Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Pengertian E-Marketing dan Contohnya

Pengertian E-Marketing dan Contohnya_Pada zaman sekarang sudah banyak bisnis melalui internet yang menggiurkan. Dan tentunya terdapat beberapa hal untuk mengembangkannya. Seperti misalnya, dengan melakukan e marketing. E-marketing atau yang lebih populer dengan sebutan Internet marketing merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan obline atau berseluncur di internet yang mengacu pada iklan dan juga upaya pemasaran dengan menggunakan website dan email dengan satu tujuan, untuk meningkatkan penjualan melalui perdagangan melalui media elektronik.
Pengertian e Marketing dan Contohnya
Jadi bila dalam bahasa mudahnya adalah sebuah teknik pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Pada era digital seperti ini internet marketing dirasa lebih ampuh dari pada melakukan promosi melalui media tradisional lain seperti koran, baliho, radio atau majalah dan yang lainya.

Karena biaya untuk internet marketing lebih murah dari pada pemasaran dengan media lain dan dengan keuntungan target yang lebih baik.

A. Contoh E-marketing atau Internet marketing
1. Web Marketing
Web marketing merupakan teknik menggunakan website sebagai medianya, ada banyak contoh untuk teknik memasarkan dengan media website ini. Seperti contohnya adalah sebuah situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali.
Ciri khusus web inii adalah tampilannya yang simpel atau hanya satu kolom saja yang membuat Anda fokus pada artikel inti di dalam website.

2. Email Marketing
Seperti namanya, email marketing dilakukan dengan media email. Namun walau terdengar tidak terlalu populer dari marketing lain, email marketign ini adalah salah satu media promosi online terbaik. Mengapa bisa dikatakan terbaik? Karena email merupakan salah satu media online yang memunyai sifat private. Sehingga pemasasran menggunakan email bisa di katakan sebagai penawaran esklusif.

3. Sosial Media Marketing
Cara ini merupakan cara yang paling populer dan paling digemari oleh para marketer dalam memasarkan produk mereka. Karena mungkin dala melakukan promosi biayanya cukup murah dan bsia dikerjakan dengan manual.

Media sosial yang sudah menjamur kesemua elemen masyarakat menjadi suatu kekuatan tersendiri dalam promosi online ini. Banyak orang dari segala umur menggunakan media sosial membuatnya menjadi media paling populer untuk promosi online.

B. Alat untuk Melakukan E-Marketing
Dalam melakukan internet marketing tentunya ada peralatan yang digunakan, namun tentun saja tidak semuanya bisa dilakukan dengan cara gratis. Berikut adalah tools yang bisa dicoba dengan Cuma-Cuma:

1. Web Optmization Tools
Untuk menunjang kinerja website Anda, bisa dengan menggunakan open site explorer untuk meningkatkan SEo blog Anda. Anda juga bisa menggunakan google analytic untuk mengecek aktivitas blog dan google trends untuk mencaritahu apa yang sedang tren di dalam negara  untuk menjadi bahan blog Anda.

2. Email Marketing tools
Ada beberapa cara untuk melakukan promosi menggunakan email. Gunakan mailchimp untuk mengirim ratusan email secara otomaitis ke subcriber, atau hemingway untuk membantu Anda melakukan penawaran yang menarik.

3. Social Management Tools
Anda dapat menggunakan tools ini untuk mengelola akun media sosial Anda walaupun Anda memiliki akun dengan jumlah yang banyak.

a. Tweepi : menyediakan fitur otomatis untuk twitter.
b. Hootsuite : tool untuk management semua media sosial.
c. Bitly : untuk memendekkan URL dan memantau jumlah klik.

C. Startegi Internet Marketing
Dalam melakukan bisnis internet marketing juga membutuhkan strategi agar bisa berhasil. Berikut adalah strategijitu untuk melakukannya.

1. Membuat komunitas Online
Untuk menjual produk, buatlah komunitas yang berhubungan dengan tema dari produk Anda.

2. Melakukan Survei
Carilah hal-hal mengenai produk dan layanan seperti apa yang konsmen butuhkan.

3. Promosi
Lakukan promosi secara halus dengan membagikan informasi yang bermanfaat yang ujungnya menyarankan untuk membeli produk Anda.

Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan e marketing yang bisa Anda pelajari atau sekedar untuk menambah wawasan Anda.

0 Komentar Pengertian E-Marketing dan Contohnya

Posting Komentar

Back To Top