Bisnise

Info Bisnis Terbaru

14/05/17

Tips Sukses Membuka Cafe yang Menguntungkan dengan Modal Terbatas

Cara Sukses Membuka Cafe yang Menguntungkan dengan Modal Kecil_Cafe kini banyak menjamur di daerah perkotaan. Sebenarnya cafe tidak jauh berbeda dengan restoran yang sama-sama menyajikan makanan dan minuman. Namun cafe umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada restoran dan menu yang ditawarkan juga tidak terlalu bervariasi.
Sebenarnya peluang usaha dengan membuka cafe cukup menjanjikan. Usaha cafe juga dapat dimulai dengan modal kecil. Hanya saja, Anda harus memiliki trik dan strategi yang tepat untuk bisa sukses menjalankannya. Seperti beberapa hal berikut ini.

1. Lahan Cafe
Jika Anda sudah memiliki lahan yang strategis untuk membuka cafe, maka beban modal yang harus Anda keluarkan jauh lebih ringan. Namun jika belum memiliki lahan, Anda dapat menyewa ruko dengan sistem bualana maupun tahunan. Ukuran ruko minimal yang dianjurkan untuk membuka cafe adalah 8 x 4 meter.

Setelah mendapatkan tempat untuk membuka usaha cafe, kemudian Anda harus merenovasi atau mendesain ulang tempat tersebut. Ukuran cafe yang kecil pun tak terlalu masalah jika Anda mampu mengatur ruangan dengan baik. Terapkan tema tertentu pada desain ruangan cafe Anda sesuai dengan segmen pasar yang dibidik.

2. Menu Makanan
Buatlah menu cafe yang inovatif dengan rasa yang enak. Memang usaha cafe tidak membutuhkan varian menu yang banyak. Namun, usahakan untuk membuat menu yang menarik dan fresh agar pengunjung tertarik dengan cafe Anda. Usahakan untuk mematok harga makanan yang murah meriah, karena pengunjung cafe biasanya anak-anak mudah yang sensitif masalah harga.

Buat juga sebuah menu khas bagi cafe Anda. coba carilah sebuah menu yang belum pernah dijual di cafe-cafe lain. Cafe juga tak selamanya harus menyediakan menu modern ala barat. Anda dapat membuat inovasi menu dengan mengolah makanan tradisional khas Indonesia, namun dengan tampilan yang modern dan berkelas.

3. Fasilitas Murah Meriah
Cafe kecil dengan modal terbatas tak perlu menggunakan fasilitas serba mewah seperti cafe-cafe besar. Cukup gunakanlah furniture yang murah namun terkesan unik. Anda misalnya dapat memajang kursi kayu yang dipadukan dengan furniture bertema klasik dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan tema cafe lesehan dengan dekat dengan suasana rumah yang nyaman. Furniture bekas juga dapat menjadi pilihan Anda untuk mengisi ruangan cafe Anda.

Tema unfinished interior saat ini juga tengah digandrungi untuk desain cafe. Tema ini juga memberikan keuntungan karena akan lebih menghemat anggaran. Pastikan untuk mendesain cafe Anda dengan menarik walaupun menggunakan anggaran yang terbatas. Karena pengunjung cenderung memilih cafe yang memiliki desain interior unik.

4. Minimalkan Karyawan
Jika modal Anda terbatas, maka cobalah untuk meminimalkan karyawan. Anda bisa merekrut 1 karyawan saja untuk mengisi posisi sebagai juru masak atau pelayan. Sedangkan Anda dapat bekerja di cafe tersebut. Untuk urusan bersih-bersih dapat dilakukan oleh Anda dan karyawan Anda. Libatkan juga anggota keluarga Anda untuk membantu di cafe.

5. Pemasaran Online
Modal yang terbatas tak lantas membuat Anda tidak mampu memasarkan usaha. Gunakanlah media online untuk memasarkan produk Anda secara gratis. Yang terpenting adalah Anda tekun memperkenalkan usaha Anda di media sosial. Lakukan pemasaran ini setiap hari untuk menarik minat pengunjung. Mintalah juga teman dan keluarga Anda untuk membantu mempromosikan usaha Anda.

Pajanglah foto-foto cafe dan menu makanan yang unik dan menarik di media sosial Anda. Dengan begitu, akan banyak orang yang penasaran dengan cafe Anda dan memutuskan untuk berkunjung.

Itulah tips memulai usaha cafe dengan modal terbatas yang dapat Anda terapkan. Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal kepada pengunjung agar mereka mau kembali lagi ke cafe Anda.

 
Back To Top