Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

13/05/17

Srategi Marketing Jitu dengan Budget Minim

Srategi Marketing Jitu dengan Budget Minim_Bagi kebanyakan pebisnis, salah satu kendala yang menghambat dalam merintis usaha adalah media pemasaran atau marketingnya. Memang tak dapat dipungkiri bahwa pemasaran yang kurang memadai, menyebabkan sulit tercapainya target penjualan suatu produk atau jasa yang kita jual. Karena faktanya derngan strategi marketing yang tepat, bisnis kecil pun bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar. Tetapi cara marketing yang tepat itu bagaimana, sih? dan, bisa tidak ya budget/bujet marketing untuk penjualan produk atau jasa ditekan hingga serendah-rendahnya? Jawabannya tentu bisa. Nah, berikut rahasianya. Silakan disimak.
Strategi Pemasaran dengan Modal Sedikit
Strategi Marketing dengan Biaya Minim

1. Manfaatkan Teman/Relasi Anda
Anda bisa memanfaatkan mereka untuk menjadi pelanggan pertama dan mempromosikan dagangan produk atau jasa Anda ke orang lain.

Anda tidak perlu terlalu jauh-jauh dulu memikirkan siapa pelanggan Anda, mulailah dengan siapa yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Setelah cukup berhasil dengan mereka, mulailah ajak mereka untuk mengajak teman-temannya yang lain untuk membeli atau menggunakan produk dagang atau jasa Anda.

Cara marketing seperti ini dinilai cukup efisien lho. Selain Anda tidak perlu susah-suah karena terlalu banyak mempromosikan secara langsung, dampak dari cara marketing seperti ini memungkinkanmu untuk memiliki pelanggan dengan cepat.

2. Gunakan Cara Kreatif
Jika Anda memiliki kemampuan untuk mendesain atau membuat video pendek yang kreatif, beruntunglah Anda karena Anda bisa mengaplikasikannya untuk memasarkan produk dagang atau jasa Anda.

Pemasaran dengan cara yang menarik seperti ini akan membuat orang lain selalu mengingat produk bisnis Anda. Kalau pun Anda tidak memiliki kemampuan dalam hal itu, Anda bisa meminta tolong teman yang melakukannya.

Lagi-lagi, manfaat pertemanan bisa Anda gunakan dalam hal berbisnis. Tapi ingat, desain grafis itu bukan desain gratis. Selalu apresiasi apa yang sudah mereka lakukan ya.

3. Memanfaatkan Media Sosial
Perkembangan dunia teknologi yang semakin maju membuat orang mulai banyak meninggalkan media konvensional seperti media cetak.

Gunakanlah instagram sebagai permulaan. Selain gratis, media sosial ini sedang banyak digunakan  oleh masyarakat di dunia. Di Indonesia sendiri, per bulan Juni 2016, tercatat jumlah pengguna instagram aktif adalah sebanyak 22 juta pengguna, dan tentunya untuk tahun 2017 ini lebih tinggi dari angka tersebut.

Masih di Indonesia ya… belum lagi di luar negeri. Dengan menggunakan instagram, Anda tidak hanya bisa mempromosikan foto-foto produk dagang atau jasa Anda, melainkan juga hasil cara marketing Anda dari nomor dua.

Membuat blog atau toko online khusus juga merupakan cara yang sangat bagus untuk memasarkan dan memajang produk atau jasa Anda.

Buatlah artikel yang bermanfaat dan isi blog Anda dengan artikel tersebut, kemudian sisipkan kalimat marketing yang mengarah ke barang dagangan Anda. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan pelanggan semakin besar.

4. Jangan Ragu Untuk Memberi Bonus/Diskon
Cara keempat atau cara terakhir adalah cara yang bisa Anda lakukan jika jualan Anda sudah mulai laris.

Siapa sih orang di dunia ini yang tak suka dengan diskon? Orang berduit hingga orang yang berkantong pas-pas an tentunya tidak akan bisa menolak produk atau jasa yang berlabel ‘DISKON’ di saat mereka membutuhkannya.

Dengan memanfaatkan diskon, besar kemungkinan dalam sekali jual, Anda bisa mendapatkan banyak pembeli. Pemberian diskon ini tentunya harus dipikirkan dan diperhitungkan matang-matang ya.

Jangan sampai karena banyak sekali pembeli saat Anda memberi diskon, Anda sendiri tidak memperkirakan keuntungan yang Anda peroleh. Bukan untung, malah bisa jadi rugi. So, pertimbangkan dan perhitungkan secara baik-baik.

Nah, itulah beberapa tips singkat yang bisa Anda coba dalam memasarkan produk atau jasa Anda dengan budget minim.
Back To Top