Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

16/05/17

12 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet bagi Pemula

Berbagai Cara Mendapatkan atau Menghasilkan Uang dari/lewat Internet bagi Pemula_Saat ini hampir semua orang terhubung dengan koneksi internet. Mulai dari internet melalui komputer, laptop, dan pastinya hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone. Ada orang yang memanfaatkan internet misalnya untuk mencari informasi ataupun hanya mengikuti perkembangan dunia sosial media. Tapi bagi orang yang cerdas dan pandai membaca peluang, internet adalah sebuah dunia dan sarana baru untuk memulai usaha atau bisnis.
Cara Mendapatkan Uang melalui Internet
Nah, kalau Anda ingin mendapatkan penghasilan yang lebih banyak, salah satu solusinya Anda bisa mempelajari cara mendapatkan uang melalui internet. Kenapa tidak? melalui internet, Anda bahkan bisa merintis usaha mulai dari nol tanpa perlu modal yang besar. Jika Anda belum punya gambarannya, sebaiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini.
Salah satu kebiasaan buruk sebagian pencari tips bisnis di internet adalah  mereka malas membaca dan enggan memahami teori bisnis secara keseluruhan, umumnya yang dibaca hanya sepotong-potong saja. Namun saya yakin Anda tidak termasuk golongan mereka. Harapan Admin, setelah Anda membaca cara menghasilkan uang dari internet ini, minimalnya Anda bisa memiliki gambaran cerah tentang bisnis online yang akan Anda jalankan
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang melalui Internet ?

Sebagian orang  menganggap kemajuan teknologi sangat memudahkan mereka dalam beraktivitas dan bekerja. Namun, ada juga orang yang menganggap bahwa teknologi semakin membuat kehidupan rumit dan membingungkan, khususnya bagi generasi tua.

Tapi, jika Anda adalah orang yang sangat dekat dengan teknologi, inilah saatnya untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha.

Manfaatkanlah teknologi yang ada untuk menciptakan ide usaha baru. Perkembangan dunia internet saat ini semakin pesat, Anda pun juga dituntut untuk bisa memanfaatkannya sebagai suatu lahan bisnis yang menjanjikan.

Banyak orang yang saat ini sudah mulai paham dengan potensi bisnis melalui internet. Lihat saja, begitu banyak situs jual beli dan jasa yang dipasarkan secara online.

Bahkan transportasi pun kini bisa kita pesan dengan sistem online. Jadi kenapa Anda tidak menjadi salah satu bagian dari orang-orang cerdas ini?

Banyak pula orang yang cenderung ragu untuk mulai menggeluti bidang usaha online. Padahal mereka dulunya ketika masih berstatus siswa atupun mahasiswa mengaku ingin sekali menjadi pengusaha ketika lulus nanti. Tapi, kenyataannya mereka justru tetap memilih menjadi karyawan setelah lulus.

Ada beberapa alasan yang menghambat seseorang untuk terjun ke dalam bisnis online seperti :
  • Mereka tidak ahu peluang usaha yang lebih menjanjikan daripada sebagai karyawan kantoran.
  • Tidak ada modal untuk membangun sebuah usaha. 
  • Mereka menganggap bahwa semua bisnis membutuhkan modal yang besar, jadi mereka harus bekerja giat dulu untuk mengumpulkan modal. Tapi, lama-lama mereka jadi lupa untuk memulai usaha. 
  • Sudah terlanjur berkeluarga membuat mereka seakan-akan tidak ada waktu dan tenaga untuk mendirikan sebuah usaha. 
Semua alasan yang membuat seseorang enggan berbisnis itu kini bisa diatasi dengan adanya internet. Jika kendala utama menjadi seorang pengusaha adalah modal, maka internet adalah salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal yang wajib Anda coba.

Anda bisa memulai usaha misalnya dengan berjualan melalui internet. Tentu saja ini adalah cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal.

Kenapa? karena jangkauan pemasaran melalui internet jauh lebih luas, tanpa kenal batasan waktu dan tempat. Jadi pantaslah jika banyak penjual online yang berhasil mengumpulkan banyak keuntungan hanya dengan sistem online.

