Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Meningkatkan Penghasilan Blog dari Google Adsense itu Butuh Kerja Keras dan Cerdas

Cara Meningkatkan-Memaksimalkan-Mengoptimalkan-Menaikkan Pendapatan atau Penghasilan  Blog dari Google Adsense itu Tidak Gampang- Menjadi seorang publisher google adsense memang harus terus berusaha agar penghasilannya selalu meningkat. Target minimalnya yakni agar bisa pay out setiap bulannya, dalam artian minimal bisa mendapatkan $100 setiap bulannya.
Ingat: Salah Satu Penyebab Gagal Payout Adsense Rutin Tiap Bulan adalah Karena Malas Membaca Tips Adsense yang Panjang. he he
Cara Meningkatkan Penghasilan Blog dari Google Adsense itu Butuh Kerja Keras dengan Cerdas
Meningkatkan Penghasilan Blog dari Google Adsense itu Butuh Kerja Keras dengan Cerdas

Publisher adsense Indonesia sudah banyak yang berhasil meraup uang dari Adsense. Para publisher yang sudah bisa mencairkan uang secara rutin tiap bulan dari bisnis adsense tentunya masing-masing memiliki tips trik jitu dalam menaikkan penghasilan dari blog google adsense.
Rahasia sukses adsense mereka pada dasarnya sama namun dalam bentuk trik-trik jitu yang sangat variatif. 
Nah bagi Anda yang ingin meningkatkan penghasilan adsense, Anda bisa melakukannya dengan terlebih dahulu giat dalam mempelajari ilmu maupun pengalaman dari para publisher adsense yang sudah sukses tersebut.

Adakah tips/cara yang paling ampuh dalam meningkatkan penghasilan/pendapatan adsense?
Ada juga sih cara paling jitu untuk bisa pay out adsense rutin tiap bulan dengan hasil yang banyak, namun sifatnya tergantung kecocokan penggunaan jurusnya.
Tips sukses adsense si A dengan si B dan lainnya sifatnya relatif. Dalam artian jurusnya si A cocok diterapkan pada blognya si C namun ternyata tidak pas untuk diterapkan di blognya si D.

Jika si D selalu mencoba dan berusaha bekerja keras untuk menerapkan berbagai jurus adsense, sangat mungkin blognya si D cocoknya menggunakan cara jitunya si B.
Dan tidak menutup kemungkinan si E memadukan antara berbagai jurus meningkatkan penghasilan adsense yang diserap dari beberapa ahli adsense.
Apakah publisher adsense Indonesia sudah banyak yang bisa mendapatkan penghasilan rutin setiap bulannya dari bisnis adsense?
Mendapatkan ribuan dollar bahkan ratusan dollar perbulan dari google adsense bukanlah hal yang aneh sekarang ini. Sudah banyak para publisher adsense dari negara kita yang sudah membuktikannya.
Kalau Anda penasaran bisa dibuktikan dengan mengikuti forum-forum di internet khususnya yang membahas adsense.

Di situ Anda bisa melihat para master adsense saling berbagi cerita tentang bagaimana proses mereka hingga bisa seperti sekarang, gimana perjuangan mereka, trial eror yang mereka lakukan, segala macam trik mereka, dan lain sebagainya.

Serta tak jarang untuk memotivasi para pemula, mereka memperlihatkan screenshote transferan dari google adsense ke rekening mereka.

Selain di forum-forum yang membahas tentang sukses adsense, Anda bisa juga mengunjungi website/blognya para publisher.

Mayoritas para publisher adsense memiliki blog yang di dalamnya ada artikel yang berisi tentang tips adsense yang ditulis berdasarkan pengalaman mereka masing-masing.

Bagaiamana cara mudah meningkatkan pendapatan adsense?
Baik bagi pemula maupun yang sudah lama menjadi publisher adsense, rasa-rasanya ga jauh berbeda dalam hal selalu ingin meningkatkan pendapatan adsensenya. Bahkan bisa dikatakan pada setiap bulannya semua publisher adsense selalu berupaya agar penghasilannya akan meningkat di bulan selanjutnya, begitu seterusnya.
Jadi, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang bagaimana caranya agar bisa punya pendapatan dari adsense yang rutin dan selalu meningkat, di bawah ini merupakan kumpulan tips jitu untuk meningkatkan pendapatan dari Google Adsense yang saya tulis berdasarkan ilmu yang saya serap dari panduan adsense, tipnya para master, dan terutama berdasarkan pengalaman pribadi.

I. Meningkatkan Kualitas Blog

A. Template harus bagus
Template blog dengan warna dasar yang fresh akan membuat pengunjung betah membaca  artikel-artikel kita dan kemungkinan besar akan membuka halaman-halaman lainnya sehingga lebih banyak pilihan iklan yang akan dilihat pengunjung dan ada kemungkinan besar terjadi klik di iklan tersebut.

