Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Peluang Usaha yang Masih Jarang di Indonesia

Peluang Usaha yang Masih Langka di Indonesia_Kondisi usaha di Indonesia saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai industri kreatif pun mulai banyak bermunculan. Mulai dari yang berbasis toko offline maupun online. Usaha yang ditawarkan pun bermacam-macam, seperti makanan, fashion, hingga jasa. Meskipun begitu, maraknya jenis usaha yang ada, tidak menyurutkan kreatifitas dan inovasi yang tercipta dari anak bangsa untuk memberikan sesuatu yang baru dan unik setiap waktunya.
Peluang Usaha yang Masih Langka di Indonesia

Nah, jika Anda ingin memulai usaha namun masih ragu dan bingung kira-kira usaha apa yang akan dipilih, berikut ada beberapa peluang usaha yang masih jarang ada namun sebenarnya berprospek sangat bagus di Indonesia. Penasaran usaha apa saja itu? Yuk, disimak!

1. Bisnis Cleaning Service Panggilan
Selain olahan makanan, bisnis yang satu ini mungkin bisa Anda jadikan pilihan usaha karena masih cukup jarang ada di Indonesia. Target pasar dari bisnis ini adalah para pekerja yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membereskan rumah dan malas menyewa asisten rumah tangga. Anda juga bisa melirik kantor atau tempat usaha yang tidak memiliki jasa cleaning service.

Selain itu, jasa ini juga bisa ditawarkan pada mereka yang akan pindahan atau terkena musibah banjir. Meskipun masih tergolong baru, Anda harus cermat memberikan ide unik pada bisnis ini.

Tips memulai usaha
Memulai usaha cleaning service panggilan mengharuskan Anda memperhatikan hal-hal berikut:

a. Lakukan riset 
Sebelum memulai usaha, lakukanlah riset untuk menentukan pasar yang bisa dijadikan konsumen jasa yang Anda sediakan. Tentukan wilayah pasar Anda misalkan di daerah Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan lain-lain agar bisnis jasa Anda bisa berjalan dengan optimal.

b. Rekrut tenaga kerja
Karena ini adalah bisnis jasa, rekrutmen tenaga kerja menjadi hal yang sangat utama. Jika sembarangan, takutnya akan memberikan imej yang buruk terhadap bisnis Anda. Pastikan orang yang Anda rekrut tidak akan pernah mencuri di salah satu tempat klien Anda, karena kredibilitas usaha Anda bisa terhenti kalau hal ini terjadi

c. Buat website dan akun media sosial
Untuk menjalankan bisnis ini, cara tepat untuk memulainya adalah dengan memberikan promosi jasa via online. Buat website dan akun media sosial dengan konten yang seunik mungkin. Selain itu, tawarkan berbagai promo yang mampu menarik pengguna jasa.

d. Hitung secara rinci modal dan pemasukan
Jika sudah siap menjalankan usaha ini, Anda harus mempersiapkan perhitungan yang matang soal dana yang keluar dan masuk. Sebab, Anda tidak hanya menjalankan bisnis ini sendiri, tetapi dengan beberapa orang yang menjadi cleaning service.

2. Bisnis Bengkel Panggilan
Selain cleaning service panggilan, bisnis bengkel panggilan pun bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan. Meningkatnya populasi kendaraan di Indonesia bisa Anda lirik sebagai peluang usaha.

Walaupun tak sedikit tempat service yang telah ada, peluang bisnis ini masih tetap berprospek tinggi. Bayangkan saja jika ada orang yang mengalami kendaraannya mogok di tempat yang jauh dari lokasi bengkel, bisnis bengkel panggilan ini bisa menjadi solusinya. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha ini.

