Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Contoh Peluang Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

Contoh Ide/Peluang Bisnis yang Kreatif dan Inovatif_Di zaman yang persaingan semakin ketat ini, bukan hal yang mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Bahkan seorang lulusan sarjana dari universitas terbaikpun tidak serta merta dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang di idamkan. Untuk itu, memilih mencoba membuka usaha atau bisnis sendiri adalah suatu tindakan yang tepat. Selain bisa membuka peluang kerja bagi orang lain, tentunya prospek ke depannya pun lebih bagus daripada hanya menjadi karyawan.
Contoh Peluang Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

Jika kita jeli melihat peluang, banyak ide usaha yang bisa ditekuni,. Tidak melulu mewajibkan kita mengeluarkan banyak modal terlebih dulu, untuk bisa membuka usaha yang menguntungkan.

Berbagai ide peluang bisnis sederhana, seperti bisnis kreatif dan inovatif di bawah ini dapat Anda jadikan referensi, yang layak untuk dipertimbangkan dan dijalankan.

Berbagai Contoh Peluang Bisnis Kreatif dan Inovatif yang Layak Ditekuni

1. Bisnis Souvenir
Permintaan akan barang-barang souvenir untuk digunakan dalam berbagai event seperti tidak ada habisnya, bahkan dari hari ke hari semakin bertambah saja.

Souvenir biasa dibagikan pada acara-acara seperti pernikahan, wisuda, reuni maupun acara-acara keluarga lainnya.

Permintaan akan bentuk souvenir juga semakin beragam dan unik, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang semakin besar dan menjanjikan untuk kedepannya.

Kondisi tersebut membuka peluang bagi Anda untuk menciptakan jenis-jenis souvenir yang unik dan menarik, semakin sering Anda berinovasi maka akan semakin baik produk souvenir yang Anda hasilkan.

Startegi pemasaran secara online merupakan strategi pemasaran yang baik untuk jenis bisnis ini.

Selain itu Anda juga dapat berkerja sama dengan jasa percetakan undangan maupun sablon untuk memasarkan produk kreatif Anda.

2. Produk dari Barang Bekas
Barang-barang yang dibuat dari bahan-bahan bekas kini juga semakin banyak peminatnya.

Produk yang terbuat dari bahan bekas seperti tas yang terbuat dari limbah plastik, vas untuk bunga yang terbuat dari botol bekas minuman serta berbagai bentuk hiasan untuk pajangan yang terbuat dari barang bekas sangat diminati terutama untuk konsumen luar negeri.

Peluang usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak dan dengan menjamurnya situs-situs penjualan online akan memudahkan Anda untuk menjual produk dan memperkenalkan keunikan dari produk Anda tersebut.

Selain itu keuntungan lainnya yang dapat Anda rasakan adalah minimnya persaingan dalam bisnis ini, karena sisi kreatifitaslah yang ditonjolkan dan jumlah produk yang sama juga pasti terbatas.

Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan hasil produksi oleh pabrikan yang membuat produk yang sama secara massal. Dengan begitu Anda dapat bermain dengan harga produk Anda denan lebih leluasa.

3. Tas Rajut
Trend masyarakat Indonesia selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Barang-barang seperti tas rajut yang dulu hanya mendapatkan perhatian dari pembeli manca negara, kini sudah mendapatkan tempat tersendiri di masyarakat Indonesia.

Bahkan kini tak jarang konsumen dalam negeri yang rela mengeluarkan dana yang besar untuk membeli tas rajut yang kreatif modelnya.

Oleh sebab itu jika Anda menyukai desain tas dan berfikir kreatif maka usaha ini adalah usaha yang cocok bagi Anda.

Selain dari permintaan pasar yang besar, proses pembuatan tas ini tidak membutuhkan pabrik yang besar akan tetapi Anda dapat memulainya dalam skala rumahan.

Beberapa daerah di Indonesia sendiri kini juga telah menjadi kampung rajut dimana mayoritas penduduknya mengerjakan pekerjaan merajut untuk kemudian disetorkan pada pengepul.

Selain itu Anda juga dapat memproduksi barang-barang lain seperti dompet, topi, kantong tempat handphone maupun barang-barang hiasan lainnya.

Untuk awalnya Anda dapat menawarkan produk Anda pada rekan kerja dan orang-orang disekitar Anda dan menjualnya dengan media sosial sebagai ajang promosinya.

4. Kotak Kado
Pada awalnya peluang usaha ini terlihat tidak menarik, selain itu sudah banyak pengrajin kotak kado di berbagai daerah. Akan tetapi jika Anda dapat berpikir kreatif dan membuat produk yang unik serta lain dari lainnya maka tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan mendapatkan pelanggan besar.

Prospek yang bagus dapat Anda rasakan dari kebutuhan berbagai online shop yang semakin menjamur. Mereka tentunya membutuhkan kemasan untuk mengirim barang mereka pada pembeli.