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah pastikan template kita responsive/mobile friendly sehingga bila ada pengunjung yang membuka web kita dari smartphone masih dapat melihat halaman dengan sempurna.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa pengguna smartphone untuk browsing sekarang ini mengalami peningkatan yang sangat drastis tiap harinya.

Untuk meningkatkan penghasilan adsense maka template blog harus berkualitas baik. Adapun ciri-ciri template yang baik untuk blog adsense antara lain:

1. Loading blog ringan
Usahakan ukuran size blog Anda jangan melebihi 100 kb di setiap halaman postingan.

2. Template responsive, mobile friendly
Mengingat semakin hari pengguna perangkat mobile semakin meningkat, maka Anda wajib menggunakan template yang responsive mobile friendly.

Bagi pengguna blogger, silakan lakukan pengecekan di statistik pemirsa pada dasbor blogger Anda.

Coba lihat prosentase pengunjung blog Anda yang paling dominan yang mana.

Jika hasil pengecekan dari beberapa blog saya kebetulan pengunjung yang mengakses dengan perangkat mobile lebih dari 60%.

3. Dominasi Warna Dasar Putih
Alasannya kenapa,karena dengan didominasi warna putih pada warna dasarnya maka bila ada elemen lain (iklan adsense), maka elemen tersebut akan lebih menonjol dan tentunya akan mendapat perhatian lebih dari para pengunjung. Dan tentunya itu bisa berpeluang meningkatkan klik pada iklan tersebut.

4. Gunakan jenis huruf yang indah dan mudah dibaca


B. Navigasi blog

1. Navigasi di header
Navigasi di header antara lain :
a. Beranda/Home
Blog untuk adsense bisa dikatakan harus ada menu Home

b. Daftar isi
Di semua blog sudah pasti wajib ada daftar isinya

c. Menu penting
Menu penting ini sebaiknya diisi dengan beberapa menu yang mewakili dari isi blog Anda. Biasanya diambil dari beberapa label utama blog.

d. About, contact, disclaimer, dan privacy policy
About, contact, disclaimer, dan privacy policy sebaiknya ada dalam blog adsense. Hal ini juga penting karena sebagai salah satu upaya Anda dalam meningkatkan brand blog.


2. Navigasi di sidebar
Untuk meningkatkan jumlah pageview, sebaiknya Anda memasang widget-widget sebagai berikut:
a. Widget artikel baru
Tempatkan widget artikel baru di sidebar kanan atas.

Tentang fungsi widget artikel baru tentunya Anda sudah sangat paham.

Pengunjung blog setia Anda akan lebih mudah menemukan artikel baru Anda.

Selain itu, pengunjung perdana juga semakin terbantu dengan adanya widget artikel baru.

Dengan demikian paling tidak setiap pengunjung blog Anda minimal membaca 2 artikel di blog Anda yakni artikel yang didapat dari hasil pencarian mereka di mesin pencari dan artikel yang dibaca karena arahan di widget artikel baru.

Jika Anda menggunakan widget artikel baru, sebaiknya Anda mengurangi jumlah tampilan artikel yang di halaman beranda/home.

b. Widget artikel acak/random pos
Biar tertib, tempatkan atau pasang widget random pos di bawah widget artikel baru.

Agar lebih bisa menarik perhatian pengunjung, berilah widget ini dengan judul artikel pilihan dan/atau judul menarik lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa widget random pos bisa sangat ampuh untuk mendongkrak jumlah pageview. Selain itu, artikel-artikel lama kita tidak akan terpendam oleh adanya artikel baru.


c. Widget artikel populer
Nah ini dia widget yang hampir semua blogger memasangnya.

Pada umumnya entri populer dipasang di bagian sidebar kanan paling atas.

Sebenarnya tidak salah sih karena maksudnya adalah untuk memamerkan artikel kita yang paling sering dibaca oleh pengunjung.

Namun artikel yang sering dibaca tersebut tidak selamanya merupakan artikel yang paling berkualitas di blog Anda. Bisa jadi pengunjung hanya suka membaca artikel yang populer saja.


Jika Anda hanya memasang widget entri populer tanpa memasang widget artikel baru dan random pos maka sangat dimungkinkan 10 artikel populer yang ada di blog Anda ya kurang lebih itu-itu saja alias tetap.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan setelan artikel populer yang ditampilkan adalah dalam jangka 7 hari terakhir. Namun pada situasi tertentu, Anda bisa mengubah setelan menjadi 1 bulan atau setiap saat.

d. Widget entri yang diunggulkan 
Pasanglah entri yang diunggulkan. Pilihlah artikel yang di luar 10 artikel populer.

