Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Peluang Usaha Jualan Bakso dan Mie Ayam

Peluang Usaha Jualan Bakso dan Mie Ayam_Makanan apa ya yang kira-kira cocok untuk setiap suasana, kalangan, waktu dan cuaca? Iya, benar,,,bakso dan mie ayam adalah jawabannya. Bagaimana tidak? Menu yang ini memang membumi dan bisa disantap kapan saja. Untuk sarapan di pagi hari, bisa. Untuk pengganjal perut di siang dan malam hari pun bisa. Dan tentunya banyak sekali kita temukan para pebisnis yang menggeluti usaha kuliner ini yang bisa di bilang telah berhasil/sukses.
Peluang Usaha Jualan Bakso dan Mie Ayam

Peluang Bisnis Jualan Bakso dan Mie Ayam di Indonesia
Peluang usaha bakso dan mie ayam saat ini pastinya masih terbuka sangat lebar.  Bagi Anda yang ingin memulainya, tidak perlu ragu sebab makanan khas Indonesia yang telah medunia ini tidak akan pernah lekang oleh waktu dan akan selalu menjadi makanan favorit bagi setiap orang.

Hampir setiap daerah di Indonesia, baik desa ataupun kota pasti memiliki tempat kuliner ini. Dan herannya, warung yang menjual menu ini biasanya selalu ramai. Namun, dengan semakin menjamurnya tempat-tempat tersebut, tentunya persaingan semakin ketat. Tapi tenang, Anda tak perlu pesimis/khawatir, karena ada beberapa trik dan tips dalam menjalankan bisnis jualan bakso dan mie ayam yang bisa diterapkan agar berpotensi sukses dan terus berkembang.

Langkah-Langkah dalam Menjalankan Bisnis Jualan Bakso dan Mie Ayam
Meskipun sudah banyak tersebar tempat makan yang menawarkan menu bakso dan mie ayam, peluang usaha ini ternyata masih tetap tinggi. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis ini. Berikut tips khusus untuk Anda supaya sukses dalam berjualan bakso dan mie ayam ini. Silahkan disimak!

A. Lokasi Tempat Berjualan
Lokasi menentukan prestasi, begitupun dengan berjualan bakso dan mie ayam. Jika Anda ingin memulai usaha ini, tentunya tempat yang dipilih harus strategis agar barang dagangan Anda laris manis. Ada beberapa lokasi yang cocok untuk berjualan makanan merakyat yang ini.

1. Di sekitar sekolah atau kampus
Lokasi di sekitar sekolah dan kampus merupakan area yang paling strategis untuk berjualan bakso dan mie ayam karena setiap harinya anak sekolah dan mahasiswa seringkali nongkrong atau jajan bersama-sama. Itulah mengapa banyak yang berdagang di sekitar lingkungan sekolah atau kampus.

2. Di area terminal atau stasiun
Lokasi selanjutnya adalah daerah terminal atau stasiun. Tempat tersebut memang selalu ramai lantaran banyak penumpang yang rata-rata berasal dari tempat yang jauh. Selain itu, tidak sedikit para pekerja di terminal dan stasiun juga tumpah ruah disana.

Nah, banyaknya lalu lalang manusia di pusat transportasi ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang lokasi bisnis. Biasanya, setelah melewati perjalanan yang panjang, kebanyakan dari mereka akan langsung mencari tempat makan untuk mengatasi rasa lapar.

3. Di depan pabrik atau sekitar perkantoran
Area pabrik atau perkantoran juga bisa dijadikan tempat yang strategis untuk berjualan bakso dan mie ayam. Sebab, kebanyakan dari para karyawan lebih suka untuk jajan di luar kantin kantor untuk sekaligus mencari udara segar dan melepas kepenatan dalam ruangan.

4. Di sekitar pasar
Pasar juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendirikan bisnis ini. Selain karena ramai orang yang ada di pasar, makanan sejenis bakso dan mie ayam memang pas untuk dinikmati di tengah riuhnya kondisi pasar yang biasanya panas.

Selain tempat-tempat tersebut, Anda juga bisa memilih untuk menjualnya  dengan cara berkeliling menggunakan gerobak ke lokasi padat penduduk seperti perkampungan atau perumahan.

