Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

05/07/17

Tips Membangun Kerajaan Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Karyawan

Tips Membangun Kerajaan Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Karyawan_Banyak  keuntungan menjadi karyawan sekaligus merangkap menjadi pebisnis. Salah satunya yang utama adalah, untuk mendapatkan lebih banyak lagi pemasukan. Dan keuntungan lainnya, bisnis sampingan yang Anda jalankan tersebut bisa menjadi penopang Anda, apabila suatu saat terjadi hal buruk pada perusahaan tempat Anda bekerja, yang menyebabkan Anda harus berhenti.
Namun sayangnya seringkali terjadi, seorang karyawan yang sekaligus membangun suatu bisnis tidak dapat mencapai keuntungan maksimal, karena beberapa alasan. Nah untuk itu, sebaiknya baca dan terapkan tips membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawan di bawah ini. Agar bisnis Anda berjalan lancar dan karir Anda di perusahaan bisa cerah dan terus meningkat.
Tips Membangun Kerajaan Bisnis Sambil Bekerja Menjadi Karyawan

Membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawan

1. Menentukan bisnis yang sesuai dan tepat
Tips pertama adalah dengan menentukan bisnis yang sesuai dan tepat untuk Anda. Bagi Anda karyawan dengan waktu bekerja full time dari pagi hingga petang, maka pilihlah bisnis yang bisa di kerjakan dengan waktu fleksibel sebagai contoh bisnis online shop, menjadi blogger ataupun bisnis waralaba dengan mempekerjakan karyawan.

Bisnis - bisnis tersebut tidak banyak menyita waktu dan bisa juga dikerjakan sambil bekerja sebagai karyawan.

Bagi Anda karyawan part time, tentu saja banyak sekali pilihan bisnis yang bisa dikerjakan karena banyaknya waktu luang.

Namun tetap pilih bisnis yang sesuai dan tepat untuk Anda. Jangan paksakan untuk memilih bisnis yang Anda sendiri tidak begitu menguasai, karena justru akan merepotkan Anda dikemudian hari.

2. Memilih bisnis dengan modal kecil
Tips yang kedua adalah pilihlah bisnis dengan modal kecil. Dalam berbisnis sudah seharusnya dilakukan oleh pelaku bisnis adalah mengolah modal dengan tepat apalagi bagi pemula bisnis. Namun terbatasnya waktu bagi seorang karyawan akan kerepotan dalam mengolah bisnis dengan modal yang besar.

Selain itu mungkin akan menjadi beban pikiran dengan modal besar tersebut dan bisa berdampak pada gagalnya menjadi karyawan ataupun menjadi pebisnis. Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, alangkah baiknya jika memilih bisnis dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

3. Terapkan kedisiplinan
Tips selanjutnya untuk membangun bisnis sambil bekerja bagi karyawan adalah menerapkan kedisiplinan.

Disiplin ini bukan hanya berhubungan dengan waktu. Disiplin yang sesungguhnya adalah mengerjakan apa yang seharusnya dikerjakan, bukan mengerjakan apa yang ingin dikerjakan.

Jadi dalam membangun bisnis sambil bekerja sebagai karyawan sangat diperlukan sikap disiplin. Baik disiplin dalam membagi waktu antara bekerja sebagai karyawan dan sebagai pebisnis, disiplin pada pengolahan keuangan, disiplin dalam mengerjakan tugas karyawan atau tugas pebisnis sampai dengan disiplin terhadap tubuh Anda untuk selalu menjaga kesehatan.

Sikap disiplin yang menjadi kebiasaan akan membantu Anda dalam mencapai kesuksesan menjadi karyawan dan juga menjadi pebisnis.

4. Baca ulang kontrak kerja
Tips keempat ini wajib Anda lakukan. Baca kembali kontrak kerja Anda, apasaja kewajiban dan hak Anda sebagai karyawan. Bagaimana dengan jadwal kerja, hak cuti dan juga hak libur. Dengan membaca ulang kontrak kerja Anda sebagai karyawan, Anda akan bisa mengatur jadwal dan bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi dengan bisnis Anda.

5. Tentukan alasan yang kuat
Menentukan alasan yang kuat merupakan tips selanjutnya untuk memulai bisnis sambil bekerja bagi karyawan. Mengapa Anda ingin memulai bisnis padahal Anda sudah mempunyai penghasilan tetap sebagai seorang karyawan? Alasan yang muncul akan berbeda-beda setiap individu, karena kebutuhan dan keinginannya juga berbeda-beda.

Sebagai contoh penghasilan Anda sebagai karyawan memang sudah cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari, namun Anda ingin memiliki investasi berupa lahan yang bisa digunakan sebagai jaminan masa tua. Dengan hanya berpenghasilan sebagai karyawan, tentunya keinginan memiliki sebuah lahan akan sulit tercapai.

Jadi gunakan alasan yang kuat tersebut untuk mendorong Anda mencapai kesuksesan dalam bekerja sebagai karyawan dan juga menjadi pebisnis. Tanpa alasan yang kuat, sering kali pebisnis merasa jenuh bahkan meninggalkan bisnisnya karena menganggap sudah memiliki penghasilan tetap dari bekerja sebagai karyawan.

Bagi Anda seorang karyawan yang ingin membangun bisnis sambil bekerja, beberapa tips diatas bisa Anda terapkan. Dan selalu ingatlah untuk terus berkomitmen akan bekerja keras saat masih berusia muda. Agar kelak jika sudah berusia senja, Anda tinggal menikmati hasilnya saja. Selamat mencoba.

Back To Top