Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

7+ Tips Jitu Agar Sukses Menjalankan Bisnis Food Truck

Inilah 5 Tips Jitu Agar Sukses Menjalankan Bisnis Food Truck_Melakoni bisnis dibidang kuliner memang bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan. Karena sampai kapanpun, makanan akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Dan sejak tahun 2013 lalu, di Indonesia mulai terdapat trend menjajakan makanan melalui mobil atau biasa disebut food truck. Yang ternyata setiap tahunnya sampai saat ini selalu mengalami peningkatan. Nah bagi Anda yang ingin juga mencoba peruntungan dalam bisnis food truck ini, berikut beberapa tips terbaik yang bisa Anda terapkan.
Tips Sukses Menjalankan Bisnis Food Truck

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Food Truck

1. Pilih Produk Makanan yang Lezat, Mengundang Selera dan Unik
Seperti memulai bisnis kuliner jenis lainnya, tips pertama untuk memulai bisnis food truck ialah menentukan jenis produk makanan apa yang akan dijual. Dan idealnya tentukan produk makanan yang mengundang bisa selera serta juga berilah nama yang unik agar mudah dikenal dan diingat masyarakat luas.

2. Mobil atau Truck yang Unik
Tips yang kedua adalah dengan mempunyai mobil atau truck sebagai media berjualan. Mobil atau truck ini bisa Anda miliki dengan cara membeli sendiri secara tunai atau kredit, dan bisa juga dengan memodifikasi mobil lama. Namun pilihlah mobil atau truck dengan ukuran yang besar karena nantinya mobil atau truck tersebut akan digunakan untuk memasak.

Setelah Anda miliki mobil atau truck maka perlu juga dilakukan dekorasi agar penampilannya lebih menarik.

3. Siapkan Modal
Tips yang ketiga agar sukses menjalankan usaha food truck adalah dengan menyiapkan modal yang cukup. Modal dalam usaha ini tidaklah sedikit bahkan hampir sama dengan membuka rumah makan. Namun bagi Anda yang tidak memiliki modal mumpuni, Anda bisa mengajukan proposal bisnis kepada investor. Atau bisa juga dengan mengajak beberapa teman untuk melakukan kerjasama bisnis dan berbagi saham.

4. Pastikan Makanan yang Dijual Berlisensi
Tips selanjutnya setelah Anda miliki modal yang cukup adalah dengan memahami lisensi usaha ini. Lisensi yang perlu diurus untuk usaha food truck antara lain sertifikat dari departemen kesehatan akan produk yang dijual, izin penggunaan truck dan juga izin parkir. Pengurusan lisensi ini bisa Anda kerjakan sendiri dengan langsung mendatangi kantor pemerintahan.

Dalam memulai usaha food truck, poin ini tidak boleh dilewatkan agar kedepannya usaha Anda bisa berjalan dengan lancar.

5. Jangan Berhenti Promosi
Tips yang kelima adalah promosi. Seunik apapun produk Anda, sebagus apapun dekorasi mobil Anda dan selengkap apapun lisensi usaha Anda, tanpa promosi maka tidak ada yang mengenal usaha Anda tersebut. Jadi lakukan promosi terus menerus.

Promosi yang bisa dilakukan juga bermacam-macam mulai dari banner di pinggir jalan, promosi melalui televisi lokal, atau yang gratis bisa dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media yang bisa Anda gunakan antara lain facebook, twitter, instagram, BBM, Whatsapp dan juga Line. Promosi gratis melalui sosial media tersebut terbukti menghasilkan banyak pengunjung karena penggunanya di Indonesia sangatlah banyak.

6. Bergabung dengan Asosiasi Pedagang
Tips sukses selajutnya adalah bergabung dengan asosiasi pedangan makanan lainnya. Dengan bergabung dalam asosiasi pedangan lainnya, maka Anda akan mendapatkan banyak ilmu untuk mengembangkan bisnis Anda. Dan juga berpeluang untuk bisa mendapatkan referensi konsumen. Jangan kawatir akan bertemu dengan kompetitor. Jika produk Anda unik tentunya akan bisa bersaing dalam dunia bisnis food truck.

7. Perhatikan Kebersihan
Tips ketujuh adalah dengan memperhatikan kebersihan. Seperti halnya ketika Anda memasuki rumah makan, pasti hal pertama yang Anda perhatikan adalah kebersihan di sekitarnya. Nah ini juga belaku pada bisnis food truck. Jika Anda menjual makanan dengan menggunakan kemasan, maka sediakan juga tempat sampah di depan truck Anda untuk membuang plastik kemasan dari konsumen.

8. Pahami Risiko Bisnis
Tips sukses berbisnis food truck selanjutnya adalah memahani risiko bisnis. Setiap bisnis selalu memiliki risiko termasuk bisnis food truck. Jika Anda memahami risio bisnis ini, maka Anda bisa meminimalis risiko kegagalan dengan mengantisipasi hal buruk yang kemungkinan terjadi.

Beberapa tips di atas bisa Anda terapkan agar bisa sukses menjalankan bisnis food truck. Selamat mencoba.

0 Komentar 7+ Tips Jitu Agar Sukses Menjalankan Bisnis Food Truck

Posting Komentar

Back To Top