Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

23/07/17

Ide Bisnis Budidaya Ternak yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Ide Bisnis Budidaya Ternak yang Menjanjikan Keuntungan Besar_Menjalani bisnis dibidang peternakan merupakan salah satu pilihan usaha yang tepat. Karena sampai kapanpun hasil ternak akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat luas yang sebagian besar untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang ingin terjun ke bisnis pertenakan, berikut ini beberapa daftar hewan ternak yang menjanjikan keuntungan besar dan mudah dijalankan.

Bisnis di bidang peternakan yang menjanjikan:

1. Ternak Ayam Potong
Sebagaimana kita tahu, ayam potong akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Hal tersebut bisa dilihat dari permintaan pasar akan ayam potong yang jarang sekali mengalami penurunan. Bahkan permintaan ayam potong sering kali mengalami kenaikan pada musim-musim tertentu seperti ramadhan, hari raya, hari natal, tahun baru dan lain sebagainya. Nah beternak ayam potong bisa menjadi pilihan bisis yang menjanjikan.

Selain target pasar yang luas, modal dalam memulai usaha ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Anda hanya memerlukan modal awal berkisar lima juta rupiah tergantung dari jumlah ayam. Selain itu, ayam potong juga merupakan salah satu hewan ternak yang sangat cepat dalam berkembang biak.

2. Ternak Bebek
Usaha peternakan yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan beternak bebek. Beternak bebek akan sangat menguntungkan karena target pasarnya yang sangat luas. Sebagaimana kita tahu, daging bebek banyak diburu oleh pencinta kuliner bebek. Bahkan telur bebek adalah jenis telur khas karena hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin.

Sama halnya dengan ayam potong, bebek juga merupakan jenis hewan yang cepat tumbuh. Memulai bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Yang dibutuhkan hanyalah keuletan dalam perawatannya.

3. Ternak Ikan Lele
Sama seperti bebek yang banyak dicari oleh pecinta kuliner bebek, ikan lele juga banyak dicari tidak hanya oleh pecinta kuliner lele namun juga oleh ibu rumah tangga. Karena ikan lele mengandung protein dan gizi yang tinggi. Maka dari itu beternak ikan lele bisa menjadi pilihan usaha ternak yang menjanjika selanjunya.

Selain pasar yang luas, beternak ikan lele juga tidak membutuhkan modal yang besar. Yang perlu dilakukan dalam beternak ikan lele hanyalah menyiapkan kolam ikan. Namun bagi pemula dengan lahan terbatas, ikan lele juga bisa diternak dengan media kolam buatan dari terpal. Sangat mudah bukan? Dengan bibit awal sebanyak 1000 ekor, Anda akan bisa memanennya dalam waktu kurang lebih 3 bulan.

4. Ternak Kambing
Ide Bisnis Budidaya Ternak yang Menjanjikan Keuntungan Besar
Usaha peternakan yang menjanjikan selanjutnya adalah ternak kambing. Beternak kambing membutuhkan waktu mulai dari 3 bulan sampai dengan 12 bulan hingga menjadi kambing dewasa. Pasar hewan ternak ini juga sangat luas dengan permintaan yang langsung besar seperti untuk acara aqiqah, pernikahan, khitan dan juga permintaan hewan ternak ini akan melonjak tinggi pada musim tahunan yaitu Hari Raya Idul Adha.

Modal dalam memulai usaha ternak kambing mulai dari 3 juta rupiah tergantung berapa jumlahnya.

5. Ternak Sapi Potong
Sama seperti kambing, permintaan daging sapi dari masyarakat Indonesia bisa dibilang tinggi. Namun sayang belum bisa dipenuhi secara penuh oleh peternak sapi potong. Bahkan sudah kita tahu, pemerintah Indonesia sampai melalukan impor daging sapi potong dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri.

Nah beternak sapi potong ini bisa menjadi usaha ternak yang menjanjikan karena Anda bisa juga membantu dalam memenuhi permintaan pasar akan daging sapi. Untuk memulai usaha ternak sapi ini, diperlukan modal yang tidak sedikit. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah namun jangan kawatir, keuntungan yang akan Anda dapatkan juga tidaklah sedikit bisa berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan.

Nah beberapa hewan ternak di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin berbisnis di bidang budidaya ternak. Namun, walau jika dilihat sepintas, prospek usaha ini sangat cerah dan sangat menguntungkan, nyatanya tidak sedikit yang gulung tikar dan bangkrut. Jadi, tetap perlu ketekunan, kerja keras, dan sifat pantang menyerah jika ingin sukses dalam bisnis budidaya ternbak ini. Alangkah baiknya investasikan waktu Anda untuk belajar mengenai tehnik budidaya dan strategi pemasarannya dulu, sebelum mulai menjalankan usaha ini.

0 Komentar Ide Bisnis Budidaya Ternak yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Posting Komentar

Back To Top