Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Peluang Bisnis Cafe Ice Cream

Peluang Bisnis Cafe Ice Cream_Ice Cream merupakan kudapan nikmat yang memiliki banyak penggemar. Mulai dari anak balita hingga kakek-kakek menyukai kudapan dingin nan manis ini. Dengan besarnya peminat terhadap kuliner ini, tak heran jika bisnis cafe ice cream hingga kini masih sangat menjanjikan. Walaupun modal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini tidaklah kecil namun besarnya modal yang di keluarkan sangat sebanding dengan potensi keuntungan yang didapat.
Peluang Bisnis Cafe Ice Cream

Dan menariknya lagi, tidak seperti bisnis di bidang kuliner lainnya yang beresiko merugi saat barang tidak cepat laku, eskrim tak mengenal kata basi. Asal berada di dalam mesin pendingin maka bisa tahan sampai berhari-hari bahkan berbulan-bulan (tergantung bahan dasar yang di gunakan). Dan meski saat ini pesaing dalam bisnis sejenis cukup menjamur, namun karena pangsa pasarnya yang luas, serta minim resiko., maka usaha di bidang ini masih sangat menggiurkan dan layak di tekuni.

A. Jenis-Jenis Ice Cream
Buat yang ingin menggeluti bisnis eskrim maka wajib memahami jenis-jenis dari kudapan ini. Meski memiliki banyak varian, namun pada dasarnya jenis ice cream hanya ada 2 macam yaitu:

1. Soft Ice Cream
Soft ice cream merupakan ice cream yang terbuat dari susu. Ice cream ini biasanya disebut softmix yang diolah dengan menggunakan Ice Cream Mechine. Mesin inilah yang bisa membuat softmix tersebut mengembang hingga menjadi ice cream. Jika Anda ke mall Anda pasti pernah mendengar ice cream cone. Nah, itu merupakan salah satu jenis ice cream ini.

2. Hard Ice Cream
Jika Anda pernah mendengar merek ice cream diamond atau walls, maka es krim itulah yang masuk dalam jenis ice cream ini. Es krim jenis ini sebenarnya dapat kita buat sendiri karena pembuatannya dapat dilakukan tanpa menggunakan mesin. Teksturnya pun sama lembutnya, namun ketika di bekukan di freezer, ia akan bisa menjadi keras. Es krim jenis ini juga bisa diolah kembali menjadi menu lain seperti es krim panggang, es krim goreng, rujak es krim, banana es krim, dan variasi menu lainnya.

B. Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis Cafe Ice Cream
Setelah mengetahui jenis ice cream di atas, maka berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda berniat terjun memulai bisnis cafe ice cream.

1. Lokasi yang Strategis
Lokasi yang strategis tentunya bisa menjadi daya tarik sendiri untuk memperlancar bisnis yang Anda jalankan. Lokasi strategis disini adalah lokasi yang memudahkan akses pengunjung untuk menemukan cafe ice cream Anda. Beberapa tempat strategis tersebut di antaranya adalah di pinggiran jalan raya, di dekat kampus, di dekat pusat perbelanjaan, di dekat tempat wisata, di dekat perkantoran, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Sesuaikan jenis ice cream yang dijadikan menu dengan modal yang ada
Dua jenis ice cream di atas bisa menjadi gambaran Anda untuk memilih ice cream jenis manakah yang ingin Anda sajikan di daftar menu cafe Anda. Apakah salah satu di antara dua jenis tersebut ataukah dua-duanya. Jika Anda memiliki kendala modal, sebaiknya Anda memilih jenis hard ice cream agar tidak menguras kantong Anda untuk modal awal membeli mesin ice creamnya.

Jika sudah menetapkan pilihan, maka sesuaikan menu ice cream Anda dengan harga kantong pengunjung yang nantinya diperkirakan akan sering mengunjungi cafe Anda. Jangan ragu untuk membuat menu Andalan cafe dengan nama yang unik untuk menarik minat pengunjung untuk mencobanya.

