Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

07/05/17

Pengertian Panca Usaha Tani

Hingga saat ini, bertani masih menjadi salah satu mata pencaharian yang diandalkan masyarakat Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian, termasuk melalui program panca usaha tani. Di artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian atau definisi panca usaha tani. 
Panca Usaha Tani

Pengertian panca usaha tani

Panca usaha tani adalah usaha petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian melalui lima cara, yaitu :

1. Penggunaan bibit unggul
Bibit atau benih unggul sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil panen, selain itu jenis bibit unggul juga lebih tahan terhadap penyakit.

2. Pengolahan tanah yang baik
Pengolahan tanah dilakukan dengan tujuan memperbaiki struktur tanah sehingga menjadi gembur dan memiliki rongga yang cukup untuk menyimpan air serta udara. Kondisi ini sangat baik bagi mikroorganisme tanah yang berperan dalam proses dekomposisi mineral dan zat organik tanah.

Traktor

3. Pemupukan yang tepat
Pemupukan yang tepat sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang tanaman hingga berbuah dan panen.

4. Pengendalian hama
Untuk mendapatkan hasil panen yang diharapkan, petani juga harus menjaga tanaman dari kerusakan yang disebabkan oleh hama dan penyakit, misalnya saja hama tikus dan belalang yang sering menyerang tanaman padi.

5. Pengairan atau irigasi yang baik
Air sangat dibutuhkan tanaman. Banyak kejadian gagal panen dimana sawah-sawah mengalami kekeringan karena hanya mengandalkan hujan. Saat kemarau, sistem pengairan atau irigasi yang baik sangat diperlukan.
Baca juga Pengertian dan Contoh Bisnis Online Menurut Ahli
Demikian artikel tentang pengertian panca usaha tani. Semoga bermanfaat.

 
Back To Top