Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

Apa Itu Entrepreneurship dan Salesmanship?

Apa Pengertian Entrepreneurship dan Salesmanship?_Dalam dunia bisnis tentu kita sering mendengar kata Entrepreneurship dan Salesmanship. Kedua kata tersebut memang menjadi istilah-istilah yang digunakan dalam dunia bisnis. Jika Anda telah lama terjun di dunia bisnis atau bahkan kuliah jurusan bisnis tentu istilah tersebut sudah tak asing lagi. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung apa itu entrepreneurship dan salesmanship. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perbedaan entrepreneurship dan salesmanship tersebut secara lengkap dan mendetail.
Apa Itu Entrepreneurship dan Salesmenship?

A. Pengertian Entrepreneurship
Apa yang dimaksud Entrepeneurship?_Entrepreneurship dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai kewirausahaan. Kewirausahaan artinya sebagai kegiatan yang menguntungkan atau berbisnis.

Entrepreneurship merupakan proses yang berhubungan dengan kreativitas dan inovasi untuk memahami peluang, mengorganisasi suatu sumber, dan mengelolanya, sehingga menjadi sesuatu yang bernilai dan menghasilkan keuntungan.

Selain itu, entrepreneurship juga menekankan pada aspek kreativitas maupun inovasi dalam menciptakan peluang yang baru.

Entrepreneurship meliputi berbagai kegiatan, antara lain:
  • Mampu menghasilkan produk baru menggunakan cara yang baru.
  • Dapat menghasilkan produk baru dan menemukan peluang baru.
  • Dapat mengkombinasikan berbagai faktor produksi untuk menghasilkan cara yang baru.
  • Dapat melakukan eksperimen yang kreatif.
Berbagai sikap yang harus dimiliki seorang entrepreneurship sejati : 
  • Mimiliki komitmen dan ketekunan yang tinggi.
  • Punya mental yang kuat
  • Mempunyai jiwa pemimpin
  • Berorientasi pada peluang dan sasaran yang ingin dicapai.
  • Tidak mudah menyerah ketika mengalami kegagalan.
  • Bisa mengelola risiko.
  • Memanfaatkan peluang dan mencari feed back (umpan balik).
Untuk menjadi seorang entrepreneurship ada hal-hal yang perlu dilakukan, yaitu:
  1. Menentukan tujuan yang jelas
  2. Menentukan target pasar yang akan dicapai sesuai dengan produk yang akan dihasilkan
  3. Meningkatkan jumlah modal untuk memperlancar bisnisnya
  4. Membangun sebuah tim yang dapat bekerja sama dengan baik
  5. Mendapatkan bagian dari pasar
  6. Dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan yang sewaktu-waktu terjadi. 
Pada intinya, seorang entrepreneurship memiliki kreativitas dan inovasi dalam memanfaatkan peluang dengan menggunakan cara-cara yang baru untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

Setelah kita membahas apa itu entrepreneurship, maka selanjutnya kita akan membahas apa itu salesmanship. Sehingga Anda dapat mengetahui perbedaan entrepreneurship dan salesmanship.

B. Pengertian Salesmanship
Apa yang dimaksud Salesmanship?_Jika entrepreneurship menekankan pada kemampuan inovasi dan kreativitas untuk menciptakan hal-hal baru, sedangkan salesmanship dalam dunia bisnis diartikan sebagai kemampuan menjual suatu barang atau jasa, sehingga menarik orang lain untuk membelinya.

Sebenarnya, salesmanship tidak hanya sebatas menjual barang atau jasa, namun seorang salesmanship juga dapat melakukan tindakan yang dapat mempengaruhi, mendorong, dan meyakinkan orang lain agar mengikuti apa yang ia inginkan.

Untuk menjadi seorang salesman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Mencintai pekerjaan
Seorang salesman tentu harus mencintai pekerjaannya, untuk memperlancar bisnis yang ia jalani. Akan sedikit sulit, apabila seorang salesman tidak mencintai pekerjaannya, karena ia akan mengalami kendala dalam menawarkan kepada orang lain.

2. Memiliki penampilan yang menarik
Orang akan tertarik kepada suatu hal pertama kali dilihat dari luarnya. Sehingga sebagai seorang salesman yang tugasnya menjual suatu produk barang atau jasa, dan mempengaruhi seseorang tentu harus memiliki penampilan yang menarik dalam meyakinkan, baik penampilan fisik, cara berbicara, dan sikap. Sehingga orang lain yang melihatnya akan tertarik dan semakin percaya dengan apa yang ditawarkan.

3. Pandai berbicara
Salesmanship harus pAndai berbicara dan meyakinkan orang lain. PAndai berbicara disini, bukan berarti pAndai berbohong, menggida, atau menipu, namun pAndai berbicara dalam hal menjual produk barang atau jasa, sehingga orang lain tertarik untuk membeli.

4. Ceria dan murah senyum
Ceria dan murah senyum wajib dimiliki oleh seorang salesman. Dengan Anda bersikap ceria dan murah senyum, orang akan memAndang Anda sebagai orang yang ramah. Tetapi, sebaliknya jika Anda terlihat lesu dan memasang wajah cemberut, orang akan malas mendengarkan penawaran Anda.

5. Jujur
Prinsip jujur memang harus dimiliki oleh siapa saja, termasuk salesmanship. Sebagai seorang salesman harus selalu jujur dengan apa yang ia lakukan. Karena sekali Anda berbohong, maka kepercayaan orang terhadap Anda akan hilang.

6. Berlaku hati-hati
Seorang salesman harus bertindak hati-hati dan tidak gegebah dalam melakukan pekerjaannya.

7. Bersikap businessman
Bersikap busnissman artinya sebagai seorang salesman harus dapat mempertimbangkan untung dan rugi dari tindakan yang ia lakukan. Sehingga ia tidak bertindak sembarangan.

8. Kreatif, kristis, dan banyak akal
Dalam menghadapi suatu masalah yang terjadi di lapangan, seorang salesman harus selalu kreatif, kritis, dan banyak akal. Sehingga ketika menghadapi suatu masalah, ia tidak gugup dan bingung, tapi tetap tenang sehingga mendapatkan solusi yang baik.

9. Menggunakan strategi 
Dalam melakukan tindakan, seorang salesman harus menggunakan strategi-strategi tertentu untuk memperlancar bisnisnya.

Jadi, sebagai salesmanship, bukan hanya sebatas mampu menjual suatu produk barang atau jasa. Akan tetapi mampu mempengaruhi dan mendorong orang lain untuk melakukan apa yang kita inginkan, dengan cara yang baik.

Demikian tentang entrepreneurship dan salesmanship. Semoga bermanfaat.

0 Komentar Apa Itu Entrepreneurship dan Salesmanship?

Posting Komentar

Back To Top