A. Peluang Usaha di Internet yang Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Jika Anda ingin mencoba untuk mulai berbisnis secara online, setidaknya ada beberapa hal yang wajib Anda pahami. Misalnya saja apa kira-kira bidang yang Anda kuasai hingga bagaimana strategi Anda untuk menjalankan usaha tersebut.

Kalau Anda belum mendapatkan gambaran cara mendapatkan uang melalui internet, kali ini kami akan memberika beberapa contoh usaha yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Berjualan Produk di di Website Sendiri
Kalau Anda punya cukup uang untuk membuat website/blog jual beli sendiri, maka Anda bisa menjual produk secara online. Anda juga tidak perlu menjadi seorang ahli pemrograman untuk membuat sebuah situs jual beli Anda sendiri.

Anda bisa memesan website toko onlline ini pada pihak yang khusus menyediakan jasa pembuatan website atau blog toko online.

Saat ini sudah banyak orang yang menawarkan jasanya untuk membuat website toko dengan berbagai harga yang ditawarkan.

Pastikan Anda memilih jasa yang sudah terpercaya dan hasilnya bagus. Jangan terburu-buru menyetujui iming-iming jasa pembuatan website toko dengan harga murah jika Anda belum tahu bagaimana hasil kerja mereka selama ini.

Selain dengan menggunakan jasa pembuatan website toko online, Anda juga bisa membuat web/blog toko online sendiri yakni dengan membuat blog toko online secara gratis.

Adapun langkah singkatnya yakni Anda membuat blog gratis di blogger.com (baca Cara Mudah Membuat Blog Gratis), selanjutnya Anda ganti template blog dengan template toko online untuk blogspot (silakan browsing di Google).

Setelah Anda mendapatkan template toko online blogger blogspot, baik yang gratisan maupun yang berbayar, silakan terapkan template tersebut ke blog Anda. Jika Anda belum mengetahui caranya, baca dulu Cara Praktis Mengganti Template Blog

Sebelum memutuskan untuk membuat toko online, pastinya Anda harus lebih dulu merencanakan beberapa hal seperti :

a. Tentukan jenis produk yang akan Anda jual. 
Sebagai pemula, ada baiknya Anda menjual satu jenis produk tertentu atau satu item tertentu. Misalnya saja item fashion.

Anda bisa menjual berbagai jenis barang-barang fashion mulai dari baju, celana, sepatu, tas, aksesoris, dan lain sebagainya.

Pemilihan item produk yang akan Anda jual juga akan menentukan identitas dari toko online Anda. Pembeli pun akan dengan mudah membranding toko online Anda.

b. Tentukan bagaimana cara Anda mendapatkan suplai produk. 
Jika Anda sudah bisa memproduksi atau mencari stok produk yang akan Anda jual, itu adalah suatu awal mula yang bagus bagi toko onlin Anda. tapi jika belum, maka sebaiknya Anda mencari suplai produk dengan cara :
  • Menemukan supplier utama produk tersebut. Tak jarang juga supplier besar juga menjual produk mereka secara online. 
  • Ajaklah orang yang sudah berjualan secara konvensional tapi belum melalui cara online. Istilahnya Anda menyiapkan tempat berjualan online bagi produk mereka. Anda sah-sah saja mematok harga yang berbeda dengan menambahkan keuntungan yang ingin Anda dapatkan. Asalkan harganya masih bisa bersaing dengan toko-toko online yang lain. 
c. Tentukan bagaimana sistem penjualannya
Jika Anda ingin penjualan berjalan cepat dan pasar yang luas, maka cobalah sistem dropship dan reseller.

Ini adalah cara mendapatkan uang melalui internet yang lebih efektif dan menjanjikan. Bukalah kesempatan kepada pelanggan Anda untuk menjualkan produk dengan sistem reseller dan dropshipper.

Berjualan dengan membuka toko online pastinya menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat dan halal asalkan Anda jujur dalam menjalankannya. Ini adalah cara mendapatkan uang melalui internet yang pastinya pertama kali terpikirkan oleh para calon pengusaha.

Hal yang perlu Anda ingat adalah banyakya pesaing dalam bisnis toko online ini. Jadi jika terjun ke dalam bisnis ini, Anda harus cerdas dalam berinovasi dan mampu menghadirkan produk yang memiliki daya saing.

