Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/09/17

7 Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

7 Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang_Saat ini, usaha-usaha kecil yang dijalankan oleh rumah tangga sudah banyak tersebar di Indonesia mulai dari bisnis online shop, bisnis makanan atau bisnis kerajinan tangan. Banyak keuntungan yang sudah diraih oleh wirausahawan dari usahanya. Namun kadang-kadang angan-angan itu terkendala pada modal yang sulit didapatkan. Memang untuk memulai segala usaha, kita pasti membutuhkan modal baik skala kecil maupun besar.
Bila Anda menemukan masalah yang sama dengan diatas. Ada cara cepat dan ampuh untuk memperoleh modal tanpa berhutang. Berikut ulasannya.
Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang
Cara Cepat Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Hutang

1. Jual Barang yang Tidak Terpakai.
Anda bisa menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi. Misalnya alat elektonik, baju, tas, mesin cuci dan masih banyak lagi. Memang harganya akan dibawah harga aslinya, tetapi kalau dalam jumlah banyak, maka uang yang Anda terima juga banyak.

2. Gadaikan Benda Berharga
Kalau Anda belum rela menjual barang-barang berharga seperti diatas, maka Anda bisa menyimpan terlebih dahulu di pegadaian. Anda bisa menggadaikan emas, motor atau barang elektronik lainnya untuk memperoleh uang dari hasil gadaian.
Di pegadaian, bunga yang ditetapkan lebih rendah dibanding bunga bank. Sehingga Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk menukarkan kembali dengan barang yang  di gadaikan.

3. Mencari Investor
Modal usaha Anda bisa berasal dari investor. Seorang investor hanya akan menanamkan modal dalam usaha dan berhak menerima hasil keuntungan dari usaha Anda. Mereka tidak akan ikut campur dalam operasional usaha.

Untuk menarik investor, Anda bisa mengajukan proposal bisnis yang isinya memuat tentang kondisi bisnis yang akan dikembangkan secara apa adanya kepada calon investor.
Jika proposal itu diterima, nantinya akan ada pembicaraan antara investor dan pemilik usaha mengenai pembagian keuntungan bisnis.

4. Patungan dengan Teman
Tak salah jika Anda mengajak kerabat atau sahabat Anda guna bekerja sama dalam membangun usaha. Anda juga tidak mengeluarkan modal terlalu besar, karena modal usaha akan ditanggung sahabat Anda.

Namun ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengajak partner berbisnis. Anda harus benar-benar selektif dalam memilih partner usaha yang bisa diajak bersama untuk berkomitmen demi kemajuan usaha Anda.
Selain itu, Anda juga harus melakukan komunikasi yang baik antar partner supaya tidak terjadi miss komunikasi dan salah persepsi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pembagian hasil usaha. Hasil usaha baik untung maupun rugi harus ditanggung bersama dengan sahabat Anda.

5. Modal Konsumen
Modal ternyata bisa berasal dari konsumen. Anda dapat meminta uang muka jasa terlebih dahulu kepada konsumen sebelum produk atau barang yang Anda kerjakan jadi.
Anda bisa meminta konsumen untuk membayarkan 40% dari harga seluruhnya, lalu dana yang sudah Anda peroleh tersebut bisa digunakan sebagai modal sampai pekerjaan selesai. Dan setelah itu, konsumen cukup membayar kekurangannya.

6. Menghemat dan Menyisihkan Uang Pribadi
Anda tidak perlu susah-susah cari modal ke orang lain, sekarang Anda bisa menyisihkan uang pribadi dan melakukan penghematan.
Jika uang ini disisihkan maka akan bisa terkumpul menjadi banyak dan bisa digunakan untuk modal usaha. Semakin banyak uang yang Anda sisihkan, maka semakin banyak pula modal usaha yang diperoleh.

7. Lewat Internet
Di sini Anda cukup sediakan koneksi internet untuk memperoleh modal. Ada situs yang akan memberikan modal yang disebut crowdfunding. Di Indonesia situs ini seperti Wujudkan, AyoPeduli atau Kita Bisa.

Di situs-situs tersebut, Anda bisa menawarkan usaha dan nantinya para pengunjung yang berminat dengan usaha Anda akan memberikan uangnya. Setelah itu sebagai imbalannya, Anda bisa memberikan keuntungan usaha kepada mereka sesuai dengan peraturan situs tersebut.

Demikian tentang Cara Dapat Modal Usaha Tanpa dengan Hutang. Semoga sukses.

Back To Top