3. Navigasi di footer
Untuk navigasi di footer, Anda bisa memasang widget-widget misalnya:

a. Widget label/kategori artikel
Jika label atikel di blog Anda jumlahnya melebihi dari 10 label, sebaiknya Anda memilih untuk menampilkan label tertentus saja.


b. Widget arsip blog
Lakukan pengaturan pada widget arsip blog sesuai keinginan Anda, namun sebaiknya tampilkan yang ringkas saja yakni tampilkan bulan posting dan jumlah masing-masing artikel tiap bulan dan/atau tahunnya.


4. Minimalkan Elemen dan Widget
Salah satu cara meningkatkan klik pada iklan adsense adalah menghilangkan elemen-elemen dan widget yang kurang penting.

Dengan melakukan itu diharapkan pengunjung lebih fokus karena mereka hanya akan melihat artikel dan iklan saja.


C.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas artikel blog 

1. Meningkatkan kualitas artikel blog
Cara meningkatkan kualitas artikel blog :
a. Artikel harus unik 
Buatlah artikel yang punya khas tersendiri atau lain daripada yang lain.

Pengunjung blog akan merasa bosan jika membaca artikel yang isinya sama dengan blog lain.

Jika memang ternyata materinya memang monoton, maka artikel Anda harus bisa menjadi yang terlengkap dan paling mudah dipahami.

b. Miliki minimal 10% artikel andalan dari total jumlah artikel di blog Anda
Hal ini terkait dengan nongkrongnya artikel Anda di halaman awal Google.

Mungkin untuk meraih 50% artikel atau lebih yang bisa di halaman pertama Google itu tidak terlalu sulit jika artikel yang dibuat adalah bukan artikel yang aktual atau bukan yang banyak diminati oleh pengunjung.

 Namun untuk meraih 10% dari jenis artikel yang sifatnya tak usang itu bukan masalah yang gampang.

Sebagai contoh, jika blog Anda adalah niche tips ngeblog, maka paling tidak, artikel Anda yang kata kuncinya "Cara Membuat Blog" harus berada di halaman awal hasil pencarian Google.

Contoh nyatanya tuh blog miliknya Mas Sugeng, di mana artikel tentang Tips Ngeblognya selalu berada di halaman awal.

Contoh lainnya yakni artikel di blog gado-gado saya ( carasyamsu.com ), di mana dulu saya pernah membidik kata kunci "Cara Mengganti Domain Blogspot menjadi .com gratis " dan sampai saat ini artikel tersebut masih bisa nongkrong di halaman awal Google.

Nah jika Anda bisa memiliki minimal 10% artikel di blog Anda yang bisa sebagai andalan, insya Allah penghasilan adsense Anda bisa selalu meningkat.

Bagaimana jika sulit memenangkan persaingan dalam merebut halaman awal Google?
Jawabannya singkat : teruslah berusaha, Anda pasti bisa. Salah satu caranya yakni dengan menjadikan artikel Anda adalah yang terlengkap. Targetkan bahwa minimal ada 1 artikel andalan di setiap label artikel blog Anda.
2. Meningkatkan kuantitas artikel blog
Perbanyak artikel Anda dengan rajin posting artikel baru
Menjadi publisher adsense sudah barang tentu harus rajin membuat artikel dan mempostingkannya. Artikel/konten merupakan umpan utama untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Jika Anda punya waktu untuk membuat artikel sendiri dan mampu menciptakan artikel banyak dalam setiap harinya, maka lakukanlah karena ini lebih baik dan menguntungkan. Namun jika Anda sibuk dengan aktivitas dunia nyata, Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel blog.

Buatlah jadwal posting artikel 
Pengalaman terbaik dalam mempostingkan artikel adalah setiap hari minimal kita mempublikasikan 1 artikel, tentunya lebih banyak lebih baik. Idealnya 10 artikel per hari per satu blog.

Bagi yang memiliki banyak blog, misalnya 10 blog maka lebih baik bagi saja menjadi 1 artikel per blog per hari.

Bagi Anda yang belum bisa rutin menciptakan artikel per hari, maka hal tersebut tidak usah dipusingkan karena Anda bisa menjadwal 1 artikel per 2 hari, 1 artikel per 3 hari, dan sampai 1 artikel per minggu.

Wow sebaiknya jangan 1 artikel per minggu aah, paling tidak ya 3 artikel per minggu yang diposting pada hari Minggu.

