Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Cara Mencari Relasi Bisnis yang Baik dan Dapat Dipercaya

Cara Mendapatkan Relasi Bisnis yang Baik dan Dapat Dipercaya_Dalam menjalankan bisnis kita tentunya akan memerlukan hubungan bisnis dengan mitra. Ketepatan kita dalam mendapatkan relasi bisnis dapat menunjang keberhasilan bisnis kita. Ini berarti relasi bisnis sangat penting untuk membantu mengembangkan bisnis kita. Namun untuk mencari relasi bisnis yang mudah dipercaya bukanlah hal yang mudah. kadang kita sulit untuk mengetahui hati seseorang yang sebenarnya karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya ada di dalam hatinya.
Cara Mencari Relasi Bisnis yang Baik dan Jujur

Meskipun begitu bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan relasi bisnis yang jujur. Di dunia ini pastilah masih banyak seseorang yang memiliki hati yang baik dan dapat menjadi relasi bisnis yang setia dan dapat dipercaya. Namun mungkin kita hanya belum menemukannya saja.
Untuk membantu Anda dalam menemukan relasi bisnis yang bisa dipercaya, berikut ini adalah cara mencari relasi bisnis yang baik dan mudah dipercaya:

1. Bersikaplah sopan dan ramah.
Jangan sekali-kali Anda bersikap kepada relasi bisnis Anda hanya berdasarkan pada target yang ingin Anda capai. Anda harus ingat bahwa Anda sedang menjalin hubungan dengan manusia yang sama seperti Anda memiliki akal dan perasaan.

Ini yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan relasi bisnis dapat menerima kerja sama kita bukan karena mereka membutuhkan produk yang kita tawarkan tapi kadang justru yang mereka lihat adalah orangnya. Artinya mereka melihat kita sebagai orang yang menawarkan produk. Ini berarti mereka memperhatikan sikap kita.

Sikap sopan dan ramah akan membuat relasi bisnis memiliki rasa hormat dan segan pada kita. Disamping itu mereka pun akan merasa dihargai dan dihormati juga.

2. Menentukan sasaran relasi usaha.
Ini juga tahapan yang penting bagi anda. Anda harus memiliki kreteria siapa saja yang dapat menjadi relasi bisnis anda. Cara untuk melakukannya adalah dengan membuat tujuan dari produk kita. Dengan begitu kita akan mengetahui siapa saja yang kita perlukan dalam bisnis ini.

3. Menyesuaikan diri dengan calon relasi bisnis.
Kita harus pandai-pandai untuk menyesuaikan diri dengan calon relasi bisnis kita. Jika kita sedang berbicara dengan pengusaha senior yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun maka cara bicaranya pun akan berbeda ketika kita berbicara dengan pengusaha yang baru mulai 1 tahun.

Selama pembicaraan itu buatlah penilaian apakah orang yang Anda ajak bicara tersebut layak untuk menjadi relasi bisnis Anda atau hanya sekedar pelanggan anda.

4. Melakukan follow up.
Setelah kita yakin telah menemukan seorang relasi bisnis yang tepat maka kita harus segera follow up dari pertemuan tersebut. Follow up disini tidak harus Anda langsung menjalin kerja sama tapi Anda dapat melakukan komunikasi, mendatangi perusahaannya, atau melakukan sharing.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih banyak tentang relasi bisnis Anda yang baru itu. yang perlu Anda tahu adalah bahwa relasi bisnis Anda yang baru tersebut tidak akan menghubungi kita lebih dulu karena setelah pertemuan pertama tersebut masih banyak hal yang diurusi oleh dia sehingga pertemuan dengan kita mungkin saja sudah dilupakan.

Yang harus kita lakukan adalah buatlah dia sebagai preoritas kerja sama kita untuk kedapannya. kemudian jika memang semuanya sudah memungkinkan Anda dapat membuat kerja sama terhadapnya. Dalam menjalin kerja sama tahap awal ini pun Anda harus berhati-hati. Buatlah kerja sama yang tidak terlalu besar. Ini untuk mengukur komitmen relasi bisnis Anda tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang cara mencari relasi bisnis yang baik dan dapat dipercaya. Semoga bermanfaat.
Back To Top