Beradaptasi di Tempat Kerja Baru:

1. Menaati Etos Kerja dan Budaya Perusahaan
Hal pertama yang penting kita lakukan saat masuk dalam lingkungan kerja baru adalah menaati etos kerja dan budaya perusahaan tersebut. Sebagai “anak baru” kita wajib mematuhi budaya perusahaan tempat kita bekerja. Peraturan saat meeting, batas absen, ijin dan keterlambatan sebaiknya Anda taati dan pahami sebaik-baiknya.

2. Mempelajari Job Desk yang Harus Dikerjakan
Hal yang sangat penting saat masuk dalam lingkungan kerja yang baru adalah memahami dan mempelajari tugas-tugas pekerjaan yang menjadi kewajiban kita. Jika ada job desk yang belum Anda pahami segeralah bertanya pada rekan kerja atau atasan Anda.

3. Bersikaplah Terbuka dengan Wajar
Saat masuk dalam lingkungan kerja yang baru, bersikaplah terbuka dengan wajar. Bersikaplah ramah dengan rekan-rekan kerja yang baru kita kenal. Sikap ramah dan hangat sewajarnya akan membuat atasan maupun rekan kerja semakin respect dengan kehadiran kita. Sikap ini sebaiknya Anda pertahankan setiap hari agar hubungan yang baik dan harmonis dengan rekan kerja maupun atasan Anda dapat selalu terjalin.

4. Cekatan dan Aktif Bertanya 
Sikap aktif  bertanya akan membuat kita terhindar dari masalah-masalah pekerjaan. Kita bisa bertanya pada rekan kerja atau atasan kita saat menemukan masalah dalam pekerjaan kita. Simak baik-baik setiap jawaban atas solusi masalah yang kita hadapi. Lakukan sesuai dengan saran yang diberikan rekan kerja atau atasan kita. Ini akan menjadi bahan pembelajaran kita dalam beradaptasi di lingkungan kerja yang baru.

5. Hindari Ikut Campur Terlalu Jauh di Lingkungan Kerja Baru
Sebagai pekerja baru berhati-hatilah dengan kondisi lingkungan kerja kita. Sangat penting memahami kondisi lingkungan kerja kita. Namun, hindarilah ikut campur terlalu jauh dengan urusan yang bukan wewenang kita.

6. Aktif Meminta Penilaian Kinerja
Dalam jangka waktu beberapa bulan, penilaian terhadap produktivitas dan performa kerja biasanya dilakukan. Sebagai pekerja baru, sebaiknya kita aktif meminta penilaian kinerja pada atasan. Evaluasi dan penilaian tersebut akan memberikan solusi untuk kita sehingga dapat menjalankan pekerjaan dengan lebih baik. Aktiflah mendiskusikan bagian-bagian pekerjaan yang sebaiknya kita perbaiki. Kita juga bisa meminta saran dari atasan tentang hal-hal yang harus kita perbaiki.

7. Menentukan Target untuk Diri Sendiri
Jika Anda sudah memahami budaya perusahaan, tugas dan alur kerja Anda. Anda sudah bisa menentukan target untuk diri sendiri dalam menyelesaikan tugas tepat waktu dengan baik dan benar.

Saat kita sudah mendedikasikan kemampuan terbaik bagi perusahaan tentunya jenjang karir yang lebih tinggi akan terbuka lebar untuk kita bukan? Mulailah bekerja dengan hati yang gembira agar ide-ide kreatif dapat Anda hasilkan.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara mudah yang akan membantu  Anda dalam beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja baru. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat. Salam sukses.
Back To Top