Strategi pemasaran kotak kado atau kemasan unik ini dapat Anda lakukan dengan cara bekerja sama dengan produsen maupun para penjual barang yang membutuhkan kemasan unik dan kreatif seperti contohnya penjual jam tangan, souvenir, batu akik, dan lain sebagainya.

5. Kain Perca
Kain perca ini banyak dianggap hanya sebagai limbah dari bisnis jahit, dan biasanya digunakan untuk kain lap di pabrik-pabrik dan bengkel mobil maupun motor.

Namun, bagi Anda yang memiliki ide kreatif maka kain ini dapat disulap menjadi barang unik yang berguna dan memiliki nilai jual yang tinggi. Kain perca dapat dibuat menjadi beberapa produk seperti kain pel, hiasan dinding, kesetm taplak meja dan lain sebagainya.

Kain perca sendiri dapat dengan mudah Anda dapatkan, dengan bekerja sama dengan berbagai penjahit yang ada di daerah Anda untuk dapat membeli kain perca ini. Biasanya para penjahit akan menjual secara kiloan sehingga harganya pun sangat terjangkau.

6. Daun Kering
Setiap hari kita selalu melihat daun-daun kering jatuh dan berserakan. Daun-daun tersebut menjadi sampah yang dibuang setiap harinya.

Namun dengan ide kreatif dan-daun kering tersebut dapat disulap menjadi berbagai kerajinan tangan yang cantik.

Dengan nilai ekonomis yang tinggi dan bahan-bahan dasar yang mudah ditemukan, menjadikan bisnis ini memiliki peluang yang besar untuk berkembang.

Contoh barang-barang yang dapat dibuat dari daun kering adalah undangan, kotak pensil, figura foto dan pernak-pernik pajangan lainnya.

Tidak banyaknya saingan dan konsumen yang kebanyakan berdatangan dari luar negeri membuat bisnis ini berpeluang untuk memiliki omzet jutaan rupiah.

7. Kotoran Kelelawar
Kotoran dari beberapa hewan terlah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya, seperti contohnya kotoran sapi dan ayam yang sering dimanfaatkan untuk membuat kompos bagi tumbuhan.

Namun banyak yang tidak menyangka bahwa kotoran kelelawar juga memiliki keunggulan yang sayang untuk dibuang. Pupuk organik merupakan salah satu pemanfaatan yang baik untuk kotoran binatang yang satu ini. Selain itu juga dapat menggantikan peran pupuk kimia seperti urea dan NPK.

Kotoran kelelawar ini mengandung senyawa organik seperti nitrogen, potasium, fosfor yang merupakan kandungan yang baik bagi pertumbuhan berbagai tanaman. Dengan sedikit bumbu kreatifitas maka kotoran kelelawar dapat menjadi sebuah produk yang dapat menyaingi produk-produk kimia lainnya yang sudah terkenal lebih dulu.

8. Limbah Kemasan Minuman Kaleng
Limbah minuman kaleng dapat kita temukan dengan udah di berbagai tempat.

Selain itu limbah jenis ini merupakan limbah yang tidak mudah untuk diurai dan dapat merusak alam di sekitarnya. Namun ternyata kaleng bekas minuman ini dapat Anda manfaatkan untuk menjadi pajangan unik dengan sedikit sentuhan kreatifitas.

Di tangan kreatif minuman kaleng bekas ini dapat menjadi berbagai pajangan unik seperti bentuk motor, pesawat terbang, kapal laut, orang-orangan, robot dan berbagai bentuk lainnya.

Selain itu benda-benda tersebut dapat juga menjadi mainan si kecil, tentunya dengan bentuk yang aman untuk dipegang oleh anak kecil. Peluang untuk membuat bentuk yang tidak terbatas dan nilai keunikan yang jarang ditemukan menjadikan bisnis ini salah satu bisnis kreatif yang menjanjikan.

Sebagian besar dari contoh peluang bisnis yang kreatif dan inovatif di atas tidak menuntut Anda untuk mengeluarkan modal atau dana yang besar, akan tetapi lebih kepada modal kreatifitas yang harus diandalkan. Dan itu tentunya bisa terwujud jika Anda selalu semangat, pantang menyerah dan mempunyai banyak ide yang inovatif demi mendapatkan produk terbaik yang bernilai jual tinggi.

Demikian beberapa contoh ide peluang bisnis kreatif yang bisa Anda jalankan sebagai usaha baru dan menguntungkan. Saya yakin Anda juga punya ide kreatif yang lebih bagus dari contoh di atas.

4 Komentar Contoh Peluang Bisnis yang Kreatif dan Inovatif

  1. Bos saya bisnis online adsense tapi macet bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macet bagaimana, apa penyebabnya mas?

      Hapus
  2. Memang perlu untuk ide-ide kreatif untuk menambah penghasilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Wahyu, semakin banyak ide semakin bisa mewujudkan peluang usaha. Jika salah satu peluang dah kita tekuni dan fokus, insya Allah bisa menjadi jalan rejeki

      Hapus

Back To Top