Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Cara Bisnis Cuci Helm

Peluang Bisnis Cuci Helm_Seiring bertambah pesatnya jumlah kendaraan sepeda motor, maka jumlah orang yang memiliki helm pun juga semakin banyak. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah helm bisa dua kali lipat atau lebih dibandingkan dengan jumlah sepeda motor di Indonesia yang sudah begitu banyaknya. Nah, jika Anda jeli melihat kondisi tersebut, tentunya membuka jasa pencucian helm merupakan pilihan yang cerdas. Karena tentunya, kebanyakan orang malas atau ada juga yang tidak mengetahui caranya, hingga bertahun-tahun helmnya tak pernah dicuci. Dan sangat besar kemungkinan, jika Anda menawarkan jasa pencucian helm dengan biaya yang hanya beberapa ribu saja, akan banyak yang berminat dengan tawaran tersebut. Dan itu tentunya merupakan ladang bisnis buat Anda.
Peluang Bisnis Cuci Helm

A. Beberapa Peralatan Standar yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis Cuci Helm.
Ketika Anda memiliki keinginan untuk terjun menggelti usaha ini, Anda harus mempersiapkan beberapa peralatan stAndar yang dibutuhkan untuk memulai bisnis cuci helm ini, yaitu:

1. peralatan khusus (jika Anda memiliki modal yang cukup banyak)untuk mencuci helm, seperti alat pengering helm, dll
2. bahan pembersih helm,
3. meja dan kursi untuk tempat administrasi pelayanan pembayaran klien.
4. Rak untuk meletakkan helm klien

Selain beberapa peralatan di atas, bisnis cuci helm ini juga membutuhkan lokasi bisnis. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk mendirikan usaha ini, tentunya Anda juga harus mempertimbangkan biaya sewa tempat yang nantinya harus Anda keluarkan. Selain lokasi, Anda juga harus memperhitungkan biaya untuk menggaji karyawan untuk memudahkan Anda menjalankan bisnis ini.

B. Analisa Bisnis Cuci Helm
Analisa bisnis berikut ini dibuat dengan mengasumsikan bahwa Anda membutuhkan biaya sewa tempat untuk mendirikan usaha ini. Adapun untuk meja, kursi, dan rak di asumsikan dengan memakai apa yang sudah Anda miliki.

Harga jasa cuci per helm misalnya  Rp 15.000

1. Modal cuci per helm (wet clean)
  • Sabun cuci: Rp.824,-
  • Listrik dan Air: Rp. 1.450,-
  • Total modal per helm (wet clean): Rp. 2.274,-
2. Modal cuci per helm (dry clean)
  • Sabun cuci: Rp.2.024,-
  • Listrik dan Air: Rp. 725,-
  • Total modal per helm (dry clean): Rp. 2.749,-
Laba kotor untuk cuci per helm Rp 15,000 - Rp 2,749 = Rp 12,251

Dalam sehari misalnya ada 20 helm yang dicuci,

Maka pendapatan kotor dalam 1 bulan (belum termasuk sewa dan karyawan) untuk usaha cuci helm ini adalah: Rp 12,251 x 600 helm = Rp 7,350,600

Catatan: helm yang dicuci selama 1 bulan = 20 x 30 = 600 helm

Pendapatan bersih yang Anda dapatkan
= pendapatan kotor - sewa tempat - gaji karyawan

= 7,350,600 - Rp 1,000,000 - Rp 1,000,000

= Rp 5,350,600

C. Tips Sukses Bisnis Cuci Helm
Ada beberapa tips sukses yang bisa Anda terapkan untuk memperlancar bisnis cuci helm Anda. Beberapa tips tersebut yaitu:

1. Pilihlah lokasi yang strategis untuk menjalankan bisnis cuci helm
Lokasi bisnis memiliki pengaruh yang kuat dalam meramaikan bisnis yang Anda jalani. Lokasi yang strategis dapat membuat bisnis Anda banyak didatangi orang. Oleh karena itu pilihlah lokasi yang memiliki potensi yang besar serta memudahkan konsumen untuk mendatangi tempat Anda, seperti di pinggir jalan raya, atau di dekat fasilitas umum yang ramai dikunjungi orang.

2. Promosikanlah bisnis cuci helm Anda
Dalam mengenalkan usaha cuci helm yang sedang Anda jalankan, ada baiknya Anda melakukan promosi, baik promosi aktif dengan cara menyebarkan brosur atau promosi pasif via website dan media sosial.

3. Pertahankan pelayanan yang maksimal untuk konsumen Anda
Pelayanan terbaik dari tempat Anda bisa membuat konsumen tetap setia percaya pada bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu pertahankanlah pelayanan Anda. Jangan sampai mengecewakan konsumen Anda. Bersikaplah lapang dada atas segala masukan atau saran yang disampaikan oleh konsumen. Anggaplah itu semua cara untuk meningkatkan kualitas bisnis yang Anda jalankan.

4. Belilah peralatan dari supplier yang bisa diandalkan
Ketika Anda menjalankan bisnis cuci helm ini, tentunya Anda akan mendapatkan banyak tawaran dari supplier peralatan cuci helm, seperti deterjen sikat, mesin pengering, dll. Pilihlah supplier yang dapat dipercaya dan dapat Anda Andalkan.

Namun disini jangan sampai Anda hanya mengAndalkan satu supplier saja. Bandingkanlah di antara beberapa supplier yang bisa flexibel. Jadi ketika ada barang yang tidak dapat barang yang Anda perlukan, Anda bisa mencari di supplier lainnya.

D. Kendala yang Harus di Hadapi Oleh Pebisnis Jasa Cuci Helm 
Meski memiliki prospek yang tinggi, namun agaknya usaha cuci helm masih dipAndang sebelah mata oleh beberapa orang. Ada sejumlah alasan yang membuat mereka enggan untuk mencucikan helm mereka. Mereka tidak sabar menunggu saat proses pencucian helm berlangsung.

Proses pencucian helm yang baik memang membutuhkan waktu tunggu yang tidak singkat, setidaknya untuk mencuci helm yang benar dan hasilnya maksimal harus melalui beberapa proses yaitu mencopot isi perlengkapan helm, mencucinya, mengeringkannya, kemudian mengembalikan isi helm ke tempatnya.Nah karena keengganan masyarakat yang tidak sabar menunggu tersebutlah, yang lantas kebanyakan enggan dan mengabaikan kebersihan helmnya.

Perlu diketahui jika mencuci helm merupakan suatu hal yang penting, yang bukan hanya sedap di pAndang, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena helm yang tidak dicuci dalam jangka waktu yang lama. akan menimbulkan berbagai masalah seperti bau yang tidak sedap di kepala, bisa menimbulkan beberapa permasalahan rambut, seperti ketombe, gatal akibat jamur, dan masih banyak lagi yang lainnya..

Untuk itu, ketika Anda berniat terjun menggeluti usaha ini, maka tugas Anda adalah menyampaikan kondisi di atas kepada konsumen. Pesan tersebut tidak harus Anda sampaikan secara langsung, namun bisa saja lewat spanduk yang menjadi motto bisnis Anda, seperti :
Jika ingin rambut sehat, maka cucilah helm 3 bulan sekali dan cucilah di tempat kami. Pelayanan cepat dan harga terjangkau 
Nah, demikian informasi mengenai berbagai hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda berniat menjalankan usaha jasa pencucian helm. Jangan patah semangat dan tetaplah konsisten dalam menjalankan usaha Anda. Semoga bermanfaat..

Back To Top