Nah jika Anda baru bisa menciptakan 1 artikel per hari, maka manfaatkan hari libur/hari Minggu Anda untuk ngebut membuat artikel sehingga bisa untuk tambal sulam jumlah artikel di blog Anda.
Perlu Anda ingat bahwa hari Minggu adalah hari terbaik untuk ngebut membuat artikel, karena pengunjung blog itu mirip pengunjung bank.
Pada hari Minggu para pengunjung blog bersiap-siap untuk mencari info baru dan/atau mengunjungi blog langganannnya dan pada hari Minggu orang sudah bersiap untuk pergi ke bank. Nah pantesan di hari Senin pengunjung blog berdesak-desakan sama seperti antrian panjangnya pengunjung bank.
Ingat juga, banyak pengunjung=banyak klik adsense yang dihasilkan=penghasilan adsense tambah banyak
Coba cek dan perhatikan laporan di dasbor adsense. Hitunglah jumlah pengunjung, jumlah klik iklan adsense,  dan jumlah penghasilan tertaksir pada setiap harinya.
Rumus perbandingan penghasilan adsense berdasarkan hari, kurang lebih seperti di bawah ini, benar kah?
Senin = $7, Selasa = $6, Rabu =$5, Kamis =$4, Jumat=$3, Sabtu =$2, Minggu =$1 
  • Apakah hari Senin merupakan hari yang paling banyak menghasilkan dollar adsense?
  • Apakah hari Minggu merupakan hari yang seringnya paling sedikit menghasilkan uang dari adsense?
  • Apakah jika grafik penghasilan dilihat dari hari Senin-Minggu, maka proses penurunan penghasilan terlihat teratur dalam tahapannya?
D. Maksimalkan Fungsi Link

1. Gunakan tautan permanen khusus
Pengunjung mungkin saja mengingat artikel yang pernah dibacanya dengan mengingat atau mencatat link artikel Anda. 

Jika URL artikel Anda panjang dan tidak menggunakan tautan permanen khusus maka url artikel Anda akan terputus sehingga pengunjung sulit menemukan artikel Anda.

2. Maksimalkan link internal
Idealnya ada 3 link internal di setiap halaman blog Anda. Namun pilihlah artikel yang paling relevan, jadi jangan sampai membuat link internal dengan menautkan link artikel yang tidak nyambung.
 
3. Maksimalkan link eksternal 
Jika Anda memang akan menautkan link ke situs lain. Pilihlah artikel yang paling sesuai dengan artikel Anda

Lebih baik lagi jika situs lain yang artikelnya dijadikan link eksternal adalah juga milik Anda.

Dari itu Anda perlu membangun blog lebih banyak lagi agar Anda bisa dengan mudah menautkan link yang sesuai dan masih milik Anda.

4. Pilihlah warna link yang enak dipandang
Jika background blog Anda warna putih, sebaiknya gunakan warna link biru saja karena para pengakses internet sejak dulu sudah terbiasa dan enjoy dengan warna link biru.

Backlink yang paling baik adalah link yang berasal dari situs yang memiliki topik yang relevan.


E. Meningkatkan jumlah pengunjung

1. Mendatangkan Pengunjung Sebanyak mungkin
Seperti yang kita ketahui faktor utama terjadinya klik pada iklan yang kita pasang adalah karena adanya pengunjung di blog kita.

Ya tentu saja kalau tidak ada yang datang siapa yang mengeklik. Jadi berikutnya yang harus kita cari tahu adalah bagaimana caranya mendatangkan pengunjung agar mau datang ke blog kita? 

Jawabannya adalah konten. Jadi isi blog Anda dengan konten yang di butuhkan  pengunjung,yang bermanfaat, menghibur, memberikan solusi,dan lainnya, maka pengunjung akan sukarela datang ke blog Anda.

Faktor terbesar pada pendapatan Adsense kita adalah traffic/pengunjung ke blog kita. Semakin besar pengunjung maka semakin besar juga peluang mendapatkan klik ke iklan yang kita pasang. Jadi rumus logikanya jika banyak klik sama dengan banyak penghasilan.

2. Pilihlah Topik Umum jika Anda ingin Membuat Blog Niche
Yang dimaksud topik umum adalah topik yang bisa dinikmati oleh siapapun, baik orang tua, remaja, anak-anak,laki-laki, perempuan, pelajar, pegawai negeri,swasta dan sebagainya.

Topik ini bisa tentang teknologi, gadget, kesehatan, olahraga, media sosial, hiburan, tempat wisata dan sebagainya yang sesuai dengan selera Anda.

3. Maksimalkan Pengunjung dari mesin pencari
Ada banyak sumber traffik yang datang ke suatu blog, entah itu dari blogwalking, forum/milis, media sosial serta mesin pencari.

Dari kesemuanya itu pengunjung yang terbaik dan paling berpotensi untuk mengeklik iklan kita adalah pengunjung yang datang dari mesin pencari.

Kenapa begitu, karena kebanyakan dari mereka datang untuk mencari suatu solusi dan saat mesin pencari mengarahkan dia datang ke blog kita besar kemungkinan solusi itu ada pada iklan yang kita pasang.

Sehingga sangat besar kemungkinan terjadinya klik pada iklan kita tersebut.

