Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

9+ Peluang Usaha Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil Untung Gede

9+ Peluang Usaha Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil Untung Gede_Memulai suatu bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk mahasiswa. Ketika masih menjadi mahasiswa, kita masih memiliki waktu luang yang cukup banyak sehingga bisa diisi dengan membuka bisnis sendiri. Selain bisa menambah uang saku, bisnis yang dilakukan bisa dilanjutkan saat kita selesai kuliah nanti. Jika dana yang Anda miliki terbatas, berikut ini ada beberapa contoh peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil.
Peluang Usaha Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil
Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Mahasiswa 

1. Membuka Usaha Foto dan Video
Saat ini kegiatan fotografi bisa dilakukan lebih mudah dan lebih murah. Dengan kamera handphone saja kita sudah bisa mengambil foto yang indah. Jika menginginkan kamera yang lebih tangguh, kita bisa membeli kamera baru maupun kamera bekas atau menyewa kamera untuk melakukan pemotretan.

Sebagai permulaan Anda bisa menawarkan jasa pemotretan saat acara wisuda di kampus atau menawarkan jasa pemotretan melalui media sosial.

2. Berjualan Pulsa Tronik dan Kartu Internet
Untuk memulai bisnis ini, awalnya Anda tidak perlu menyewa kios atau menggunakan etalase. Anda bisa menjual kartu internet maupun pulsa secara langsung dari orang ke orang. Rekan-rekan sekampus, teman satu kos-kosan bisa menjadi target penjualan kartu internet ini.

3. Menawarkan Jasa Penerjemah Bahasa Asing
Bisnis ini cocok bagi Anda yang kuliah di jurusan sastra bahasa asing atau pernah mengambil kursus bahasa asing. Anda bisa melakukan usaha ini sebagai freelance secara online atau menawarkan jasa penerjemahan buku atau makalah kuliah.

4. Membuka Usaha Desain Grafis
Jika Anda menguasai penggunaan software pengolah grafis seperti Photoshop dan Coreldraw, Anda bisa mencoba usaha desain grafis ini. Sebagai permulaan, Anda bisa menawarkan pembuatan desain untuk produk seperti desain website, desain kaos, mengedit foto dari rekan-rekan sekampus

5. Membuka Jasa Pembuatan Website
Jasa pembuatan website bisa dikatakan merupakan bisnis yang sangat berpotensi. Hampir setiap perusahaan atau instansi memerlukan jasa pembuataan website. Usaha ini cocok dilakukan oleh mahasiswa jurusan komputer atau mahasiswa yang menguasai bahasa pemograman untuk membuat website seperti PHP atau ASP.

6. Berjualan Aplikasi Game
Jika Anda termasuk orang yang hobi bermain game dan mengoleksi berbagai game, Anda bisa menggunakan hobi Anda untuk menghasilkan uang. Anda bisa menawarkan jasa copy game kepada rekan sekampus. Semakin banyak game yang Anda miliki, maka semakin banyak pilihan yang tersedia bagi pelanggan Anda.

7. Membuka Jasa Servis Laptop dan PC
Hampir setiap mahasiswa pasti memiliki laptop atau pc. Hal ini membuat peluang untuk membuka jasa servis laptop dan pc semakin terbuka lebar. Jenis usaha ini cocok bagi mahasiswa elektro atau mahasiswa teknik komputer yang mengetahui seluk beluk perangkat laptop maupun pc. Anda bisa memulai usaha ini dengan memperbaiki laptop rekan satu kos-kosan atau rekan satu kampus.

8. Menawarkan Jasa Penitipan Hewan Peliharaan
Usaha jasa penitipan hewan sebaiknya dilakukan secara bersama-sama. Ajaklah sesama rekan yang menyukai dunia hewan dan bantu promosi menggunakan media sosial maupun selebaran kampus. Biasanya usaha ini akan laris pada saat libur kuliah atau libur Lebaran.

9. Menjadi Reseller Produk Online Shop
Usaha yang satu ini biasa dilakukan secara online menggunakan media sosial maupun website untuk promosi. Dengan menjadi reseller produk online shop, Anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk tersebut sementara pengiriman produknya dilakukan langsung oleh supplier.

10. Menawarkan Jasa Pengiriman Barang
Jika Anda memiliki kendaraan dan handphone, anda bisa melakukan usaha pengiriman barang ini. Syarat yang tidak kalah penting yaitu Anda harus sangat mengenal wilayah tempat Anda tinggal. Jasa yang Anda tawarkan bisa berupa menjemput anak sekolah, jasa mengantar makanan, mengantar laundry maupun mengantar dokumen.

Itulah 10 peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil. Semua usaha di atas selain bisa menambah penghasilan, juga bisa menambah pengalaman. Selain bisa dilakukan saat kuliah maupun setelah lulus kuliah.
Back To Top