2. Berjualan produk di pasar online
Berjualan produk di pasar online adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Jika pada poin 1 Anda setidaknya diwajibkan mengelola website sendiri, di poin ke-2 ini Anda bisa numpang berjualan di beberapa pasar online yang telah tersedia di Indonesia.

Ini adalah solusi yang paling tepat bagi Anda yang ingin langsung berjualan. Anda bisa memanfaatkan beberapa situs jual beli atau pasar online yang telah berkembang luas di Indonesia ini. Ada beberapa pasar online (market place) yang bisa Anda jadikan lapak berjualan seperti :
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Tokopedia
  • OLX
  • Elevenia
  • Blanja
Bagaimana cara agar bisa menjadi penjual di pasar online tersebut? Ternyata caranya pun cukup mudah.

Anda bisa masuk ke dalam situs jual beli atau pasar online tersebut, kemudian Anda biasanya diwajibkan untuk membuat akun.

Informasi yang dibutuhkan untuk membuat akun beragam, tapi biasanya market place ini mewajibkan pencantuman nama, alamat, nomor telefon, alamat email, dan juga ada beberapa yang mewajibkan mencantumkan nomor identitas.

Market place juga cenderung lebih sederhana dengan jangkauan yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkan ketenaran sebuah market place untuk berjualan.

Jadi istilahnya, market place ini sudah punya range jangkauan promosi dan biasanya se-Indonesia. Jadi, Anda tak perlu repot-repot memikirkan pemasaran produk.

Anda tinggal membuat produk terkesan menarik agar banyak orang yang singgah dan bahkan akhirnya membeli produk Anda.

3. Berjualan dengan menjadi Dropshipper

Cara mendapatkan uang melalui internet berikutnya adalah dengan menjadi dropshipper. Cara ini adalah salah satu yang dianjurkan bagi para pelaku usaha pemula.

Menjadi seorang dropshipper adalah sebuah cara mendapatkan uang tanpa modal yang wajib Anda coba.

Apa itu dropshipper?, jika Anda belum mengerti dengan istilah dropshipper, maka Anda wajib mencari tahu bagaimana sistem penjualan ini berjalan.

Dropshipper adalah sebuah istilah bagi para penjual yang melakukan sistem dropship. Para penjual (pihak 2) ini istilahnya menjualkan barang milik orang lain (pihak 1) tanpa memegang barang tersebut. Jadi posisi barang yang dijual tetap berada pada penjual utama atau pihak 1. Tugas pihak 2 adalah memasarkan produk tersebut.

Jika ada orang yang membeli produk tersebut, Anda tinggal memesannya dari pedagang pihak 1. Kemudian pedagang pihak 1 akan mengirimkannya sesuai dengan alamat kostumer Anda.

Biasanya, pedagang pihak 1 tidak akan menggunakan alamat pengiriman dengan nama toko mereka. Tapi mereka mengirimkannya dengan nama toko Anda. Sehingga kostumer pun tidak akan tahu bahwa itu adalah barang hasil dropshipper.

Cara mendapatkan uang tanpa modal dengan menjadi dropshipper ini telah banyak terbukti sangat mudah dilakukan oleh para pelaku bisnis online yang masih baru.

Ini juga bisa menjadi sarana Anda belajar, sehingga sedikit demi sedikit usaha Anda semakin membesar. Dan bahkan Anda bisa membuka toko online sendiri nantinya.

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal ini juga terbukti aman, asalkan Anda mencari supplier (pedagang pihak 1) yang dapat dipercaya.

4. Berjualan dengan menjadi Reseller

Berbeda dengan sistem berjualan dropshipper, ada juga sistem jualan yang lain yaitu dengan menjadi reseller.

Tapi untuk menjadi reseller ini bukan berarti Anda tidak membutuhkan modal. Sedikit atau banyak, pastinya Anda membutuhkan modal untuk menjalankan usaha jualan online dengan sistem reseller ini. Apa sebenarnya sistem reseller itu?

Reseller adalah sebuah sistem jualan online dengan cara kita membeli stok barang yang diinginkan dari pihak supplier. Itulah kenapa berjualan dengan sistem ini harus memiliki modal setidaknya untuk membeli stok barang yang Anda inginkan. Namun demikian, ada juga pihak yang menawarkan untuk menjadi reseller tanpa modal.