4. Maksimalkan klik dari pengunjung dari dalam dan luar negeri 
klik dari pengunjung dari dalam dan luar negeri
Sahabat publisher Google Adsense, memaksimalkan atau mempercepat tingginya penghasilan adsense dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri ternyata terbukti ampuh untuk memperoleh klik adsense loh.


Berdasarkan screenshot di atas, jelas terlihat bahwa jumlah klik adsense dari pengunjung lokal Indonesia ada 35.040 klik dengan penghasilan tertaksir $... dalam 1 bulan.

Bagi teman-teman yang memiliki blog dengan bahasa Inggris tentunya lebih banyak mendapatkan klik Adsense dari pengunjung luar negeri.

Jadi, bagi Anda yang pandai bahasa Inggris sebaiknya Anda segera membangun blog bahasa Inggris agar penghasilan Adsense Anda semakin meningkat dengan cepat.

He he, itu sih saya hanya bilang, karena saya sendiri tidak punya blog bahasa Inggris.he he

II. Iklan ( Ukuran, Jenis, dan Gaya Iklan - Penempatan Iklan yang Strategis - Blokir Iklan - Saluran Khusus - Penargetan penempatan iklan )

A. Ukuran iklan
Gunakan ukuran iklan yang disarankan oleh Google Adsense dan/atau iklan ukuran khusus serta gunakan iklan tautan responsif.

Ingat, jumlah maksimal iklan yang boleh ditampilkan di setiap halaman blog Anda yakni 3 iklan konten, 3 iklan tautan, dan 2 kotak telusur.

Anda bisa memasang iklan yang banyak, silakan sesuaikan dengan kebutuhan dan kepantasan blog Anda.

Ingat juga bahwa dalam memilih ukuran dan menentukan penempatan iklan harus mempertimbangkan tentang template blog yang Anda gunakan. Intinya, pilih dan tentukan yang paling sesuai dengan template blog Anda.

1. Ukuran otomatis ( Iklan Responsif )
Namanya juga iklan responsif, jadi ya cocok dipasang di manapun, baik di header, sidebar, area postingan, dan tempat lainnya.

Untuk pengalaman saya tentang penempatan iklan responsif adalah bahwa mayoritas blog saya yang ada iklan adsensenya ya di situ ada tampilan iklan responsifnya.

Adapun pengalaman saya tentang  penempatan terbaik iklan responsif yang bisa menghasilkan BPK tinggi yaitu di header ( di bawah menu navigasi ) dan/atau di atas artikel.

2. Ukuran 728 x 90 ( Spanduk Utama )
Iklan ukuran 728 x 90 sangat cocok di pasang di bawah menu navigasi atas, khususnya untuk web/blog yang pengunjungnya didominasi oleh pengakses yang menggunakan PC/Laptop.

3. Ukuran 336 x 280 ( Persegi Panjang Besar )
Iklan ukuran 336 x 280 atau iklan ukuran kotak besar paling cocok dipasang di area postingan, baik di atas, tengah, maupun bawah artikel.

4. Ukuran 300 x 250 ( Persegi Panjang Sedang )
Iklan ukuran 300 x 250 atau disebut iklan kotak sedang sangat baik ditempatkan di area postingan dan sidebar, tanpa harus memperhatikan perangkat yang digunakan oleh pengunjung dalam mengakses internet. Mengapa demikian?, karena iklan ukuran 300 x 250 cocok untuk semua perangkat.

Pengalaman saya tentang penerapan iklan ukuran 300 x 250 adalah bahwa di semua blog adsense saya pasti ada iklan ukuran ini.

Pada blog A saya hanya memasang iklan konten ukuran 300 x 250 di kiri atas artikel, hasilnya memang di blog A paling banyak dibanding blog B dan lainnya.

Mengapa CTR maupun BPK iklan ini tinggi ?, ya karena adanya persaingan ketat diantara para pengiklan dan faktor lainnya.

Pada blog B saya memasang 2 iklan ukuran 300 x 250, saya pasang di kanan atas artikel dan bawah artikel, ternyata hasilnya juga memuaskan.

5. Ukuran 320 x 100 (  Spanduk Seluler Besar )

Iklan ukuran 320 x 100 sangat cocok untuk blog yang pengunjungnya didominasi oleh pegguna perangkat mobile.

