Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/09/17

7 Cara Termudah Belajar Bisnis Internet Marketing bagi Pemula

7 Cara Termudah Belajar Bisnis Internet Marketing bagi Pemula_Semakin mudahnya akses internet diiringi dengan munculnya berbagai media sosial memudahkan wirausahawan untuk memasarkan produknya. Jika Anda hendak memulai  suatu bisnis, kemudahan akses internet ini bisa membantu Anda menjaring  konsumen yang lebih luas. Ketika menggunakan internet sebagai alat pemasaran suatu produk, ada baiknya Anda memahami tentang internet marketing. Internet marketing bisa membantu Anda menentukan produk yang bisa diterima di pasaran dan cara mempromosikan produk Anda.
Cara Belajar Bisnis Internet Marketing bagi Pemula
Berikut ini beberapa cara belajar bisnis internet marketing bagi pemula yang bisa Anda terapkan sebelum memulai bisnis internet marketing.

1. Perlunya Memiliki Kepercayaan dan Keyakinan Diri
Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia internet marketing, Anda harus menyiapkan diri dan memiliki keyakinan bahwa Anda bisa berhasil di bidang tersebut.  Awalnya memang tidak mudah, namun seiring dengan waktu jika Anda sabar dan telaten kemungkinan untuk berhasil bisa lebih besar.

Saat Anda mengalami kegagalan, evaluasi cara-cara yang Anda lakukan, kemudian perbaiki cara Anda. Jika anda masih mengalami kegagalan, mungkin perlu dipikirkan bahwa dunia internet marketing memang bukan jalan Anda.

2. Belajar dari Pakar Internet Marketing
Jika masih belum yakin akan kemampuan Anda, Anda bisa meminta pendapat dari pakar internet marketing atau belajar dari orang-orang yang telah lebih dahulu berkecimpung di dalam bisnis ini.

Caranya Anda bisa bergabung dengan komunitas internet marketer di media sosial atau mengikuti pelatihan yang diadakan oleh pakar internet marketing di kota Anda. Kalau perlu belajarlah dari buku-buku yang membahas tentang internet marketing secara lebih mendalam.

3. Melakukan Riset Produk
Setelah Anda memiliki ilmu dan keyakinan yang cukup, kini tibalah saatnya untuk memulai bisnis internet marketing. Langkah awal yang harus dilakukan sebagai internet marketer yaitu meriset produk yang akan dipasarkan. Hal ini dilakukan dengan mencari tahu tentang produk yang sedang tren dan jumlah peminat produk tersebut.

Apabila Anda mengalami kesulitan melakukan riset ini, Anda bisa memakai program dari Google yaitu Google Adwords Keyword Planner. Tool ini memungkinkan kita untuk mengetahui kecenderungan pencarian sebuah produk tiap bulannya hingga mengamati perkembangan jumlah permintaan produk tersebut.

Jika menurut hasil riset suatu produk memiliki penurunan jumlah pencarian per bulannya, produk tersebut bisa dikatakan tidak sesuai untuk dijadikan produk bisnis jangka panjang.

4. Melakukan Riset Persaingan
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni melakukan riset persaingan. Riset ini dilakukan untuk mencari tahu banyaknya produk serupa yang berpotensi menjadi pesaing bagi produk Anda. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan fasilitas Google Search.

5. Memilih Tempat Promosi
Untuk mengenalkan produk Anda kepada calon pembeli, seorang internet marketer harus memiliki tempat untuk berpromosi. Tempat promosi ini selanjutnya akan memudahkan calon pembeli untuk mencari tahu tentang produk yang anda jual sekaligus menghubungi Anda sebagai penjualnya.

6. Menggunakan Aplikasi Internet Marketing
Keberadaan aplikasi internet marketing bisa mempermudah kerja para internet marketer dalam menganalisis dan mempromosikan produk yang mereka jual. Aplikasi internet yang disediakan secara gratis oleh Google yakni Google Current. Aplikasi ini menampilkan berita bisnis terkini dan cocok dipakai bagi internet marketer di bidang bisnis maupun penyedia berita.

Aplikasi lain yang bisa digunakan adalah aplikasi Buffer App. Aplikasi ini akan memudahkan Anda berbagi konten di media sosial. Ketika Anda memposting info suatu produk dengan Buffer App, secara otomatis postingan tersebut akan tampil di semua akun media sosial Anda yang terhubung  dengannya.

7. Tidak Ada Jalan Pintas Untuk Sukses
Yang terakhir, Internet marketing harus dijalankan dengan sabar dan telaten untuk bisa mencapai kesuksesan. Sebagai internet marketer, Anda harus sabar dan telaten dalam mengembangkan serta mengelola sebuah website pemasaran. Manfaatkan fasilitas iklan untuk meningkatkan traffic website yang Anda miliki.

Semoga dengan melakukan cara-cara ini Anda bisa segera memulai bisnis internet marketing yang Anda inginkan.
Back To Top