Tips Memulai Usaha Bengkel Panggilan

a. Lakukan riset 
Lakukan riset untuk menentukan konsumen yang akan dijadikan target pasar. Untuk bisnis bengkel panggilan, konsumen yang paling menjanjikan adalah para pekerja yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk pergi ke bengkel. Jika Anda bisa memberikan jasa yang memuaskan, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi langganan bengkel panggilan Anda. Selain itu, keadaan darurat di jalanan yang jauh dari tempat service kendaraan.

b. Rekrut tenaga kerja
Seperti pada umumnya usaha yang menjual jasa, rekrutmen adalah hal yang krusial. Dalam bisnis ini, Anda harus merekrut tenaga montir yang berpengalaman dan usahakan berada di berbagai wilayah. Misalnya, Anda ingin meraih mangsa pasar area Jabodetabek, maka Anda sebaiknya memiliki tenaga montir yang tersebar di masing-masing wilayah.

c. Siapkan alat bengkel
Karena ini adalah bisnis bengkel, maka yang harus disiapkan adalah alat-alat bengkel. Selain itu, persiapkan juga spare part yang sering dibutuhkan dalam keadaan darurat, contohnya aki, busi, fan belt, dan lainnya, serta aksesoris kendaraan seperti kaca film, alarm, audio, dan sebagainya. Usahakan yang memiliki kualitas bagus agar pelayanan yang diberikan bisa optimal dan tidak menghabiskan dana untuk pembelian alat yang baru.

d. Buat media pemasaran
Sebagai media promosi dan memperkenalkan jasa, Anda harus membuat website profesional dan akun media sosial seperti Facebook, BBM, Whatsapp, Line, dan sebagainya. Tak hanya itu saja, Anda juga menjadikan media cetak seperti flyer yang kemudian dipasang di jalanan yang jauh dari bengkel sebagai media. Jangan lupa pikirkan konsep konten yang kreatif sehingga akan menarik pengguna jasa bengkel ini.

3. Bisnis Salon Muslimah
Maraknya para wanita yang menggunakan hijab saat ini, ternyata bisa menciptakan banyak peluang usaha. Mulai dari bisnis hijab, aksesoris, dan lain-lain. Nah, salah satu usaha yang masih tergolong jarang dan memiliki prospek yang tinggi terkait dengan hal ini adalah salon muslimah.

Bagi beberapa kaum hawa yang berjilbab dan tetap ingin tampil cantik, terkadang masih kesulitan dalam mencari salon khusus yang memungkinkan untuk tidak memperlihatkan auratnya ke orang yang bukan muhrim. Hal ini tentunya bisa Anda lirik sebagai bisnis yang menjanjikan. Untuk memulai usaha ini, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut.

Tips Memulai Usaha Salon Muslimah

a. Lakukan riset 
Terlebih dahulu, lakukan riset untuk menentukan mangsa pasar bisnis ini. Pastikan berada di area yang padat penduduk muslim, misalnya kampus, kompleks, dan sebagainya.

b. Sediakan tempat usaha
Untuk jasa salon muslimah, tempat usaha adalah hal penting yang harus dipersiapkan. Jika tidak memiliki tempat sendiri, Anda bisa menyewa ruko yang berlokasi strategis. Selain itu, konsep penataan salon pun harus diperhatikan. Interior yang menarik dan nyaman serta menjaga aurat konsumen merupakan kunci dari bisnis ini.

c. Rekrut tenaga kerja
Pastikan Anda merekrut pekerja yang memang ahli di bidangnya. Misalkan ahli potong rambut, ahli perawatan wajah dan tubuh, ahli rias, dan lainnya. Tak hanya itu saja, rekrutlah karyawan yang memiliki kepribadian yang ramah dan sopan.

d. Siapkan alat salon
Sama seperti bisnis salon pada umumnya, Anda tentunya harus menyiapkan peralatan salon dan kecantikan. Misalnya, kursi dan cermin rias, alat menicure dan pedicure, hingga produk facial. Untuk lebih menarik minat konsumen, Anda bisa menawarkan penggunaan produk-produk kecantikan halal yang kini telah banyak beredar di pasaran.

e. Buat media pemasaran
Untuk usaha salon muslimah ini, media promosi yang paing efektif adalah media online. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, BBM, Whatsapp, Line, dan lainnya. Buatlah konten yang sekreatif mungkin sehingga para konsumen akan tertarik untuk menyambangi salon Anda.

Nah, itulah beberapa jenis peluang usaha yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis di tahun ini yang lebih cenderung pada bisnis jasa. Tertarik dengan salah satunya? Ayo, jangan takut untuk memulai!

Back To Top