Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Pilih Investasi Tanah atau Apartemen?

Investasi Tanah atau Apartemen_Investasi menjadi salah satu cara orang urban untuk memanfaatkan kekayaannya. Banyak macam investasi yang dapat digunakan untuk mengelola uang, selain mendapatkan keuntungan, beberapa investasi properti dapat mengurangi angka pengangguran karena memanfaat kan orang untuk direkrut. Sebelum mulai menjalankan investasi semua orang pasti mempertimbangkan modal dan keuntungan yang dapat dikantongi. Pembahasan kali ini adalah tentang investasi tanah dan apartemen. Manakah yang lebih dipertimbangkan?
Pilih Investasi Tanah atau Apartemen?

A. Faktor yang mempengaruhi harga jual investasi

Dalam investasi tanah ataupun investasi apartemen, pertimbangkan dahulu 2 dari beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga jual investasi tersebut, yaitu:

1. Faktor keamanan
Faktor keamanan dalam suatu tempat harus diperhatikan, maksud keamanan disini adalah aman atau bebas dari wilayah banjir, tanah longsor dan juga tidak rawan kejahatan. Walaupun kejahatan bisa terjadi dimana saja, namun keadaan lingkungan yang aman atau dibawah kondusif akan mengurangi resiko tersebut.

2. Faktor lokasi
Faktor lokasi  menjadi faktor yang utama, dimana para investor seharusnya memilih tempat yang strategis untuk memilih investasi tanah maupun apartemen.

Lokasi yang strategis bisa dibilang tempat yang dekat dengan fasiltas umum seperti rumah sakit, sekolah, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, sekolah hingga tempat yang dapat dilewati transportasi umum 24 jam.

Setelah kedua faktor tersebut sudah terpenuhi maka dapat diperkirakan usaha investasi Anda terbilang baik.

Walaupun begitu, beberapa calon investor masih bingung manakah yang lebih menguntungkan bagi mereka antara investasi tanah atau apartemen. Maka dari itu mari simak ulasan kedua investasi tersebut.

B. Investasi tanah
Sekarang mulai banyak tanah yang dianggurkan oleh pemilik mulai diaktifkan lagi dimana para pemilik mulai menjual tanah mereka. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan investasi tanah

1. Kelebihan investasi tanah
  • harga tanah cenderung murah dari pada harga rumah atau apartemen. 
  • ketika Anda membeli tanah, Anda tidak perlu biaya perawata dimana artinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.
  • harga tanah semakin tahun semakin mahal, keuntungan bisa diambil sampai 20% per tahun, semakin strategis tempat yang And pilih semakin banyak keuntungan. 
2. Kekurangan investasi tanah
  • tidak semua bank bisa melayani kredit kepemilikan tanah.
  • sulit untuk menyewakan tanah apalagi apabila berada di komplek perumahan.
  • tanah susah dijual atau kurang liquid dimana maksudnya banyak orang yang masih berpikir dua kali untuk membeli tanah apalagi dengan luas tanah yang sagat luas.
C. Investasi apartemen
1. Kelebihan investasi apartemen
  • beberapa harga apartemen tipe studio lebih murah dari pada rumah tipe 45.
  • fasilitas lebih lengkap dibandingkan rumah.
  • apartemen selalu memiliki tempat yang strategis sehingga apartemen lebih banyak diperlukan.
  • apartemen lebih liquid dibandingkan tanah atau rumah.
2. Kekurangan investasi apartemen
  • jumlah jaminan apartemen lebih rendah.
  • tidak bisa mendekorasi sesuai keinginan, hanya bisa mendesain interior saja.
  • biaya bulanan rutin lebih tinggu dibandingkan rumah.
Demikian ulasan tentang investasi tanah dan investasi apartemen. Mana yang lebih Anda pilih sebenarnya bergantung pada kebutuhan Anda. Apabila investasi tanah lebih mempermudah Anda maka cobalah untuk menjalankan investasi tanah, begitu pula sebaliknya. Semoga bermanfaat.
Back To Top