Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Investasi Tanah atau Deposito?

Investasi Tanah atau Deposito?_Rata-rata orang sekarang berburu tanah kosong untuk dibeli, ini lah terjadi kebanyakan orang-orang sekarang mulai menjalankan investasi untuk simpanan di masa depan. Banyak macam-macam properti untuk di investasi. Namun dari beberapa investasi, manakah yang lebih menguntungkan dan menjamin modal Anda kembali? Pembahasan kali ini adalah mana yang lebih menguntungkan untuk Anda, investasi tanah atau deposito? Sebenarnya hampir semua investasi sama-sama menguntungkan, hanya ada yang mendapatkan untung lebih dan ada yang mendapat untung kecil.
Investasi Tanah atau Deposito?
A. Investasi tanah
Setiap investasi pasti memerlukan perhitungan, semakin lama semakin besar keuntungan yang didapat. Begitu pula dengan investasi tanah. Ada beberapa hal kekurangan dan kelebihan investasi tanah yang dapat memperhitungkan skala ekonomi Anda dimasa depan.

1. Kelebihan investasi tanah
  • Kelebihan investasi tanah yang pertama adalah capital gain dimana harga tanah selalu saja mengalami kenaikan setiap tahunnya, mengingat pertumbuhan penduduk dan juga banyaknya wirausahawan yang membutuhkan tanah di lokasi strategis. Setiap tahunnya harga tanah mengalami kenaikan 10% sampai 15% pada tahun 2012, dan sekarang bisa kita lihat bahwa kenaikan tanah bisa mencapai 20% sampai 25%. Semakin strategis lokasi tanah maka semakin mahal harga tanah tersebut.
  • Kelebihan investasi tanah yang kedua adalah tidak adanya biaya perawatan. Investasi tanah tidak perlu perawatan seperti investasi property lainnya. 
  • Kelebihan yang ketiga adalah karena tidak perlu perawataan, Anda menjadi mudah mengurusnya. Cukup membeli sepetak tanah dan membiarkannya.
2. Kekurangan Investasi Tanah
  • modal yang diperlukan cukup besar, sekali lagi bergantung pada lokasi yang Anda pilih, semakin strategis maka kedepannya semakin mahal harga tanah.
  • tidak adanya income rutin yaitu dimana kita hanya bisa menunggu kenaikan harga tanah dari waktu ke waktu.
B. Investasi deposito
Dalam perhitungan deposito, semakin besar dan lama orang menabung dana dalam bentuk deposito maka semakin besar pula bunganya. Jadi Anda juga membutuhkan waktu untuk mendapatkan keuntungan yang banyak.

1. Kelebihan investasi deposito
  • investasi deposito memilikiresiko yang rendah karena memiliki jaminan LPS dengan beberapa syarat. Dan banknya termasuk dalam anggota LPS.
  • deposito bisa menjadi jaminan kredit. Walapun tidak semua bank menerima jaminan deposito, namun jaminan dalam bentuk deposito bisa menjadi alternatif diluar asset tanah maupun rumah.
  • bunga deposito lebih besar dibandingankan tabungan bank biasa. Suku bunga setiap bank juga berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing.
2. Kekurangan investasi deposito
  • adanya setoran minimal, kebijakan setoran minimal bergantung pada bank nya, namun kebanyakan sekitar 5 juta rupiah.
  • pembayaran pajak, deposito termasuk dalam produk yang kena pajak dimana keuntungan Anda bisa dipotong mencapai 20 persen.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi tanah dan deposito Anda bisa memutuskan mana yang lebih menguntungkan dan mana yang mendapatkan upah lebih banyak. Itu semua bergantung pada Anda. Semoga bermanfaat

0 Komentar Investasi Tanah atau Deposito?

Posting Komentar

Back To Top