Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

26/04/17

Cara Sukses Bisnis Modal Dengkul

Cara Sukses Bisnis Modal Dengkul-Sahabat , jika kita mendengar kata dagang/jualan dalam benak hati kita biasanya tertuju dengan yang namanya modal uang. Di mana ada rencana berdagang di situ terpikir dapat modalnya dari mana. Dan jika sudah punya modal uang tinggal berpikir tentang produk apa yang mau diperjual belikan. Jika kita belum punya modal uang, bisa juga dengan cara hanya modal dengkul. He he seperti cinta modal dengkul saja bisa sukses asalkan penampilannya OK,,betul apa betul ?

Cara Sukses Bisnis Modal Dengkul
Modal Dengkul

Ngomong-ngomong masalah jualan, kali ini saya akan berbagi trik menarik dan insya Allah dapat sebagai jalan menuju sukses bagi teman-teman yang hobi berdagang akan tetapi modal uangnya masih minim. Perlu sobat ketahui bahwa artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri yang dulu dan sampai sekarang sering berjualan suatu produk tanpa mengeluarkan modal uang sedikit pun. Contoh yang baru saja saya lakukakn yaitu jualan kue lebaran atau pacitan sebagai sajian di Hari Raya Idul Fitri.

Untuk masalah jualan di musim Ramadan atau Lebaran sebenarnya sudah saya ceritakan di artikel saya pada blog lain, jadi di sini saya tidak akan menceritakan ulang. Intinya sudah 3 musim Ramadan/lebaran ini saya menjualkan kue kering. Namanya juga menjualkan ya saya tidak mengeluarkan modal sedikit pun. Kebetulan teman saya ada yang pandai membuat berbagai jenis kue kering sajian lebaran. Awalnya dia menawarkan kepada saya untuk membeli1 atau 2 toples kue kering. Saat itu saya pun mencoba untuk membelinya 2 toples. Karena rasanya enak dan harganya murah, saya kepikiran untuk berjualan kue kering. Dan saya pun langsung tanya kepada teman saya" apakah saya boleh ikut menjualkan?", singkat cerita jawabannya adalah sangat boleh. Dia malah sangat merasa senang karena ada yang membantu untuk memasarkan produk kue-kuenya tersebut.

Sistem penjualan seperti ini sangat menguntungkan kedua belah pihak yakni teman saya sebagai juragan kue dan saya ikut buruh menjualkan. Masalah harga dari teman saya sudah kami sepakati sebelumnya. Misalkan harga dari teman saya Rp.25.000,00/toples, saya mencari keuntungan sendiri dengan menjual ke konsumen dengan harga Rp. 28.000,00. Setelah uang terkumpul, saya pun menyetorkan uang kepada teman/juragan saya hanya yang 25ribu kali sejumlah kue yang saya jual.

Ya dengan hanya modal dengkul tanpa modal uang, saya dapat mendapatkan penghasilan atau keuntungan yang cukup banyak. Selain itu sistem dagang seperti ini juga sangat menguntungkan khususnya bagi saya karena jika ada barang dagangan yang tidak/belum laku dapat dikembalikan kepada juragan. Jadi tidak ada yang namanya rugi. he he

Walaupun demikian, saya pun ertanggung jawab dengan cara memperkirakan kekuatan penjualan saya sehingga barang yang saya ambil dari juragan dapat laku terjual semua sehingga terjadilah hubungan mutualisme antara saya dengan juragan kue kering itu. Ya ini hanya salah satu contoh nyata, adapun contoh berjualan tanpa modal dan tanpa risiko kerugian insya Allah di lain halaman akan saya ceritakan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berjualan tanpa risiko kerugian antara lain sebagai berikut :
  1. Cari relasi dagang, tentunya cari juragan yang memiliki produk sesuai keinginan kita
  2. Buat kesepakatan harga
  3. Tanggung jawab
  4. Giat dan tekun
  5. Jangan terlalu banyak dalam mengambil keuntungan, jadi utamakan harga yang standar dan jual lah sebanyak mungkin
Keuntungan berdagang tanpa modal uang :
  1. Kita memiliki dagangan tanpa harus repot membelinya
  2. Mendapat keuntungan yang cukup banyak
  3. Disayang oleh juragan
Kelemahan berdagang tanpa modal uang :
  1. Kita memiliki sifat ketergantungan pada juragan, dan jika berlarut maka kita akan menjadi pedagang yang manja sehingga sulit untuk mandiri
  2. Beban rasa yakni rasa malu jika dagangannya juragan hanya laku sedikit, dalam artian hanya kita yang untung, sedangkan juragan hanya dapat keuntungan yang sedikit
Cara agar kita dapat usaha dagang secara mandiri :
  1. Manfaatkan kesempatan berdagang tanpa modal sebagai pembelajaran atau pengalaman unik dalam dunia berjualan
  2. Setelah kita punya modal yang cukup, berusahalah untuk usaha mandiri tanpa merugikan juragan. Kita tetap bisa erja sama dan menjaga hubungan yang baik dengan juragan, jadi jangan sampai terjadi persaingan tidak sehat dengan juragan jika barang dagangannya sama. Jika jenis dagangan beda maka itu no problem, kan ga ada istilah bersaing. he he
  3. Rajin lah menabung agar semakin hari kita dapat memperbanyak barang dagangan
Sahabat Blog Cara Bisnis, demikian tentang Cara Sukses Bisnis Modal Dengkul. Semoga bisa menginpirasi teman-teman dalam berdagang atau bisnis.


Back To Top