Bisnise

Info Bisnis Terbaru

24/04/17

Peluang dan Tips Bisnis Es Kelapa Muda (Degan)

Peluang Bisnis Es  Kelapa Muda_Di tengah panasnya terik matahari, tentu sangat menggiurkan jika ada penjual es degan/kelapa muda, betul kan? hmm...., selain bisa menyegarkan tenggorokan dan menghapus dahaga, seperti yang kita tahu, kelapa muda mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, sangat disarankan jika kita sesekali waktu mengkonsumsi minuman ini, daripada mengkonsumsi minuman dingin dalam bentuk kemasan yang kita tak tahu apa kandungannya.
Peluang dan Tips  Bisnis Es  Kelapa Muda (Degan)
Nah, mengingat banyaknya orang yang suka dengan segarnya es degan/kelapa muda, maka potensi penghasilan berjualan es kelapa muda bisa lebih menguntungkan dan terbukti banyak orang yang menjadikan usaha ini sebagai sumber pemasukan utama. Selain tak membutuhkan modal yang besar, untuk menjalankan usaha ini terbilang mudah. Hampir semua orang bisa meracik ata membuat es kelapa muda yang nikmat nan segar.

Nah, buat  Anda yang tergiur ingin menggeluti bisnis es kelapa muda, berikut ini kami bagikan ulasan mengenai banyak hal seputar bisnis es kelapa muda. Mulai dari langkah-langkah persiapannya, dan tips-tips bermanfaat lainnya.

A. Langkah-Langkah Membuka Usaha Jualan Es Kelapa Muda
Bagi  Anda yang tertarik untuk membuka usaha bisnis es kelapa muda, berikut ini kami bagikan langkah-langkah memulainnya agar sukses besar..

1. Mempersiapkan modal
Modal adalah hal yang  paling utama dipersiapkan. Tidak usah menungggu terkumpul modal yang banyak. Bahkan hanya degan modal beberapa ratus ribu saja  Anda bisa memulainya. Besar kecilnya modal tergantung besar kecilnya usaha yang  Anda mau jalankan. Dan sebaiknya untuk pemula memulai dari yang kecil-kecilan dulu, dengan memakai rombong sederhana.

2. Memilih tempat yang strategis
Kesuksesan usaha tidak terlepas dari tempat dimana usaha tersebut berada. Tempat yang strategis akan membuat usaha cepat sukses dan berkembang, karena tempat tersebut akan cepat diketahui oleh banyak orang.

Tempat yang strategis tidaklah harus ditengah perkotaan yang dikenal ramai, tempat yang jauh dari perkotaan juga memungkinkan untuk membuka usaha jualan es kelapa muda. Tempat yang bagus untuk usaha adalah jalan lintas atau jalan yang banyak dilalui pengendara.

Target pelanggan jualan es kelapa muda adalah orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan membutuhkan tempat istirahat untuk pelepas dahaga selama diperjalanan.

3. Selalu penuh Inovasi
Es kelapa muda biasanya dibuat hanya dengan air kelapa muda yang ditambah dengan es batu. Supaya terlihat istimewa, sebaiknya membuat es kelapa muda yang diberi sedikit inovasi. Mungkin Anda dapat menambahkan gula aren.

Jika biasanya es batu yang dipecah, tak ada salahnya berinovasi  dengan menyajikannya bersama es serut/salju.  Anda juga dapat membuat inovasi dengan menawarkan beberapa variant yang berbeda, misalnya es kelapa muda campur madu, es kelapa muda campur jeruk atau lemon, dan lain sebagainya.

4. Pastikan  Anda Tingkatkan Kualitas Pelayanan
Di dalam setiap bisnis yang melibatkan pelanggan sebanyak-banyaknya sebaiknya berikanlah pelayanan yang baik kepada semua pelanggan. Selain varian rasa, usaha  Anda akan cepat berkembang dan diketahui banyak orang karena adanya pelayanan yang baik.

Pada umumnya orang-orang yang berkunjung dan menikmati usaha  Anda akan bercerita dengan orang-orang lain sekitar mereka. Sehingga, bisa di bilang, pelayanan yang baik akan membantu promosi usaha  Anda.

B. Bahan Baku  dan Peralatan Es Kelapa Muda
Bahan baku untuk es kelapa muda  sangatlah mudah di dapat, karena tentunya hampir di semua daerah di negeri ini terdapat pohon kelapa. Sehingga,  Anda yang mau menjalankan usaha ini tidak kesulitan dalam mencari bahan baku.

Anda dapat langsung  membeli dipasar atau langsung ke pemasoknya. Walaupun tiap daerah mungkin berbeda-beda, tapi mungkin gak beda jauh, biasanya berkisar antara yRp. 3000 – Rp. 7000 per buahnya.

Bahan baku lain untuk membuat dari es kelapa muda adalah gula pasir  atau sirup sebagai pemanis dan es batu untuk menambah kesegaran dari es kelapa muda tersebut.

Selain itu peralatan yang diperlukan untuk usaha es kelapa muda ini, antara lain: gerobak yang akan digunakan untuk menyimpan tiga sampai empat termos untuk isian es kelapa muda, kemudian toples besar untuk air gula, sendok, sedotan,gelas, plastik, kursi dan meja untuk pembeli.

C. Tips Menjalankan bisnis es kelapa muda
Untuk menjual es kelapa muda ini bisa dilakukan dengan berkeliling menggunakan gerobak dan juga dengan membuka kios di pinggir jalan. Dengan kondisi cuaca di negeri ini yang terbilang panas saat siang hari, maka kemungkinan besar tak sulit menjajakan es kelapa ini.

Untuk lebih membuat pembeli tertarik,  Anda bisa mendesain gerobak  Anda semenarik mungkin, dan jangan lupa di pada bagian depan kasih banner, spanduk atau tulisan yang menyatakan jika  Anda menjual es kelapa muda.

D. Risiko Usaha dan Cara Menanganinya
Untuk risiko usaha es kelapa muda ini terbilang kecil, selain persaingan antara pengusaha es yang lain seperti es buah, es cendol dan cincau, tentunya faktor cuaca juga mempengaruhi usaha ini.

Untuk itu jika cuaca yang tidak mendukung, dapat disiasati dengan cara mengurangi dulu stock buah kelapa. Baru pada saat musim kemarau atau panas,  Anda menyiapkan banyak porsi.

E. Modal Jualan Es Kelapa Muda
Berapa Modal yang di Butuhkan Untuk Membuka Usaha Es Kelapa Muda?, Nah buat  Anda yang tertarik ingin menekuni usaha ini, berikut ini kami lampirkan gambaran mengenai alat-alat apa saja yang di butuhkan, agar  Anda bisa mendapatkan gambaran kasar mengenai biaya awal yang harus  Anda siapkan:

1. Gerobak atau both :  2 juta
2. Toples : 100ribu
3. Termos Es  :   300ribu
4. Pisau/Golok  : 70ribu
5. Meja dan  Kursi  :  500ribu
6. Sendok, gelas,dan lainnya : 200ribu

Di atas tentu saja hanya perkiraan saja, bisa kurang dan tentunya bisa lebih jika  Anda membuka usaha tersebut untuk skala yang lebih besar.

Baca juga Peluang Bisnis Kue Rumahan

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami bagikan mengenai peluang bisnis es kelapa muda. Semoga bermanfaat .

 
Back To Top