Ada beberapa keuntungan dari berjualan dengan sistem reseller ini seperti :
  • Ketersediaan barang terjamin. 
  • Anda tahu bagaimana kondisi asli barang yang akan Anda jual kepada kostumer. 
Tapi ada juga beberapa kelemahan dari sistem reseller ini seperti :
  • Butuh modal untuk berjualan. 
  • Anda harus memperkirakan mana barang yang akan laku dijual. 
  • Jika tebakan Anda salah, maka Anda akan memiliki stok barang yang susah untuk dijual kembali. Oleh karena itulah, kadang ada reseller yang akhirnya stagnan karena kehabisan modal. Barang yang dibelinya susah dijual kembali sehingga perputaran modal terganggu. 
Sistem reseller sangat cocok bagi semua orang yang ingin menekuni bisnis online ini, tak terkecuali bagi Anda yang sebagai seorang ibu rumah tangga, reseller adalah salah satu cara menghasilkan uang dari rumah yang sangat menjanjikan.

Anda bisa mencari supplier dengan harga termurah dari internet dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang berbeda kepada para tetangga dengan sistem tunai, kredit,atau bahkan arisan. Biasanya ibu-ibu yang cerdas memanfaatkan internet ini untuk berdagang berbagai macam perabotan dapur, rumah tangga, hingga item fashion dengan sistem kredit atau arisan.

5. Menjadi publisher iklan
Jika Anda memiliki bakat dalam menulis konten artikel yang bermanfaat dan juga menarik, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menulis koten dalam blog. Sebagai contoh jenis blog yang bisa Anda gunakan secara gratis yaitu blogger dari Google dan juga wordpress.

Kemudian darimana Anda akan mendapatkan uang?, memiliki blog ternyata adalah salah satu cara mendapatkan uang dari google yang mudah dan juga menantang.

Bagaimana tidak?,  banyaknya uang yang dihasilkan oleh para blogger berasal dari iklan yang diterbitkan pada blog yang dikelola.

Lalu bagaimana cara kerja komisi dari iklan ini?, saat kita membuat sebuah blog yang bermanfaat dan juga berkualitas bagus, maka akan banyak orang yang berkunjung ke blog kita.

Jika rangking blog kita bagus, maka akan banyak pihak yang ingin menampilkan iklannya pada blog kita. Kemudian biasanya para blogger ini akan memberikan kolom khusus dimana iklan tersebut bisa ditampilkan dalam blog. Jika ada pengunjung yang mengklik ikon iklan dalam blog kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Saat ini bahkan ada juga program kerjasama antara pihak pengusaha dengan para blogger berbentuk review produk.

Jika pada pengusaha ini tertarik dengan konten blog kita, mereka akan mengajukan kerjasama review produk mereka dengan kita.

Tugas kita adalah mereview produk tersebut di dalam blog kita agar terlihat menarik dan bermanfaat. Ini juga merupakan cara mendapatkan uang dari google yang menjanjikan.

6. Affiliate Program

Affiliate program adalah salah satu cara mendapatkan uang melalui internet yang mungkin bagi orang awam masih sedikit asing.

Tapi jangan salah, affiliate program adalah salah satu cara mendapatkan uang tanpa modal yang terbukti menghasilkan banyak uang, dan cukup mudah serta siapapun bisa melakukannya. Asalkan kita terhubung dengan jaringan internet.

Affiliate program merupakan satu bentuk usaha untuk mempromosikan produk milik orang lain. Jika kemudian ada orang yang membeli produk tersebut atas rekomendasi kita, maka kita akan mendapatkan komisi dari pihak penjual.

Affiliate program ini jelas berbeda dengan dropshipping. Jika dalam sistem dropshipping Anda juga menjualkan produk dengan harga yang berbeda, di dalam program affiliate ini Anda sama sekali tidak berjualan.

Tugas Anda satu-satunya adalah memasarkan produk tersebut. Calon pembeli yang berminat kemudian akan langsung berhubungan dengan si penjual.

Affiliate program ini sendiri sudah dijalankan oleh beberapa situs jual beli online di Indonesia seperti lazada, zalora, bhineka, blibli, dan elevenia. Anda yang ingin bermitra sebagai seorang affiliator pada situs jual beli ini harus mendaftar dan memiliki akun dulu sebagai syarat-syaratnya.
Baca juga Program Afiliasi Template Blog Terbaik dengan Komisi 40 Persen
Setelah itu, tugas Anda adalah memilih produk-produk yang akan dipromosikan. Kemudian Anda membagikan link produk tersebut melalui berbagai macam situs web/blog dan media sosial yang Anda miliki.