6. Ukuran 300 x 600 ( Pilar Besar )
Jika pengunjung blog Anda didominasi oleh pengguna yang mengunakan PC/Laptop, Anda bisa meningkatkan endapatan adsense dengan memasang iklan ukuran 300 x 600 di sidebar.
Bentuk dan juga ukuran iklan juga berpengaruh setelah traffic serta penempatan iklan. Ukurannya juga harus disesuaikan. Untuk iklan yang dipasang sebelum dan setelah artikel ukuran ideal: 300×280 atau bisa juga 300×250. Jangan gunakan ukuran iklan yang tidak sesuai dengan template yang Anda gunakan. Saat ini  ( Maret 2016 ) ukuran yang kinerjanya terbaik adalah iklan ukuran 300 x 250. Jadi ikuti terus info terbaru dari Adsense, baca Panduan Ukuran Iklan
17+ Tips Ampuh Meningkatkan Pendapatan Google Adsense dari Para Master

B. Jenis Iklan

1. Gunakan kombinasi iklan bentuk teks dan gambar.
2. Gunakan iklan tautan responsif
Iklan tautan responsif berkinerja sangat baik di blog Anda, walaupun adsense memperbolehkan kita memasang 3 iklan link/tautan, namun sebaiknya Anda menggunakan iklan tautan satu saja dalam setiap blog Anda. Pengalaman terbaik saya adalah menempatkan iklan tautan di sidebar kanan atas.

C. Gaya Iklan
Modifikasi warna iklan sehingga menarik
Beberapa senior adsense ada berpendapat dari pengalamannya, bahwa kombinasi dari warna iklan juga ikut berpengaruh pada ketertarikan para pengunjung untuk mengklik iklan. Sebaiknya modifikasi warna iklan sehingga sesuai dengan warna template atau thema blog.
1. Jika warna background blog Anda putih sebaiknya gunkan gaya iklan default
2. Jika warna background blog Anda selain putih, sebaiknya kombinasikan gaya iklan sesuai dengan warna background blog Anda. 

D. Penempatan iklan di posisi strategis 
Penemptan iklan sangat besar pengaruhnya untuk mendongkrak perolehan klik dari pengunjung.

Salah satu tempat yang paling baik adalah di sebelum artikel lalu setelah artikel, di header dan sidebar.

Tapi dari beberapa tempat itu penempatan iklan sebelum dan sesudah artikel paling banyak di rekomendasikan.

Usahakan jangan menempatkan iklan di tengah tulisan, karena tentu akan mengganggu pembaca dan juga tidak sedap dipandang. 

1. Pasang iklan di Left Sidebar
Apabila blog anda ada sidebarnya, maka tempatkan iklan adsense di sebelah kiri.

Alasannya adalah fakta bahwa orang-orang membaca atau melihat isi sebuah blog atau suatu website dari arah kiri ke kanan, sehingga pada elemen sebelah kiri akan lebih menonjol ketimbang di sebelah kanan. 

2. Penempatan Iklan di dalam Konten ( area artikel )
Iklan adsense yang dipasang di tengah-tengah konten atau artikel ( di atas/tengah/bawah artikel ), dan dengan dikasih warna yang lebih menonjol memiliki potensi peluang klik yang lebih besar.

Itu karena konten atau artikel adalah fokus utama dari para pengunjung yang datang pada suatu blog.

E. Manfaatkan Fitur Saluran Khusus 
Manfaatkan Fitur Saluran Khusus  Adsense
Fitur saluran khusus yang ada pada akun Google Adsense berfungsi untuk mempermudah menelusuri kinerja iklan. Jadi dengan fitur itu, kita bisa tahu iklan mana yang berkinerja baik dan mana yang kurang baik. 

Untuk mengetahui tentang saluran adsense mana yang paling cocok untuk meningkatkan pendapatan adsense, Anda butuh proses percobaan dengan menempatkan iklan di berbagai lokasi, misalnya di kiri atas area artikel, kanan atas, bawah artikel, sidebar, dan di tempat lainnya yang menurut Anda strategis.


Pengalaman terbaik saya selama ini, dengan berbagai percobaan, sementara yang paling baik adalah saluran khusus adsense dengan iklan:
  • ukuran 336 x 280 yang penempatannya di tengah artikel
  • iklan link responsif di atas judul artikel
  • iklan responsif di atas artikel
  • tautan responsif di tengah artikel
  • iklan ukuran 336x280 di bawah artikel
Anda tentu punya pengalaman yang lebih bagus, silakan ceritakan di kolom komentar.

F. Blokir iklan yang kliknya bernilai rendah serta yang tidak relevan 
Banyak iklan yang nilai kliknya rendah juga tidak relevan dengan topic blog.

Dan itu biasanya hanya memiliki peluang kecil untuk diklik pengunjung. Lebih baik diblokir saja iklan yang seperti itu dengan cara memasukkan url iklan tersebut pada kolom hapus iklan. 

