Bisnise

Info Bisnis Terbaru

13/05/17

Tips Memulai Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga

Tips Bijak buat Ibu Rumah Tangga yang Ingin Menjalankan Bisnis_Ibu rumah tangga identik dengan kegiatannya yang hanya berkutat di seputar rumah. Ibu rumah tangga menjadi sebutan bagi seorang istri yang menjalankan tugas penuh di rumah untuk mengurus suami dan merawat anak, serta menjalankan berbagai macam kegiatan rumah tangga seperti memasak, mencuci, dan lain sebagainya.
Tips Memulai Bisnis bagi Ibu Rumah Tangga
Menjadi seorang ibu adalah tugas yang mulia. Menjadi ibu rumah tangga yang mencurahkan waktu sepenuhnya untuk keluarga merupakan suatu keputusan yang besar. Banyak wanita yang rela meninggalkan karir dan pekerjaannya untuk fokus mengurus suami dan anak. Kadang, wanita dengan tingkat pendidikan yang tinggi juga rela tidak bekerja demi suami dan buah hati.

Namun, ketika dihadapkan pada pilihan untuk mampu mandiri dan bisa membantu menopang kondisi finansial rumah tangga, seorang istri pada zaman sekarang lebih banyak memiliki peluang daripada istri di zaman dulu. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu menopang kondisi finansial rumah tangga Anda. Teknologi yang semakin maju di zaman sekarang ini harus Anda manfaatkan untuk menciptakan peluang-peluang menghasilkan uang dari rumah.

Menghasilkan uang tambahan dari rumah bagi seorang istri dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Namun, ada hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan usaha apa yang cocok untuk Anda kerjakan dari rumah. Berikut hal yang harus Anda perhatikan:

1. Kenali Bakat Anda
Manusia memiliki bakat yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan usaha apa yang akan Anda lakukan di rumah, Anda wajib mengenali bakat Anda lebih dulu. Jangan sampai melakukan usaha yang tidak sesuai dengan bakat Anda. Karena hal itu justru akan membuat Anda berhenti di tengah jalan.

2. Membuat Rencana Usaha
Setelah Anda ketahui apa bakat yang Anda kuasai. Anda bisa mempertimbangkan usaha apa yang mungkin dapat Anda lakukan untuk menghasilkan uang di rumah. Misalnya, jika Anda memiliki bakat memasak, maka Anda dapat membuka usaha catering.

Untuk memulai usaha tersebut, Anda terlebih dulu harus membuat rencana usaha. Bagi Anda yang ingin bekerja sampingan dari rumah (tidak mendirikan suatu usaha), rencana usaha ini tidak perlu dilakukan. Anda harus membuat perencanaan seperti bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan, berapa modalnya, dan bagaimana cara memasarkannya menjadi hal yang wajib diperhitungkan sebelum membuka usaha di rumah.

3. Manfaatkan Teknologi yang Ada
Zaman sudah sangat maju, Anda yang ingin membuka usaha atau melakukan pekerjaan sampingan dari rumah harus bisa memanfaatkan kemajuan zaman tersebut. Salah satu kemajuan yang paling pesat di masa ini adalah internet. Media sosial yang ada saat ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain dengan jangkauan yang sangat luas. Anda bisa memanfaatkan ini untuk memasarkan produk usaha Anda atau bekerja sebagai freelance.

Nah, setelah mengetahui hal-hal dasar tersebut, sekarang saatnya Anda untuk memikirkan membuka usaha sendiri atau bekerja sampingan untuk mendapatkan uang tambahan dari rumah. Sebagai pertimbangan, Anda bisa membuka salah satu usaha dan/atau jasa dari rumah seperti berikut ini:

a. Manfaatkan ilmu yang Anda punyai dengan membuka les privat di rumah. 
Jangan sia-siakan latar belakang pendidikan Anda. Selain mampu menghasilkan uang tambahan dari rumah, Anda juga bisa mendapat pahala juga.

b. Manfaatkan kemampuan memasak Anda untuk membuka usaha catering. 
Membuka usaha pesanan nasi kotak untuk acara tertentu misalnya, dapat menjadi sumber uang tambahan untuk ibu rumah tangga.

c. Bagi Anda yang pandai berbahasa asing, Anda wajib mencoba menjadi penerjemah. 
Saat ini banyak lowongan penerjemah yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal internet.

d. Manfaatkan mesin cuci di rumah Anda untuk membuka jasa laundry kiloan yang saat ini tengah populer.

e. Anda pandai merias diri? Jangan sia-siakan bakat tersebut. 
Anda bisa membuka jasa sebagai perias kecantikan (make up artist).

f. Manfaatkan laptop dan smartphone Anda untuk berjualan online. 
Tak perlu modal banyak, Anda bisa memulai usaha sebagai reseller produk yang banyak ditawarkan saat ini.

g. Anda gemar menulis? Tak ada salahnya jika Anda mencoba pekerjaan sampingan sebagai penulis artikel online. 
Anda cukup bermodal laptop, koneksi internet, dan kemauan yang tinggi. Anda bisa menulis setiap hari dan menghasilkan uang tambahan dari rumah.

Ibu rumah tangga saat ini memang dituntut untuk lebih cerdas dan bijak. Kalau Anda bisa memanfaatkan bakat yang Anda miliki untuk membantu suami mencari uang, kenapa Anda tidak manfaatkan bakat tersebut? Dengan bekerja sampingan, Anda sebagai ibu rumah tangga tetap bisa mengurus anak dan menghasilkan uang tambahan dari rumah.

 
Back To Top