Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Peluang Bisnis Rempah-Rempah

Peluang Bisnis Rempah-Rempah_Seperti yang kita tahu, negeri ini merupakan penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Dan bahkan karena alasan itulah, pada zaman dahulu, nenek moyang kita di jajah oleh bangsa asing. Namun terlepas kisah kelam yang di alami bangsa kita dulu akibat rempah-rempah ini, yang pasti sekarang ini, rempah-rempah merupakan salah satu penggerak perekonomian kita.
Peluang Bisnis Rempah-Rempah

Nah, apabila Anda saat ini sedang merencanakan untuk melakukan usaha bisnis rempah-rempah, berikut ini kami bagikan ulasan mengenai berbagai jenis rempah-rempah yang biasanya bernilai jual tinggi, berikut juga kekurangan kelebihannya. Selain itu, kami juga akan bahas, bagaimana cara jitu memasarkan produk tersebut.

A. Jenis Produk Rempah-Rempah 

1. Rempah basah
Yang dimaksud dengan rempah basah adalah bahan rempah yang tanpa melalui proses pengolahan atau yang melalui pengolahan dengan menggunakan cairan. Seperti misalnya yang kerap kali kita temui di pasaran adalah rempah-rempah yang di olah menjadi bumbu jadi siap masak, yang berwujud basah.

Rempah jenis ini tidak membutuhkan pengolahan yang sulit dan bahkan ada yang tanpa melalui proses olahan. Waktu yang di gunakan untuk persiapan penjualan pun lebih sedikit. Namun tentunya jenis ini ada kelemahannya, yaitu tidak tahan lama.

2. Rempah kering
Jika rempah basah diolah dengan cairan, rempah kering diolah dengan menghilangkan cairan yang terkandung di dalam rempah tersebut. Pengolahannya bisa dengan pengeringan manual menggunakan sinar matahari, dapat juga disangrai, atau melalui mesin.

Keunggulan rempah kering adalah lebih tahan lama di bandingkan rempah basah, dan masih memiliki tekstur asli rempah. Sedangkan kekurangannya adalah dari segi pengolahannya yang membutuhkan waktu lama kecuali melalui mesin.

3. Rempah bubuk
Rempah bubuk adalah bentuk pengolahan dari rempah basah yang di keringkan lalu di haluskan. Kelebihan dari rempah jenis ini adalah lebih praktis dan disukai oleh para pecinta sesuatu yang instan. Namun, rempah ini juga memiliki kekurangan, yakni waktu pemrosesan yang cukup panjang serta tekstur asli rempah tidak tersisa karena telah di buat menjadi serbuk/bubuk.

Di antara ketiga jenis produk rempah tersebut, yang  paling inovatif dan bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan adalah jenis rempah bubuk. Kenapa? Karena masyarakat indonesia saat ini mulai bergeser ke budaya yang menyukai sesuatu yang simpel, instan, dan tidak ribet. Meskipun begitu, bahan natural tanpa zat kimia tetap menjadi pilihan utama konsumen.

B. Tips Memulai Bisnis Rempah-Rempah

1. Lakukan riset
Sebelum menekuni usaha di bidang ini, Anda harus melakukan riset untuk menambah pengetahuan terkait rempah-rempah dan cara pengolahannya yang benar. Selain itu, Anda juga harus mencari tahu bagaimana minat pasar, kira-kira rempah apa yang menjadi favorit sebagian besar masyarakat.

2. Pilih beberapa opsi 

Setelah menjalankan riset di masyarakat, Anda bisa membuat beberapa opsi yang terbaik.

a. Tentukan jenis rempah yang akan diproduksi
Dari opsi yang dibuat, Anda harus menentukan fokus produk. Apa yang akan diproduksi, jenis rempah yang bagaimana, dan sebagainya.

b. Siapkan estimasi rincian dana
Melakoni bisnis rempah ini, dalam skala yang cukup besar, memang memerlukan dana yang tidak sedikit. Bahkan, ada yang bermodal hingga ratusan juta demi membuka usaha ini. Jadi, Anda harus benar-benar detail dalam menuliskan rincian dana.

C. Berbagai Contoh Ide Bisnis Bisnis Rempah-Rempah yang Menjanjikan
Cengkeh, jahe, ketumbar, pala, kunci, laos/lengkuas, kunyit, kencur, kayu manis, jinten hitam, serai, kemiri, daun salam, kluwek, daun pAndan, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, kapulaga jawa, merica, lada, ketumbar, bangle, jinten, asam kandis, kencur, asam jawa, cabai dan masih banyak lagi jenis rempah lainnya yang juga berpotensi menguntungkan saat di geluti.

D. Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rempah-Rempah 
Jika sudah memulai produksi, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memasarkannya. Berpikirlah seunik, se-kreatif, dan se-inovatif mungkin. Sebab, Anda tentu tak mau jika produk Anda, yang sudah menghabiskan dana yang besar tersebut tidak laku di pasaran. Nah, agar produk Anda mendapat respon yang positif di pasaran, silahkan simak mengenai tips sukses bisnis rempah-rempah berikut ini.

1. Kwalitas produk
Dalam bisnis apapun, kwalitas produk merupakan pertimbangan utama konsumen, mengapa mereka mau menawar/membeli produk Anda. Jadi, pastikan produk yang Anda jual merupakan produk yang berkwalitas.

2. Kemasan produk
Dari mata turun ke hati. Jika tampilan produk telah sesuai stAndart pasar dan termasuk kategori kekinian, maka dijamin produk Anda akan laku keras. Cukup dengan membuat kemasan dan nama produk yang unik serta dengan bantuan fotografi yang oke, produk rempah Anda akan berpotensi semakin laris manis.

3. Konten promosi
Tak hanya tampilan produk, isi promosi pun harus mengandung bahasa yang unik serta sedikit sentuhan humor. Anda bisa mencari referensi di internet atau bisa menggunakan jasa penulis konten.

4. Intensitas promosi produk
Sudah memiliki tampilan dan konten promosi yang keren, Anda hanya perlu meningkatkan intensitas promosi. selain dengan melakukan promosi offline, dengan menyebar kartu nama, brosur dan lain sebagainya, Anda juga bisa memasarkan produk Anda melalui media internet atau online. Anda bisa membuat website khusus atau bisa juga dengan menawarkannya melalu media sosial. nah, selamat mencoba dan semoga bisnis rempah-rempah Anda menjadi sukses!!!

Demikian tentang Ide Usaha Bisnis Rempah-Rempah. Semoga bermanfaat.

Back To Top