G. Optimalkan CTR 
Jika kita pasang iklan Adsense di beberapa situs, maka besarnya CTR adsense tersebut akan dikalkulasikan dari seluruh situs dan bukan CTR dari tiap-tiap situs. Itu artinya jika suatu situs memiliki CTR yang buruk maka berpengaruh pada CTR seluruh akun. Jadi sebaiknya situs yang CTRnya kurang dari 0.02% di cabut saja 

H. Pastikan hanya iklan adsense pada blog kita 
Bayaran dari google Adsense adalah yang paling besar, jadi jika kita memasang iklan lainnya yang nilai kliknya rendah dari adsense tentu hal ini bisa mengurangi kemungkinan klik pengunjung ke iklan adsense.

I. Penargetan penempatan iklan 
Dengan memakai fitur ini berarti kita telah memperbolehkan pengiklan atau Advertiser untuk beriklan langsung pada situs kita.

Dengan harapan  situs kita bisa lebih mudah ditemukan oleh pengiklan sehingga situs kita bisa memiliki iklan yang lebih serta relevan. Baca Tentang Penargetan Penempatan

III. Senjata Pamungkas Meningkatkan Penghasilan Google Adsense Blog

A. Membuat Blog Sebanyak-banyaknya sesuai Kemampuan
Meningkatkan penghasilan dengan cara membuat blog sebanyak-banyaknya merupakan cara yang biasa dipakai oleh para master adsense. 

Meminjam istilah "ternak blog" ala mba Indri Juragan Cipir bahwa memasang iklan adsense di beberapa blog kita adalah cara yang sudah teruji dan terbukti paling jitu untuk mendongkrak pendapatan kita dari Adsense.

1. Langkah-langkah memperbanyak blog untuk Adsense
Sobat, saya yakin Anda sudah memiliki blog lebih dari 1. 


Jadi di sini saya hanya akan menyampaikan tentang bagaimana cara yang efektif dalam membuat blog yang sebanyak-banyaknya untuk adsense. 

Anda bisa membuat beberapa paket blog. Dalam 1 paket blog terdiri atas 1 blog induk/utama/pokok dan beberapa blog turunan/cabang yang kiranya relevan dengan blog induk. 

Kalau pakai wordpress mungkin bisa menggunakan sistem sub domain.

Misalnya Anda saat ini sudah punya blog Induk tentang A, maka Anda bisa membuat blog lagi dengan niche A1, A2, dan seterusnya.

2. Kapan blog turunan digunakan untuk memasang iklan Adsense?
Jika Anda punya blog baru, maka segera gunakan untuk Adsense jika blog baru tersebut sudah memiliki lalulintas organik yang cukup banyak. 


Jadi tolok ukurnya adalah tentang jenis  lalulintasnya bukan masalah banyak atau sedikitnya artikel maupun tua atau mudanya domain blog.

Sebaiknya pasang link blog turunan di blog induk dengan memasang feed maupun mengaitkan link artikel blog turunan di artikel blog induk. 


Dengan cara ini, jika suatu saat blog turunan sudah layak dipasangi iklan adsense maka penghasilan Anda bisa cepat naik.

Mengapa demikian?, logikanya ya para pengunjung setelah berputar-putar di blog induk Anda dan di sana belum mengeklik iklan, sangat mungkin mereka ngeklik iklannya setelah berada di blog turunan. 


Dalam artian kita punya jaring adsense yang bertingkat atau berlapis-lapis sehingga jika pengunjung belum sempat tertarik di jaring A maka diharapkan mereka tertarik dan mengeklik iklan di jaring B dan seterusnya. 

Jika blog turunan belum layak untu adsense, sebaiknya manfaatkan blog Anda tersebut untuk menghasilkan uang lewat jalan lain, misalnya dengan mengikuti program afiliasi web hosting.

3. Berapa jumlah ideal blog yang digunakan untuk meningkatkan penghasilan Adsense
Anda bisa membuat blog sebanyak-banyaknya untuk Adsense, namun jumlah idealnya menurut saya 10 saja, jika memang mampu merawat blog lebih dari 10 untuk adsense itu sih luar biasa.

Di sini kita akan mencoba menghitung perkiraan penghasilan adsense kita jika menggunakan 10 blog.

Tidak usah muluk-muluk target penghasilannya, katakan saja target kita $1 per blog, maka dalam satu hari berarti $1 x 10 = 10.000 x 10 = 100.000, namun saat ini kan $1 = naik turunnya 13rb, silakan kalikan sendiri. he he

Di atas hanya contoh jika kita ambil target $1 per blog per hari, saya yakin walaupun targetnya hanya $1 tapi buktinya bisa lebih dari $1 per blog per hari.

Dan antara blog satu dengan blog yang lainnya tentunya memiliki penghasilan yang berbeda. Bisa jadi blog A dapat $3 per hari, blog B mendapat $5 per hari, dan lain sebagainya.



B. Bukti bahwa memperbanyak blog bisa meningkatkan penghasilan Adsense

Sobat, saat ini saya memiliki lebih dari 10 blog yang menurut saya layak untuk adsense. 

