Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

10 Jenis Bisnis Online yang Cocok bagi Karyawan Pabrik

10 Jenis Bisnis Online yang Cocok bagi Karyawan Pabrik_Sebagai karyawan pabrik/perusahaan/PT, biasanya kita memiliki keterbatasan waktu untuk memiliki usaha sampingan. Lamanya waktu kerja yang melelahkan sejak pagi hingga sore membuat kita urung memikirkan sumber penghasilan selain dari gaji karyawan. Kini dengan semakin mudahnya mendapatkan akses internet maka semakin terbuka lebar juga peluang kita untuk mendapatkan penghasilan secara online. Memulai berbisnis online sangat mungkin dilakukan tanpa mengganggu jam kerja kita.
Jenis Bisnis Online yang Cocok bagi Karyawan Pabrik
Jika Anda merasa bingung memilih bisnis online yang cocok dengan karakter Anda, maka daftar 10 jenis bisnis online yang cocok bagi karyawan pabrik berikut ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

1. Menjadi Penulis Lepas
Bisnis ini bisa Anda lakukan di waktu luang Anda setelah jam kerja atau di akhir pekan. Untuk mempromosikan keahlian yang Anda miliki, Anda bisa memulainya dengan memiliki blog atau website pribadi.

Berlatihlah secara rutin untuk membiasakan diri menulis artikel hingga menghasilkan tulisan yang berkualitas. Semakin berkualitas tulisan Anda, semakin besar kemungkinan tulisan Anda diminati oleh pemilik website konten yang membutuhkan artikel Anda.

2. Menjadi Penerjemah Online
Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing, jangan sia-siakan kemampuan tersebut. Anda bisa mencoba menawarkan jasa penerjemah teks, naskah, atau artikel berbahasa asing di website seperti Sribulancer atau Fiverr.

3. Berjualan Secara Online 
Berjualan kini bisa dilakukan tanpa harus menyewa kios atau membangun toko. Anda bisa menjual produk dari pihak lain atau produk kreasi Anda sendiri melalui situs toko online maupun media sosial.

4. Menjadi Penyedia Tempat Iklan
Bagi Anda yang suka menulis di blog atau website pribadi, kini bisa Anda jadikan sebagai sumber penghasilan pasif. Anda bisa menggunakan website tersebut sebagai tempat bagi pihak pengiklan untuk beriklan di website Anda. Semakin berkualitas dan menarik tulisan website Anda, semakin disukai oleh pihak pengiklan seperti Google.

5. Memberi Pelatihan Online
Bisnis ini merupakan salah satu solusi bagi Anda yang ingin membagikan pengetahuan Anda tanpa harus menyewa atau membuat ruangan khusus sebagai tempat pelatihan. Anda bisa membuat video berseri tentang materi yang Anda sukai. Peserta kursus bisa mengunduh materi kursus tersebut di website Anda atau menggunakan fasilitas video untuk berkonsultasi langsung dengan Anda.

6. Menjual Desain Online
Jika Anda suka membuat desain baju, lukisan atau motif-motif unik Anda bisa menjual desain tersebut secara online. Situs seperti tees.co.id, devianart, atau redbubble bisa menjadi pilihan sebagai tempat menjual desain baju yang Anda buat.

7. Menjual Stok Foto
Setiap website konten pasti membutuhkan foto untuk melengkapi konten berita yang mereka posting. Tapi, tidak semua pemilik website bisa menghasilkan foto untuk digunakan pada website yang mereka miliki. Biasanya mereka membeli foto yang tersedia di website stok foto seperti istock, fotolia, dan shutterstock.

Jika Anda memiliki hobi fotografi, Anda bisa menjual royalti foto Anda di website stok foto tersebut. Pastikan foto Anda berkualitas baik, jelas, bersih dari noda dan cukup kreatif untuk menarik minat pembeli.

8. Menjadi Youtuber
Situs Youtube memberi peluang bagi penggunanya untuk memperoleh penghasilan dari akun channel youtube yang mereka miliki. User bisa mendapatkan komisi dengan mengijinkan pihak Youtube memasang iklan di video yang mereka upload.

Anda bisa mengupload video lucu, video tutorial maupun video berita sepanjang tidak melanggar hak cipta pihak lain. Sedangkan komisi yang bisa Anda didapatkan berasal dari tiap iklan yang diklik maupun iklan yang tayang di chanel Youtube Anda.

9. Menjadi Dropshipper
Menjadi dropshipper berarti Anda menjual suatu produk tanpa mempunyai stok produk tersebut. Dalam hal ini Anda hanya menjadi perantara antara supplier dengan pembeli. Pembeli memesan produk yang Anda tawarkan, kemudian Anda mengajukan pesanan tersebut ke pihak supplier. Pihak supplier yang nantinya langsung mengirim produk kepada pembeli.

10. Berinvestasi Saham
Berinvestasi saham dapat Anda lakukan menggunakan laptop maupun handphone yang terkoneksi dengan internet. Sebagai langkah awal Anda bisa menyediakan modal yang tidak terlalu besar. Apabila sudah bisa mendapatkan keuntungan secara rutin, Anda bisa menambah modal yang digunakan.

Itulah 10 jenis bisnis online yang cocok bagi karyawan pabrik dengan modal yang terbatas. Bisnis tersebut bisa Anda lakukan tanpa harus mengundurkan diri dari pekerjaan yang Anda miliki sekarang. Lakukanlah dengan tekun, siapa tahu lama-kelamaan bisa menggantikan pekerjaan utama Anda.

2 komentar

Dulu waktu saya masih jadi karyawan menekuni bisnis kreditan pakaian mas untungnya lumayan

Wah bisa dikembangbiakan tuh bisnis pakaiannya secara online lewat blog, he he

 
Back To Top