Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Macam-Macam Investasi Property dan Penjelasan Detail mengenai Kekurangan serta Kelebihannya

Macam-macam investasi property dan penjelasan detail mengenai kekurangan serta kelebihannya_Saat ini, usaha properti merupakan salah satu sarana bisnis yang paling bersinar dikalangan masyarakat. Telah tercatat bahwa dalam beberapa tahun ini usaha properti dapat menjadi investasi yang memiliki nilai kembali sangat tinggi jika dibandingkan dengan investasi logam mulia bahkan saham. Usaha properti ini semakin melonjak tinggi karena tingkat kebutuhan akan perumahan di negara kita ini juga relatif besar. Menurut data terakhir, Indonesia masuk dalam  golongan kurangnya hunian. Jadi, dapat dikatakan bahwa masih banyak masyarakat di tanah air yang belum terpenuhi dalam hal tempat tinggal, yaitu kuarang lebih minusnya sekitar 15 juta rumah. Tentu angka ini mengalami lonjakan yang meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk dewasa.  Oleh sebab itu, investasi tanah saat ini menjadi suatu pilihan investasi dengan prospek yang sangat baik.
Macam-Macam Investasi Property dan Penjelasan Detail mengenai Kekurangan serta Kelebihannya

Macam-Macam Investasi Properti

Investasi properti dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu investasi rumah, tanah, dan apartemen. Dalam setiap macamnya, investasi tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan dan memilih investasi properti, sebaiknya Anda  mempelajari sifat dari masing-masing jenisnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai usaha properti.

1. Investasi Rumah
Investasi rumah mungkin bisa menjadi pilihan tepat bagi anda. Sebab rumah merupakan sarana yang diminati oleh keluarga dengan jangka waktu yang panjang, jika dibandingkan dengan apartemen ataupun tanah.

Rumah biasanya harus memiliki lahan atau tempat yang lebih luas serta akses tempat parkir yang lebih mudah. Rumah juga akan diperlukan jika Anda menginginkan ruang tambahan di masa depan. Faktor yang satu ini tentu sangat penting bagi pasangan muda yang hendak memiliki anak.

Investasi rumah dapat dikatakan cukup menguntungkan apalagi jika rumah Anda berlokasi di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Yogyakarta. Karena Anda dapat mengontrakkan rumah tersebut kepada mereka yang membutuhkan.

Jelas hal itu menjadi usaha yang sangat prospek, mengingat banyaknya perantau yang membutuhkan tempat tinggal sementara di kota-kota besar seperti Yogyakarta, dan sebagainya.

2. Investasi Tanah
Investasi tanah merupakan sebuah investasi yang paling menguntungkan, sama seperti emas dengan adanya bukti anti inflasi. Karena alasan itulah investasi tanah selalu dipilih oleh mereka, khususnya para orang tua pada zaman dahulu.

Selain itu, investasi tanah juga sangat menguntungkan karena tidak memerlukan perawatan khusus, apalagi jika tanah Anda terletak di lokasi yang strategis, sehingga kenaikkan harganya dapat berlipat-lipat setiap tahunnya.
Namun, para investor tanah juga tetap harus memerhatikan lahan mereka dari waktu ke waktu. Sebab, tanah sering dipakai oleh pihak lain untuk keperluan macam-macam apabila tidak terdapat pengawasan.

3. Investasi Apartemen
Mungkin saat ini investasi apartemen sedang naik daun ketimbang investasi tanah khususnya di indonesia. Biasanya harga permeter persegi dari unit apartemen akan lebih tinggi dari rumah dengan lokasi dan fasilitas yang lebih lengkap.

Memiliki apartemen di lokasi yang strategis juga dapat menjadi sumber passip income yang produktif bagi bagi Anda karena dapat memberikan banyak keuntungan jika disewakan.

Namun kekurangan dari apartemen ini adalah luas lahannya yang sangat kecil jika dibandingkan dengan rumah. Kemudian biaya air, internet, dan  listrik juga tergolong lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah. Selain itu, apartemen akan memiliki nilai transaksi yang lebih rendah dari pada rumah apabila ditabungkan di Bank.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan saat berinvestasi property 

a. Lokasi Apartemen
Apabila anda memutuskan untuk melakukan investasi properti, baik tanah, rumah, ataupun aparteman, ada hal yang perlu Anda perhatikan yakni lokasi. Faktor tersebut sangat penting karena sebagai penentu tingkat kenaikkan likuiditas dari investasi anda.

b. Fasilitas di Sekitar Apartemen
Selain faktor tersebut, Anda juga mesti jeli memperhatikan rencana tata kota dimasa yang akan datang dan adanya fasilitas yang terdapat disekitarnya. Adanya rencana pembangunan pusat perbelanjaan atau akses baru di sekitar lokasi apartemen, dapat menaikkan investasi properti Anda.

Bagaimana apakah Anda siap untuk berinvestasi properti? Semoga bermanfaat.

0 Komentar Macam-Macam Investasi Property dan Penjelasan Detail mengenai Kekurangan serta Kelebihannya

Posting Komentar

Back To Top