Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Cara Mendapatkan Uang untuk Lebaran dengan Ternak Mentok Musiman

Cara Mendapatkan Uang Banyak untuk Lebaran dengan Ternak Entok/Mentok/Menthok/Mentog/Menthog Musiman_Hari Raya Idul Fitri masih jauh, namun biasanya di bulan Rajab, Syaban, dan Ramadan sudah banyak orang Islam becerita dan menyusun rencana dalam mempersiapkan perayaan Lebaran. Selain rencana dan amalan Ibadah, tak sedikit umat Islam yang mempersiapkan keuangan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mengingat kebutuhan menjelang, saat, dan sesuadah lebaran biasanya meningkat, selain itu harga barang kebutuhan sehari-hari juga naik drastis,  lalu bagaimana cara mencari uang tambahan yang banyak untuk lebaran?, sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan uang banyak yang akan digunakan untuk persiapan lebaran, namun di halaman ini saya khususkan tentang mendapatkan uang untuk lebaran dengan cara ternak mentok musiman.
Cara Mendapatkan Uang untuk Lebaran dengan Ternak Mentok Musiman

Ternak mentok merupakan salah satu bisnis ternak yang menjanjikan dan menguntungkan, baik ternak mentok dilakukan pada hari-hari biasa maupun ternak mentok yang dilakukan secara musiman. Mentok termasuk hewan pemakan segala ( omnivora ) sehingga dalam beternak mentok bisa mencari pakan ternak aternatif agar mengurangi biaya produksi. Pakan alternatif untuk mentok yang bisa didapatkan dengan mudah dan murah seperti keong mas. Kita dapat mendapatkan keong mas di sawah untuk pakan mentok. Dengan demikian modal kita hanyalah tenaga dan waktu.

Selain keong mas, kita juga bisa memanfaatkan tumbuhan talas babi untuk campuran pakan ternak mentok. Contoh lainnya lagi, kita dapat membeli sayuran yang sudah layu di pasar dengan harga yang murah, bahkan kita bisa mendapatkannya secara gratis.

Cara Mendapatkan Uang untuk Lebaran dengan Ternak Meri (Mentok Muda) Musiman

1. Belilah mentok muda ( meri )  
Agar Anda bisa mendapatkan uang banyak dengan cara ternak mentok musiman, maka belilah mentok muda ukuran tanggung yang kiranya sudah mulai tumbuh bulu sayapnya dan/atau silakan sesuaikan waktu pembelian yang kiranya mentok muda tersebut bisa siap panen pada akhir Ramadan dan/atau awal Syawal. Mengingat harga mentok pada 10 hari akhir Ramadan dan 10 hari awal Syawal harganya cukup bisa mempertebal uangnya para penjual mentok.

2. Perbanyak membeli mentok jantan
Sebenarnya menjelang maupun sesudah lebaran harga mentok biasanya sama-sama tinggi antara mentok jantan dan betina, walaupun harga mentok betina harganya ikut tinggi sebaiknya perbanyak beternak mentok jantan karena harganya jauh lebih tinggi.

3. Pelihara mentok dengan perawatan yang baik dan benar
Beternak mentok bisa dilakukan dengan mudah, namun kita harus memperhatikan tentang hasil yang bagus. Adapun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, artinya mentoknya sehat/gemuk dan intinya nantinya harga jualnya tinggi maka kita harus merawatnya dengan baik misalnya dengan cara membuatkan kandang yang memenuhi syarat kesehatan ternak mentok. Selain kandang, kita juga harus memberi pakan dengan teratur.

4. Jadilah peternak sekaligus penjual langsung 
Setelah pada saatnya panen yakni di waktu akhir Ramadan dan Awal Syawal, jual lah mentok-mentok tersebut. Usahakan kita langsung menjualnya ke konsumen. Ahaa, biasanya sih di saat-saat itu para konsumen yang datang ke tempatnya para peternak mentok. Dengan demikian kita dapat memperoleh uang yang banyak karena harga tentunya tinggi namun tidak memberatkan para pembeli/konsumen.


Demikian sekilas tentang Cara Mendapatkan Uang untuk Lebaran dengan Ternak Mentok Musiman di Musim Lebaran. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Cara Mendapatkan Uang untuk Lebaran dengan Ternak Mentok Musiman

Posting Komentar

Back To Top