Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Trik Sukses Bisnis Laundry

Trik Jitu Agar Sukses dalam Menjalankan Bisnis Laundry_Faktor kesibukan merupakan alasan bagi masyarakat yang umumnya tinggal di perkotaan sehingga mereka tidak sempat untuk mencuci sendiri pakaiannya. Khususnya hal ini terjadi pada mereka yang masih single maupun pada mereka yang istrinya merupakan wanita karir.
Trik Jitu Agar Sukses dalam Menjalankan Bisnis Laundry

Dan tentunya kejadian di atas merupakan peluang menguntungkan bagi para pengusaha laundry. Akan tetapi, walau banyak orang yang membutuhkan jasa laundry, tidak menutup kemungkinan sebuah bisnis loundri mengalami kegagalan jika tidak di kelola dengan benar. Untuk itu diperlukan trik atau strategi agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis laundry.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

1. Lokasi Usaha yang Strategis
Ketika menjalankan sebuah bisnis atau usaha, lokasi tempat usaha selalu menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sebelum menggeluti bisnis laundry, Anda harus melakukan survei di mana tempat yang tepat. Misalkan saja di sekitar kampus, kost-kost an atau perumahan yang ramai. Dengan demikian, Anda setidaknya sudah dapat memprediksi bahwa banyak mahasiswa, karyawan ataupun ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan jasa Anda.

2. Hasil Maksimal dengan Waktu yang Optimal
Seperti bisnis lainnya, pelanggan sangat menyukai hasil yang terbaik namun dengan waktu yang cepat. Oleh karena itu, ketika Anda melakukan bisnis laundry ini, Anda harus belajar melakukan pekerjaan dengan cepat namun tidak menurunkan kualitas pekerjaan Anda.

Walaupun keadaan ramai dan banyak pesanan, di sinilah Anda harus belajar memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan me-manage pesanan dengan baik. Jika Anda kewalahan, Anda dapat merekrut karyawan untuk membantu usaha Anda.

3. Gunakan Peralatan dan Produk Cuci yang Tepat
Beberapa peralatan yang mungkin Anda butuhkan ketika membuka usaha laundry adalah mesin cuci, mesin pengering, setrika panas, setrika uap dan yang lainnya. Namun perlu diperhatikan, ada beberapa baju dengan bahan sensitive yang memerlukan perhatian lebih. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan peralatan cuci Anda. Jangan sampai Anda mendapatkan komplain yang dapat merusak image usaha Anda.
Selain itu, gunakan juga produk cuci yang sesuai agar warna pakaian tidak luntur, baunya tidak apek serta dampak negatif lainnya ketika menggunakan produk pencuci pakaian.

4. Kualitas Terbaik
Salah satu cara untuk menghadapi persaingan antar usaha adalah dengan meningkatkan kualitas produksi. Walaupun usaha laundry terkadang dianggap remeh, namun kualitas harus tetap Anda pertahankan dan terus ditingkatkan.

Seperti contoh, jika seAndainya usaha laundry Anda memiliki harga yang lebih murah dibandingkan usaha laundry yang lain namun kualitas cuciannya kurang, tetap saja calon pelanggan akan memilih tempat lain yang menawarkan kualitas yang lebih baik walaupun dengan harga lebih mahal.

5. Pelayanan Ekstra
Dampak lain masyarakat yang sangat sibuk sehingga tidak sempat mengurus cucian rumah adalah tidak sempat juga menjemput hasil cucian laundry. Menyediakan jasa lain dalam usaha laundry Anda seperti layanan Delivery atau antar jemput cucian sangat tepat untuk Anda aplikasikan.

Karena persaingan bisnis laundry ini semakin ketat, Anda dapat menggunakan  pelayanan ekstra ini sebagai terobosan baru untuk mempermudah pelanggan Anda.

6. Pelayanan yang Ramah dan Menyenangkan
Selanjutnya, hal yang harus Anda perhatikan dalam berbisnis adalah membuat pelanggan senang dan puas. Hal ini dapat Anda raih dengan mempuat pelanggan percaya terhadap hasil pekerjaan Anda.

Untuk itu Anda harus memperhatikan unsur kebersihan serta ketepatan waktu yang menjadi stAndar utama kepuasan konsumen pada usaha laundry. Jika Anda mampu membuat konsumen puas terus-menerus, maka sangat mungkin jika mereka akan terus berlangganan dan menjadi pelanggan setia.

Itulah beberapa trik sukses untuk menjalankan bisnis laundry. Trik di atas merupakan trik yang sangat mudah untuk dijalankan, dan semoga dengan membaca ulasan ini, Anda bisa lebih baik lagi dalam menjalankan usaha laundry sehingga usaha yang Anda geluti tersebut bisa cepat berkembang.

 
Back To Top