Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

27/04/17

Pentingkah Asuransi Kendaraan Bermotor?

Asuransi Kendaraan Bermotor, Penting atau Tidak?_Pada saat ini, jarak merupakan hal yang sudah bukan masalah seperti dulu karena sudah tersedianya alat tranportasi seperti kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor sendiri memiliki peran penting dalam aktivitas yang dilakukan masyarakat guna memperpendek waktu dan juga menyimpan tenaga apabila memiliki tempat kerja yang jauh. Walau sudah ada transportai umum yang kian hari kian baik, namun tidak ada salahnya memiliki kendaraan sendiri untuk berjaga-jaga.
Asuransi Kendaraan Bermotor, Penting atau Tidak?

Karena fungis dari kendaraan bermotor yang penting Anda harus menjaga kendaraan Anda agar kondisinya selalu baik dan juga layak untuk dipakai. Salah satu penjagaannya adalah dengan mengasuransikan kendaraan Anda. lalu apa saja manfaat yang dapat Anda dapat bisa mengasuransikan kendaraan Anda? apakah penting atau tidak untuk mengasuransikannya?

A. Manfaat Asuransi Kendaraan
inilah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh apabila Anda mengasuransikan kendaraan Anda:

1. Melindungi dari Kerusakan
Walaupun kita sudah sangat hati-hati dalam mengendarai kendaraan namun tetap saja ada resiko dari luar yang dapat membuat kendaraan kita rusak, seperti kecelakaan yang ditimbulkan kelalaian orang lain. Tentu saja apabila terjadi kerusakan akan membuat kita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Namun, bila Anda menggunakan asuransi kendaraan, kendaraan Anda akan aman karena kerusakan bisa ditanggung pihak asuransi.

2. Melindungi dari Pencurian
Karena kendaraan bermotor memiliki harga tinggi untuk dijual, maka banyak sekali orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencuri kendaraan. Untuk itu Anda harus menjaga kendaraan Anda dari para pencuri. Namun kita [asti tetap khawatir karena kelalaian bisa terjadi kapan saja.

Untuk itu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kendaraan dari pencurian adalah dengan mengasuransikannya. Pihak asuransi akan mengganti atau memberikan dana yang sudah disetujui dari awal perjanjian asuransi berlangsung apabila kendaraan Anda dicuri oleh orang lain.

3. Membantu untuk Bertanggung Jawab Pada Pihak Ketiga
Anda tentu saja bisa secara menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan adanya korban. Asuransisi akan mengambil alih tanggung jawab tersebut jika kecelakaan tersebut terjadi, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

B. Besaran Premi
Bila Anda sudah sadar akan pentingnya suransi kendaaraan untuk Anda, maka langkah kedua yang harus Anda ketahui adalah mengetahui besaran premi yang harus Anda bayarkan. Lalu berapakah berasan premi tersebut? besaran premi ditentukan berdasarkan hal-hal berikut ini:

1. Jenis dan Harga Kendaraan
Jenis dan harga kendaraan menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan biaya premi. Jenis tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu untuk kendaraan nonbus dan truk, kendaraan bus dan truk, dan yang terakhir kendaraan roda dua. Pembagian yang berdasarkan jenis kendaraan ini berlaku untuk semua jenis asuransi kendaraan, seperti Total Loss Only dan All Risk.

Setelah itu harga menjadi pertimbangan sebelum biaya premi asuransi diputuskan. Semakin mahal harga kendaran Anda tentunya semakin tinggi premi yang harus dibayarkan.

2. Wilayah Penggunaan
Pembagian wilayah untuk asuransi kendaraan diibagi menjadi tiga bagian, untuk wilayah satu mencakup pulau Sumatra dan sekitarnya, wilayah dua mnecakup Jawa Barat, Banten dan sekitarnya, dan wilayah tiga yang tidak tercakup dalam wilayah tersebut.

3. Umur Kendaraan
Semakin tua umur dari kendaraan Anda, akan lebih mahal premi yang akan dibebankan kepada Anda.

Itulah beberapa hal mengenai asuransi kendaraan bermotor. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan kendaraan Anda. pilihlah asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

0 Komentar Pentingkah Asuransi Kendaraan Bermotor?

Posting Komentar

Back To Top