Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

26/04/17

Peluang Usaha Frozen Food (Makanan Beku)

Peluang Usaha Frozen Food atau Makanan Beku_Jenis makanan frozen food atau yang sering disebut dengan makanan beku kini mulai populer dan menjadi favorit di kalangan masyarakat, terlebih masyarakat perkotaan. Selain rasanya yang enak, makanan ini juga sangat mudah dan praktis, dalam memprosesnya. Jadi sangat efisien dan dapat menghemat waktu bagi ibu-ibu yang sibuk. Kelebihan lain dari frozen food ini adalah masa simpannya yang lama. Sebab, asal selalu dalam freezer maka kwalitasnya tidak akan berubah.  Aneka jenis makanan frozen food ini sangat banyak, mulai dari baso, pempek, otak-otak, nugget kaki naga dan masih banyak lainnya.
Peluang Usaha Makanan Beku

Peluang Usaha Frozen Food (Makanan Beku)
Rutinitas memasak memang menyenangkan apalagi jika memasak untuk seluruh keluarga. Akan tetapi di zaman modern ini tidak sedikit ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan yang cukup menyita waktu, layaknya suami.

Sehingga ini membuat pilihan menu jatuh pada makanan yang praktis dan mudah untuk dimasak.

Nah, inilah yang menjadi peluang usaha frozen food atau makanan beku sangat berprospek/terbuka lebar.

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan dalam jangka panjang, pasalnya produk frozen food atau makanan beku ini bukan melulu untuk makanan orang kaya saja.

Namun, berbagai makanan yang ada, sangat digemari oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Menariknya adalah Anda tidak perlu memiliki perusahaan yang besar untuk dapat terjun ke dalam bisnis ini.

Produk olahan ini dapat dibuat dengan alat seadanya yang ada di rumah Anda.

A. Point Penting Sebelum Memulai Bisnis Makanan Beku
1. Pengertian Tentang Proses Produksi
Pelajari dengan seksama proses pembuatan makanan beku ini mulai dari proses paling awal yaitu pemilihan bahan hingga proses pengolahan, pengemasan dan penyimpanan.

Dengan begitu maka Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa nanti usaha yang akan Anda jalankan.

2. Menentukan Jenis Produk Olahan Frozen Food
Produk frozen food apa yang akan Anda produksi. Ada banyak pilihan olahan frozen food mulai dari daging hingga buah-buahan.

Dengan banyaknya produk olahan yang telah beredar, maka sebaiknya Anda membuat produk Anda memiliki ciri khas tersendiri dan membedakan dengan produk olahan lainnya.

3. Pilih Bahan-Bahan Berkwalitas
Gunakan bahan-bahan pilihan untuk membuat frozen food Anda, sehingga produk Anda terjamin kwalitasnya dan konsumen yang puas akan kembali membeli produk Anda.

4. Gunakan Kemasan yang Menarik
Buatlah kemasan yang menarik namun tetap praktis.

Kemasan produk merupakan faktor penarik konsumen, dengan kemasan yang unik maka itu akan memudahkan pembeli untuk mengenali produk Anda dan kembali membelinya karena kualitasnya juga terjaga.

5. Tentukan Target Pasar
Tentukan target pasar yang seluas-luasnya untuk produk frozen food yang Anda produksi.

Tidak disarankan untuk membuat produk olahan Anda terlihat menarik hanya untuk kalangan konsumen tertentu.

6. Memperluas Promosi
Manfaatkan semua yang ada disekitar Anda sebagai fasilitas dan media promosi bagi produk Anda.

7. Terus Berinovasi
Jangan lupa untuk selalu membuat inovasi-inovasi baru seiring dengan waktu agar produk Anda tidak kalah saingan dengan produk frozen food yang lainnya.

B. Analisa Modal Usaha Frozen Food
Berikut ini adalah analisa modal awal yang kecil/produksi skala kecil atau rumahan yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Walaupun terlihat sepele, akan tetapi jika ditekuni secara terus menerus maka akan berpotensi untuk menjadi bisnis yang besar.