Mana buktinya bahwa memperbanyak blog bisa meningkatkan penghasilan adsense?
Contoh buktinya ada pada screenshot di atas. Di mana screenshot di atas saya ambil di dasbor adsense pada tanggal 26 Februari 2017. dan itu adalah laporan adsense pada bulan Januari 2017.

Apakah setiap bulan hasilnya bisa seperti yang terlihat di screenshot di atas?
Ahaa, ini rahasia perusahaan lah yaw. Tentunya ya ini masalah rejeki, yang jelas tidak mungkin sama anatara bulan ini dengan sebelumnya dan/atau dengan bulan besok. Yang jelas bisa turun dan bisa naik. Semoga saja sih naik terus. Aamiin 


Itulah beberapa tips yang terbukti ampuh untuk meningkatkan pendapatan google adsense berdasarkan pengalaman dari para master yang telah berhasil saat ini dan berdasarkan pengalaman publisher adsense pemula yakni pengalaman pribadi saya. 

Tapi ingat jangan serta merta langsung diterapkan begitu saja pada akun Anda, jadi tetap harus dicoba-coba dulu satu persatu kemudian lakukan evaluasi. Mana  yang berefek baik silahkan dipakai dan yang justru sebaliknya ya jangan dipakai. Terimakasih dan semoga bermanfaat. 

18 Komentar Meningkatkan Penghasilan Blog dari Google Adsense itu Butuh Kerja Keras dan Cerdas

  1. Google sekarang menampilkan iklan berdasarakan history browsing pengunjung mas jadi kadang iklan tdk relevan.Contohnya saya habis browsing kamera eh tau tahu kalau saya buka situs yang keluar iklan kamera walaupun arikelnya kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang memang gitu mas, tapi seringnya tetap sesuai kata kunci yang dimasukkan.

      Hapus
  2. Lengkap sekali ulasannya, makasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he, belu lengkap nih mas, masih perlu ditambah lagi sesuai pengalaman saya

      Hapus
  3. Saya dah coba berbagai macam jenis iklan namun pendapatan masih juga minim mas, tapi ya maklumlah traffic ndak stabil, makasih ilmunya mas Syamsu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai jurus pamungkas mas, yakni perbanyak blog niche

      Hapus
  4. Memperbanyak niche blog itu yg menurut saya sulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada kata sulit mas Takim, lakukan sedikit demi sedikit dengan santai saja

      Hapus
  5. Artikel yang sangat bermanfaat mas Syamsu, terimakasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih juga bund atas partisipasi dan motivasinya

      Hapus
  6. Wah mas syamsu blak blak-an ilmunya, itu yang saya suka. Semoga sukses mas... o iya sedikit info juga saya punya blog warna hitam walaupun artikel baru 150 tapi mengalahkan yang blog gado" jumlah artikel 450. Saya tidak tau apakah nice blog yang berpengaruh atau warna gelapnya itu. (linegifts.blogspot.co.id)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaa, jadi agak malu nih. he he. Ya walaupun publisher adsense yunior, boleh kan kalau blak-balakan?,,hiks. Sengaja nih bos, biar para master adsense yang membaca artikel pengalaman adsense saya agak bisa tersenyum.hmmm

      Wah kalau masalah warna dasar putih atau hitam dan/atau warna polos lainnya itu sebenarnya tidak masalah bos. Yang penting kan kita harus pandai memadukan kombinasi warna iklannya.

      Di atas saya tuliskan warna dasar putih karena hematnya begitu, jadi pakai warna iklan default lebih OK.

      Nah berarti penghasilan adsense bisa mengungguli blog multi niche, menurut saya itu lebih dominan disebabkan oleh faktor blog niche bos.

      2 dari 6 blogku yang saya pakai tuk adsense juga masih miskin artikel loh bos. Mereka berdua saya gunakan tuk adsense sejak jumlah artikelnya baru 10. Dan sampai saat ini jumlah artikelnya masih di bawah 30 artikel.

      Hapus
  7. Saya dulu kepengen akun adsense sekali dah punya eh udah gak mut lagi nulis blog. jadinya nganggur tuh akun. memang sih akunnya masih di youtube aja.

    Salam kenal mas
    Kalau mau jual pulsa, yuk mampir ke rumah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget tuh kalau dianggurin akunnya.

      Hapus
  8. Wah... website pendidikan paling gede pendapatannya...
    Keren Mas... Semuanya pakai TLD...
    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaaa, baru punya sekitar 10 TLD mas.

      Hapus
  9. alhamdulillah bertambah lagi wawasan sebelum mendaftarkan blog ke adsense. terimakasih mas. semoga bermanfaat untuk semua..amin..

    BalasHapus
  10. luar biasa ulasannya.
    terima kasih banget. sangat sangat membantu

    BalasHapus

Back To Top