Biasanya, besarnya komisi yang Anda dapatkan sesuai dengan ketentuan dari pihak penjual. Affiliate program terbukti menjadi cara mendapatkan uang dengan cepat, mudah, dan halal.

7. Menjual produk berisi informasi

Produk informasi ini biasanya berbentuk buku, ebook, video, atau audio. Saat ini dengan semakin berkembangnya zaman, banyak orang kreatif yang bisa memanfaatkan potensi mereka untuk menciptakan konten informasi yang bermanfaat. Dan konten inilah yang kemudian menjadi ladang uang yang menggiurkan. Anda pun bisa menjadi salah satunya.

Misalnya saja ketika kita membuka youtube untuk mencari berbagai panduan atau tutorial, pasti ada orang yang membuat kontennya.

Jika Anda misalnya bisa membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat seperti video tutorial dan menguploadnya di youtube, dan kemudian Anda mendapatkan banyak subscriber dan video Anda banyak dilihat oleh orang, maka Anda akan mendapatkan royalti dari pihak youtube, dan tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh karena itu Anda wajib mempelajari tentang cara mendapatkan uang dari youtube.

Bidang ini bahkan sudah mulai banyak diminati di Indonesia. Terbukti dengan semakin banyaknya vlogger maupun youtuber yang sukses dan terkenal berkat konten video kreatif mereka di youtube.

Bukan hanya itu, membuat konten kreatif dalam bentuk selain video juga menjanjikan keuntungan. Ada banyak orang yang rela mengeluarkan uang demi informasi yang dicarinya. Asalkan isinya mendalam dan lebih dari sekedar artikel blog serta panduannya yang terstruktur dan lengkap.

Tidak semua orang bisa membuat konten informasi bermanfaat ini. tentunya dibutuhkan ide, gagasan, serta kreativitas untuk membuatnya. Jika Anda tertarik mencoba, maka ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti seperti :

a. Temukan apa bidang keahlian Anda. 
Jangan sampai Anda membuat konten yang tidak sesuai dengan bidang keahlian yang dikuasai. Misalnya saja Anda akan membuat tutorial cara membuat kue tapi Anda tidak mengetahui langkah-langkahnya.  Pastinya artikel atau video yang Anda buat tidak akan menarik lagi.

b. Temukanlah apa permasalahan terbesar yang saat ini tengah dihadapi oleh banyak orang. Ini bisa menjadi salah satu kesempatan Anda.

c. Buatlah solusinya dalam bentuk ebook, audio, atau video.

8. Membuka kursus online

Kalau dulu jasa kursus hanya bisa dilakukan di tempat dan waktu tertentu, saat ini kursus pun bisa melalui internet.

Saat ini banyak kursus yang dilakukan via internet. Kursus ini biasanya diadakan dalam forum facebook, bbm, hingga whatsapp messenger.

Jika Anda merasa memiliki kemampuan dalam bidang tententu, Anda bisa mendirikan kursus online ini.

Misalnya saja Anda adalah seorang sarjana lulusan bahasa Inggris, Anda bisa mendirikan kursus online bahasa Inggris. Bahkan saat ini sudah ada kursus TOEFL, TOEIC, hingga IELTS online.

Selain kursus bahasa, Anda juga bisa mendirikan kursus lainnya seperti kursus masak, menjahit, dan kursus ngeblog. Yang jelas pilihlah jenis kurusus yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki.

Bagaimana cara menyusun kursus secara online? Anda bisa menyajikan materi dalam bentuk tulisan atau ebook. Jika dirasa perlu, Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk video tutorial atau pembelajaran. Buatlah agar ebook atau video tersebut hanya bisa diakses oleh peserta kursus.

Pastinya kursus online akan menjadi salah satu cara mendapatkan uang melalui internet yang menjanjikan. Anda bisa memasarkan jasa kursus online Anda melalui media, antara lain:
  • Blog
  • WorldPress + plugin Zippy Course
  • Teachable
  • Udemy
  • Guides.co
  • Facebook 
  • BBM
  • Grup WA
9. Jasa desain grafis online

Industri kreatif di bidang desain grafis memang sangat menjanjikan banyak keuntungan. Bayangkan saja, seorang graphicc desainer profesional bisa menghasilkan hingga 1 Milyar Rupiah per tahunnya.