Simulasi ini dibuat dengan asumsi pendapatan Rp. 700.000 dari sekali produksi.
1. Modal Awal:
  • Bahan Baku:Rp 200.000,00
  • Bahan Bakar/Gas: Rp 30.000,00
  • Kemasan: Rp 50.000,00
  • Lain-Lain: Rp 50.000,00
  • Total: Rp 330.000,00
2. Biaya Produksi 
  • Bahan Baku:Rp 200.000,00
  • Bahan Bakar/Gas: Rp 30.000,00
  • Kemasan: Rp 50.000,00
  • Lain-Lain: Rp 50.000,00
  • Total Biaya Produksi: Rp 330.000,00
3. Keuntungan
  • Pendapatan Rp.   700.000
  • Laba Bersih Rp.   370.000
Namun laba tersebut adalah analisa kasar. Dan bisa saja hasilnya bisa berbeda. Intinya, pengeluaran tambahan Anda akan bertambah untuk gaji pekerja akan tetapi kuota jumlah produksi dan waktu yang dibutuhkan untuk produksi Anda juga akan bertambah.

C. Kendala yang Mungkin Terjadi dalam Bisnis Frozen Food

1. Pemasaran
Kendala ini seringkali dialami oleh pengusaha yang baru menjalankan bisnis ini. Oleh sebab itu selain pemasaran secara langsung atau perorangan, sebaiknya Anda juga menggunakan sosial media dan fasilitas toko online yang kini semakin menjamur.

2. Persaingan
Dengan semakin banyaknya permintaan pasar terhadap produk olahan frozen food ini maka akan semakin menarik para produsen-produsen baru dengan berbagai merek yang digunakan.

Salah satu cara jitu untuk mengakali hal ini adalah dengan berinovasi dan terus mencari tahu tentang produk seperti apa yang diinginkan konsumen.

D. Strategi Sukses Usaha Makanan Beku 

1. Kenali Produk Anda
Yang harus Anda perhatikan adalah sifat dan masa simpan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat frozen food tersebut.

Ketika harga beberapa bahan baku sedang murah di pasaran, maka Anda dapat membeli dengan kuantitas yang lebih banyak namun dengan tetap memperhitungkan jumlah kebutuhan Anda akan bahan dasar tersebut agar tidak kadaluarga dan terbuang.

2. Pelajari Proses Pengolahan
Pahami benar tentang teknik pengolahan dan penyimpanan jenis frozen food yang akan Anda produksi.

Perlu dipertimbangkan juga mengenai distribusi produk Anda terutama untuk luar pulau.

Selain produk harus tetap terjaga faktor higienisnya, prosedur pengiriman dan waktu yang diperlukan dalam perjalanan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

3. Jangan Takut dengan Kompetisi
Dengan prospek yang sangat baik dalam jangka panjang, tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda akan memiliki banyak saingan.

Namun, tidak perlu takut karena kuncinya ada di kualitas produk yang selalu terjaga dengan baik dan inovasi-inovasi baru yang menarik, sehingga para pelanggan Anda akan tetap setia dengan produk Anda.

4. Lakukan Promosi
Selalu lakukan promosi tentang produk Anda di berbagai media.

Dengan banyaknya sosial media yang ramai digunakan orang maka Anda bisa menyebarkan informasi mengenai produk Anda tersebut dan dapat dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Selain itu mengikuti pameran dan bazaar juga disarankan akan tetapi perlu diperhatikan apakah event tersebut baik dan menguntungkan untuk produk Anda atau tidak.

5. Pastikan Produk Anda Aman 
Yang terakhir dan sangat penting untuk diingat adalah pastikan produk Anda aman untuk dikonsumsi dan memiliki nilai lebih seperti mengandung berbagai vitamin maupun zat-zat penting lainnya bagi tubuh.

Namun akan lebih baik jika Anda telah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan setempat dan juga setifikasi Halal dari MUI.

Setelah itu Anda dapat melengkapi jaminan produk Anda berkualitas dengan mendapatkan izin dari BPOM atau yang juga dikenal dengan MD.

Demikian tentang peluang usaha frozen food atau makanan beku, di mana usaha ini bisa mulai dijalankan andaipun dengan modal yang pas-pasan. Nah, apakah Anda juga menjadi tertarik untuk menekuni bisnis ini?. Semangaat berbisnis makanan beku, semoga sukses.

0 Komentar Peluang Usaha Frozen Food (Makanan Beku)

Posting Komentar

Back To Top