B. Rasa yang Enak
Tidak hanya lokasi, rasa juga menentukan sukses tidaknya penjualan. Dengan rasa yang enak, Anda akan mampu menarik minat pembeli dan bahkan mereka akan datang sendiri tanpa harus susah-susah menawarkannya. Lalu, bagaimana cara membuat bakso dan mie ayam yang rasanya oke punya? Cukup mudah kok!

Jika Anda ingin sesuatu yang praktis, Anda bisa membuat adonan bakso dan mie dengan menggunakan mesin. Selain bisa menghemat waktu, bentuknya pun terjamin rapid an seragam. Namun, untuk membeli mesin pencetak bakso dan mie, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Oleh karena itu, para pemula lebihdisarankan untuk membuatnya secara manual. Selain karena modal yang lebih sedikit, dengan membuatnya menggunakan tangan secara langsung juga bisa menambah keahlian Anda.

Untuk menjaga kualitas rasa dari dagangan Anda, pastikan untuk tidak terpengaruh pada bahan baku. Anda bisa menyiasati kenaikan bahan pokok dan bumbu rempah-rempah dengan cara mengurangi jumlah porsi atau menaikkan harga. Ingat, jangan sampai mengurangi kualitas bahan yang digunakan lho.

C. Jual Varian Bakso dan Mie Ayam yang Menarik
Banyaknya warung serta restoran yang berjajar menjajakan bakso dan mie ayam mengharuskan Anda untuk berinovasi dengan ide-ide kreatif yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lainnya. Anda bisa memilih menawarkan beragam varian bakso, seperti bakso urat, bakso mercon, bakso nuklir, bakso rudal, bakso jumbo, bakso ikan atau cemilan seperti bakso goreng, bakso bakar dan masih banyak lagi. Atau bisa juga dengan mie ayam jamur, mie ayam seafood, mie ayam hijau, dan sebagainya. Selain itu perpaduan antara mie ayam dan bakso yang sering disebut Mie Ayam Bakso juga tidak kalah menarik dan larisnya.

Dengan banyaknya ragam bakso dan mie ayam yang ada, Anda harus menyelipkan sesuatu yang unik dan membuat orang penasaran, serta orang yang telah mencicipinya tak sabar ingin berkunjung lagi ke tempat Anda. Anda juga bisa menciptakan nama yang out of the box dan bisa membuat produk dagangan Anda menjadi bahan perbincangan banyak orang. Tentunya rasanya juga harus maknyus!

D. Lakukan Promosi
Dalam berbisnis, promosi adalah hal yang paling penting. Selain lokasi, tempat, serta varian produk yang dimiliki, Anda harus rajin melakukan promosi bisnis Anda agar dikenal oleh banyak orang. Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari cara konvensional dari mulut ke mulut, hingga yang paling efektif adalah menggunakan media sosial seperti Facebook, BBM, Whatsapp, Line, dan lainnya. Selain gratis, Anda juga bisa dengan mudah merebut perhatian netizen.

Unggahlah foto-foto bakso dan mie ayam yang Anda jual lengkap dengan harga dan alamat. Selain itu, tambahkan konten kreatif untuk menarik pembeli dengan membuat video atau caption yang kekinian.

Berapa Modal Yang Di Butuhkan?
Nah, mudah kan untuk meraih sukses berjualan bakso dan mie ayam? Untuk modal, Anda juga tidak memerlukan biaya yang terlalu besar untuk memulainya. Estimasi hitungan awalnya untuk modal berjualan bakso dan mie ayam sebagai berikut:
  • Modal Gerobak / Rombong: 1.500.000
  • Modal Bahan Baku: 750.000
  • Modal Peralatan Makan: 250.000
  • Modal Lain-lain: 250.000
  • Total Modal: Rp 2.750.000
Asumsi modal ini untuk yang berjualan keliling atau Anda juga bisa berjualan di depan rumah bila belum memiliki modal untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Beberapa orang telah sukses menjalani usaha ini, meskipun tergolong usaha kecil tetapi ada yang bahkan mampu membuka cabang dan menjadikan produk dagangannya sebagai produk franchise. Bagaimana? Tertarik ingin mencoba?.
Back To Top