Tentunya untuk menuju ke arah graphic desainer yang memiliki penghasilan tinggi harus punya pengalaman dan banyak portofolio menarik.

Namun, jika Anda masih menjadi graphic desainer pemula, tak ada salahnya menjadikan internet sebagai media pemasaran jasa Anda. tawarkanlah jasa desain grafis Anda di beberapa market place seperti :
  • Sribu untuk desain logo di wilayah Indonesia.
  • 99designs dengan taraf internasional.
  • Fiverr untuk menawarkan jasa desain grafis yang ringan dengan upah mulai dari 5 Dollar. 
  • Anda juga bisa menawarkan melalui Facebook ataupun Instagram dengan memberikan contoh desain yang telah dibuat sebelumnya. 
10. Menjadi Penulis Artikel Freelance

Pekerjaan ini paling banyak dilakukan sebagai sampingan. Anda pun bisa melakukannya. Daripada laptop Anda tidak dimanfaatkan, ada baiknya Anda mencoba untuk menjadi seorang penulis artikel freelance.

Tugas dari seorang penulis artikel freelance adalah  menulis artikel yang nantinya kan diposting di dalam website ataupun blog. Asalkan mau terus belajar, siapapun bisa menjadi penulis artikel freelance ini. Anda hanya dituntut untuk terbiasa menulis dan bisa menyusun artikel tanpa copy-paste.

Anda juga harus menulis artikel sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar. menjadi seorang penulis artikel freelance juga tetap harus memperhatikan kualitas tulisan yang dikerjakan.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mencari lowongan penulis artikel freelance ini yang biasanya disebar melalui situs media sosial atau juga situs lowongan kerja.

11. Menjadi pembuat game dan program online

Hadirnya smartphone Android dan juga Iphone menjadi salah satu peluang yang wajib dimanfaatkan oleh Anda yang punya kemampuan pemrograman.

Saat ini Anda bisa membuat sebuah aplikasi atau game online yang bisa dijual melalui Google Play Store ataupun pada Apple Store.

Peluang jenis pekerjaan ini terbuka lebar bagi Anda yang menyukai dan memiliki bakat di bidang pemrograman.

Saat ini sudah banyak oranng dari luar negeri dan juga bahkan dari Indonesia yang membuat aneka macam game atau aplikasi online untuk smartphone.

Aplikasi biasanya terdiri dari 2 jenis, yaitu versi gratis dan juga berbayar. Aplikasi pro atau berbayar biasanya jauh lebih lengkap dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan yang versi gratis. Dan inilah yang menjadi sumber penghasilan bagi Anda.

12. Jasa Translator

Seiring perkembangan zaman, banyak dokumen yang ditulis dalam bahasa asing. Umumnya dokumen ditulis dalam bahasa Inggris, tapi jika dokumen tersebut adalah bentuk kerjasama bisnis, ada juga yang saat ini ditulis dalam bahasa Mandarin dan/atau bahasa asing lainnya.

Kesempatan dan peluang inilah yang wajib dimanfaatkan oleh  Anda yang bisa berbahasa asing. Anda cukup menawarkan jasa melalui situs online agar jangkauannya luas, bahkan seluruh Indonesia bisa mengetahui jasa Anda.

Jangan salah sangka dulu, menjadi seorang translator bisa menghasilkan banyak uang. Anda pun tak perlu beranjak kemanapun.

Menjadi seorang translator bahkan juga bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga sebagai cara menghasilkan uang dari rumah di mana Anda masih tetap bisa melakukan pekerjaan ibu rumah tangga lainnya.

B. Cara Mendapatkan Uang Melalui Internet Hanya dengan Memanfaatkan Market Place Online

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa cara paling mudah untuk berjualan adalah dengan membuka lapak di market place online yang ada di Indonesia. Ada beberapa market place online di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai rujukan jika Anda benar-benar baru dan ingin segera memulai bisnis penjualan seperti :

1. Lazada Indonesia

Situs jual beli ini menjadi salah satu yang pertama berdiri di Indonesia. Lazada Indonesia merupakansalah satu cabang waralaba dari perusahaan induk lazada Internasional yang sudah membuka layanan market place di seluruh Asia Tenggara.