3. Pelayanan yang memuaskan
Hal lain yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan sebuah usaha adalah mampu memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan Anda. Dengan pelayanan yang memuaskan, maka cafe Anda akan memberi kesan yang baik di hati pelanggan dan tak mebuatnya ragu untuk memutuskan datang kembali ke cafe ice cream Anda nantinya.

4. Lakukan Promosi untuk Menarik Pengunjung
Dalam rangka mengenalkan usaha yang Anda jalankan, maka sebaiknya Anda perlu melakukan promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan membagikan brosur atau pun mengenalkannya lewat media sosial. Anda juga bisa memberikan diskon untuk event tertentu yang dapat menarik pelanggan untuk mengunjungi cafe Anda.

C. Analisis Bisnis Cafe Ice Cream (Hard Ice Cream)
Ketika Anda ingin menjalankan sebuah usaha, maka salah satu hal penting yang harus Anda lakukan untuk mengontrol kestabilan usaha Anda adalah dengan melakukan rancangan analisis anggaran biaya. Anggaran inilah yang nantinya dapat membantu Anda untuk mengetahui modal awal yang di perlukan dan perkiraan keuntungan yang nantinya dapat Anda raih.

Nah, berikut ini adalah contoh rancangan analisis anggaran biaya cafe ice cream yang dibuat dengan anggaran yang paling minim. Anggaran ini nantinya dapat Anda kembangkan dengan menyesuaikan menu cafe yang diinginkan.

1. Biaya Investasi Cafe Ice Cream
  • Freezer kapasitas 200 liter 1 buah: 2.500.000
  • Mixer 1 buah: 500.000
  • Cukil rata 1 buah: 5.000
  • Baskom Besar 1 buah: 30.000
  • Plastik wadah es krim: 10 box 60.000
  • Sekop es krim 1 buah: 30.000
  • Piring 12 buah: 180.000
  • Gelas 12 buah: 108.000
  • Sendok 12 buah: 10.000
  • Meja panjang konsep lesehan 2 set 300.000
  • TOTAL: 3.723.000
2. Bahan Baku Cafe Ice Cream
  • Bubuk Es Krim Aneka Rasa 12 kg: 960.000
  • 400 biji cup+tutup+sendok es krim:180.000
  • TOTAL: 1.140.000
3. Modal yang dibutuhkan
Jadi total biaya yang di butuhkan untuk membuka bisnis cafe ice cream ini adalah:
3.125.000 + 598.000 + 1.140.000 = Rp. 4.863.000,-

4. Keuntungan yang di dapatkan
Perhitungan rata-rata untuk 1 kg serbuk es krim + 2 liter air = 90 cup (80ml).
Harga jual per cup adalah Rp. 7000
Total harga jual 90 x 7000 = Rp. 630.000

Modal untuk 1 kg serbuk ice cream =
  • 1 kg serbuk Ice Cream : Rp. 90.000,-
  • Cup + sendok : Rp. 11.480,-
  • Listrik : Rp. 10.000,-
  • Air : Rp. 2.000,-
  • Total : Rp. 113.000,-
Dari perhitungan di atas maka untung yang di dapatkan untuk per kg serbuk ice cream adalah
= Harga jual – Modal = 630.000 – 113.000 = Rp. 517.000,-

Karena stok yang dianggarkan untuk 12 kg es krim maka untung yang di dapatkan hingga stok habis adalah Rp. 517.000,- x 12kg =  Rp. 6.204.000

Jika dibandingkan dengan modal awal yang dibutuhkan maka jumlah keuntungan di atas sudah mampu untuk menutupi biaya modal, bahkan mampu meraih keuntungan. Namun tentunya angka di atas tidaklah menguikat, bisa jadi beberapa harga yang tercantum, di lokasi Anda berbeda harganya. Entah itu bisa lebih murah atau lebih tinggi. Dan untuk meminimalisir lagi pengeluaran modal Anda bisa mencari freezer bekas yang masih layak pakai.

Demikian tentang informasi seputar peluang bisnis cafe ice cream yang di harapkan bisa untuk Anda jadikan menjadi gambaran, dalam melakukan pertimbangan. Semoga sukses.

0 Komentar Peluang Bisnis Cafe Ice Cream

Posting Komentar

Back To Top