Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

10 Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru dan PNS

10 Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru dan PNS_Menjadi pegawai seperti guru maupun pegawai negeri sipil memang memiliki keuntungan tersendiri. Tersedianya gaji tetap tiap bulan dan berbagai tunjangan seperti tunjangan pensiun dan tunjangan anak dan istri adalah beberapa keuntungan menjadi pegawai.  Tapi adanya berbagai tunjangan tersebut belum tentu mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Ditambah lagi melonjaknya harga kebutuhan pokok seakan-akan membuat pendapatan yang diterima terasa selalu kurang. Ada baiknya kini Anda mulai melirik melakukan usaha sampingan di samping pekerjaan tetap yang Anda miliki.
Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru dan PNS

Sebagai bahan pertimbangan untuk menambah penghasilan sekaligus mempersiapkan masa pensiun, berikut ini ada 10 peluang usaha sampingan bagi guru dan PNS yang bisa dilakukan tanpa mengganggu jam kerja Anda.

1. Membuka Usaha Kursus Memasak
Jika Anda seorang guru pelajaran keterampilan memasak, anda bisa mencoba jenis usaha yang satu ini. sebagai permulaan batasi peserta kursus agar tidak terlalu banyak sehingga anda tidak kewalahan saat membimbing peserta kursus satu per satu. Kegiatan ini bisa dilakukan saat akhir pekan atau setelah jam kerja usai.

2. Membuka Usaha Kursus Musik
Usaha ini cocok dilakukan bagi Anda yang hobi bermusik atau berprofesi sebagai guru musik di sekolah. Jika anda memiliki alat-alat musik, Anda juga bisa menyewakan alat musik tersebut saat acara-acara istimewa.

3. Membuka Usaha Les Privat
Jika Anda ingin melakukan usaha ini, mulailah menawarkan jasa Anda ke lingkungan sekitar Anda. Anda bisa menawarkan untuk mengajar satu mata pelajaran terlebih dahulu. Usaha ini bisa dilakukan dengan sistem siswa datang ke rumah guru atau guru yang mendatangi rumah siswa.

4. Menjadi Fotografer Paruh Waktu
Bagi Anda yang memiliki bakat atau berpengalaman di bidang fotografi bisa mencoba menjadi fotografer paruh waktu. Anda bisa menawarkan jasa fotografi pernikahan, foto produk, foto keluarga atau usaha cetak foto. Mulailah untuk menawarkan jasa ini ke teman dekat atau tetangga Anda.

5. Menjual Makanan Ringan
Usaha menjual makanan ringan atau camilan ini bisa Anda lakukan setelah pulang dari kantor atau ketika akhir pekan. Sebagai langkah awal mulailah dalam skala kecil. Jika jumlah penjualan sudah mulai meningkat, Anda bisa menyewa beberapa karyawan untuk membantu memproduksi dan memasarkan produk Anda.

6. Menjalankan Usaha Ternak
Jika memiliki waktu luang, Anda bisa mulai memelihara hewan ternak sebagai usaha sampingan. Usaha ternak seperti memelihara ayam potong dan petelur, jangkrik, ikan, sapi atau kambing bisa Anda pilih. Jika kewalahan dalam mengurus hewan ternak, Anda bisa menyewa karyawan untuk merawat ternak tersebut saat Anda sedang bekerja.

7. Menjadi Petani Sayuran
Jangan malu untuk bercocok tanam sayuran. Menjadi petani sayuran seperti petani jamur atau sayuran organik bisa menambah penghasilan anda jika dilakukan dengan sabar dan telaten. Selain itu, sayuran ini juga bisa anda konsumsi sendiri sehingga bisa menghemat biaya berbelanja.

8. Menjadi Penjual Pulsa
Peluang usaha menjadi penjual pulsa masih terbuka lebar karena setiap orang yang memiliki handphone pasti membutuhkan pulsa. Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak harus menyewa ruko atau membuat kios karena usaha ini bisa dilakukan sambil bekerja asalkan Anda memiliki handphone yang bisa digunakan untuk bertransaksi. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan pada rekan kerja atau tetangga sekitar rumah.

9. Menjalankan Usaha Keagenan
Usaha keagenan seperti agen Oriflame, agen asuransi atau Sophie Martin merupakan usaha keagenan yang tidak memerlukan modal yang besar. Usaha ini bisa Anda jalankan tanpa untuk harus mendirikan tempat usaha atau menyewa tempat usaha sehingga bisa lebih menghemat biaya usaha.

10. Menjadi Blogger
Menjadi blogger bisa Anda lakukan di waktu luang Anda. Buatlah tulisan mengenai hal-hal yang Anda sukai dan kuasai secara rutin. Kemudian buat blog Anda agar bisa menghasilkan uang dengan mengikuti program adsense atau pay per click.

Semoga ulasan tentang 10 Peluang Usaha Sampingan bagi Guru dan PNS di atas bisa menginspirasi bagi Anda yang menginginkan pendapatan tambahan maupun yang sedang mempersiapkan masa pensiun. Selamat mencoba.

0 Komentar 10 Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru dan PNS

Posting Komentar

Back To Top