Di awal mula kehadirannya, semua barang yang dijual dalam situs ini adalah dari pihak Lazada sendiri. Tapi sekarang, Lazada sudah berubah menjadi suatu tempat pasar online yang memfasilitasi banyak pedagang dengan calon pembeli mereka.

Kategori barang yang dijual di Lazada pun sangat beragam. Mulai dari elektronik, baju, perlengkapan rumah tangga, hingga berbagai pernak pernik hiasan dijual di situs Lazada ini. Salah satu hal yang wajib Anda manfaatkan adalah promo gratis ongkos kirimnya dengan pembelian tertentu. Promo ini tentunya sangat disenangi oleh para calon konsumen produk Anda.

2. Tokopedia

Siapa yang tidak kenal dengan Tokopedia. Situs jual beli ini bahkan mengusung jargon “semua ada di Tokopedia”. Situs ini didirikan sejak 6 Februari 2009. Jadi bisa dibayangkan bahwa konsumen bisa menemukan apa saja yang akan dibelinya melalui situs market place ini.

Anda bisa menjual produk Anda melalui Tokopedia ini. Dengan nama besarnya, para pembeli pun tidak akan ragu lagi untuk berkunjung ke Tokopedia dan membeli produk Anda.

3. OLX.co.id

OLX adalah sebuah situs jual beli yang sangat besar di Indonesia. OLX juga berbeda dari situs jual beli lainnya. OLX memiliki sistem hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online. Para penjual menawarkan barang mereka melalui OLX, sedangkan para konsumen mencari barang apa yang mereka inginkan juga dalam situs ini.

Setelah konsumen menemukan apa yang diinginkannya, kemudian Ia bisa menghubungi si penjual dengan kontak pribadi yang telah disediakan pada halaman OLX tersebut. Transaksi kemudian berlaku secara pribadi antara penjual dengan pembeli, dan biasanya mereka akan bertatap muka ataupun berkomunikasi lewat jalur BBM atau WA.

Ada banyak sekali barang yang dijual di OLX ini. Mulai dari barang baru hingga bekas dijual di sini. Anda pun bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual produk Anda. Atau jika Anda punya barang yang tak terpakai, Anda bisa menjualnya ke OLX. Bahkan OLX menjadi satu-satunya situs jual beli barang bekas terbesar dan paling terkenal di Indonesia.

4. Shopee

Aplikasi jual beli Shopee ini banyak digunakan di Indonesia. Salah satu alasan Shopee menjadi begitu terkenal adalah karena program gratis ongkos kirimnya yang pasti sangat dinantikan oleh konsumen.

Jika Anda ingin berjualan, Anda bisa mempertimbangkan untuk bergabung dengan Shopee secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Anda bisa memulai usaha jualan dalam situs ini. Ada berbagai kategori barang yang ditawarkan di Shopee, mulai dari barang fashion, elektronik, perlengkapan rumah tangga, hingga makanan.

5. Elevenia.co.id

Situs ini terbilang masih baru jika dibandingkan dengan situs-situs di atas. Tapi situs Elevenia ini sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu raksasa market place online di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan situs ini untuk menjual produk Anda.

Sistem jualan di Elevenia juga hampir mirip dengan Tokopedia, Lazada, ataupun Shopee. Pihak Elevenia bertugas menyediakan tempat pasar virtual dimana pedagang dan pembeli bertemu. Kemudian transaksi dari pihak pembeli tidak langsung dilakukan dengan pedagang. Tapi pembayaran sepenuhnya ditransferkan kepada pihak Elevenia. Barulah jika barang sudah dikirimkan oleh pedagang, pihak Elevenia akan mentransferkan uang tersebut kepada peddagang.

Sistem ini sangat menguntungkan dan mencegah adanya upaya penipuan jual beli online yang masih saja terjadi. Oleh karena itu, jika Anda bergabung denan market place ini, Anda akan langsung mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena transaksi sudah dijamin sepenuhnya oleh pihak Elevenia.

6. Facebook

Facebook masih menjadi situs media sosial online yang paling banyak digunakan di dunia. Facebook menghubungkan orang dari berbagai belahan dunia dan menghapuskan batas jarak dan waktu. Dan inilah yang akan menjadi market potensial bagi Anda sebagai seorang pengusaha.

Saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan Facebook untuk berjualan. Mereka bahkan bisa sukses dan memiliki banyak sekali pelanggan. Anda juga wajib mencoba situs media sosial ini untuk menjual produk Anda. Tentunya Anda bisa melakukannya secara gratis atau berbayar jika ingin fasilitas yang lebih baik. Cara mendapatkan uang dari facebook ini sangat efektif dan efisien untuk Anda coba.

7. Instagram

Sama seperti facebook, instagram pun aslinya bukanlah sebuah market place. Instagram adalah sebuah situs media sosial dimana para penggunanya bisa membagikan foto ataupun video kepada teman-teman mereka. Tapi tentu saja situs ini kemudian juga dimanfaatkan untuk berdagang.

Anda pun bisa melakukannya. Pilihlah foto produk yang bagus dan menarik, kemudian posting di Instagram dengan keterangan harga, bahan, serta kualitasnya. Ada banyak sekali penjual dan juga toko online yang mengiklankan barang mereka melalui instagram dan berhasil mengumpulkan banyak keuntungan.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang melalui internet. Kini saatnya Anda mulai bisnis menguntungkan dan memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai suatu peluang bisnis yang menjanjikan. Dan tentunya yang harus disadari, mencari uang di internet tak ubahnya dengan mendirikan usaha offline. Perlu kerja keras dan kesabaran untuk bisa mendapat hasil seperti yang diinginkan. Tidak ada yang instan, justru jika Anda mendapat penawaran di internet yang menggembor-gemborkan cara cepat kaya, dan sejenisnya, sudah pasti itu rawan penipuan. Jadi harap berhati-hati.

Karena selain menawarkan banyak peluang, internet juga tempatnya para oknum/penipu berkeliaran mencari mangsa. Sasaran empuk mereka tentu para pengguna internet pemula yang belum berpengalaman. Mereka dengan segala bujuk rayu dan kata-kata manisnya berusaha untuk menjerumuskan dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang cepat.

C. Tips Agar Tidak Tertipu dalam Bisnis Online

Apakah anda pernah punya pengalaman buruk saat menjalankan bisnis online? Saya yakin pasti kebanyakan pebisnis online pernah mengalaminya. Entah itu dalam jumlah yang kecil atau hinggga sampai jutaan rupiah. Nah, tentunya tidak mau kan mengalami hal tersebut? Untuk itu berikut ini, saya akan bagikan beberapa tips agar terhindar dari penipuan berkedok bisnis online. Silakan disimak.

1. Jangan Mudah Percaya.
Ingat, itu adalah poin penting yang harus dilakukan. Tidak percaya disini maksudnya bukan suudzon ya, tapi lebih ke berhati-hati. Tidak boleh langsung percaya. Usahakan saat akan melakukan transaksi, cek dulu profil yang bersangkutan. Cari tahu alamatnya, nomer rekeningnya, dan lain sebagainya.

2. Lihat Cara Kerja atau Sistem Kerjanya
Setiap ditawari kerjasama bisnis, cek dulu bagaimana sistemnya. Masuk akal atau tidak. Intinya, gunakan logika anda untuk menelaah peluang dan prosepeknya. Akan lebih baik jika diskusikan dulu dengan keluarga sebelum memutuskan sesuatu.

3. Hindari Bisnis yang Menjanjikan Untung Besar dengan Cara Instan
Kita harus percaya, jika hasil berbanding lurus dengan kerja keras kita. Jadi pastikan Anda tidak tergiur dengan rayuan penipu online yang menawari cara mendapatkan uang dari internet dengan instan.

4. Berdoa
Langkah terakhir setelah berusaha dengan maksimal tentunya adalah dengan berdoa. Memohon kepada Tuhan agar diberi perlindungan dan kelancaran dalam mencari rezeki yang halal.

Demikian mengenai cara mendapatkan uang dari internet yang sebaiknya Anda ketahui, terutama untuk Anda yang masih pemula bergelut dalam dunia online. Selamat mencoba dan semoga segera mendapatkan kesuksesan dalam menjalankan bisnis online.

0 Komentar 12 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Internet bagi Pemula

Posting Komentar

Back To Top