Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

24/04/17

7 Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Makanan Ringan

7 Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Makanan Ringan_Munculnya banyak waralaba makanan ringan saat ini menjadi salah satu bukti bahwa bisnis makanan ringan kian banyak digemari pebisnis pemula yang ingin terjun ke dunia usaha kuliner. Namun, dalam berjualan bisnis makanan ringan ada beberapa tips yang perlu dijalankan, berikut ini 7 kunci sukses berjualan usaha makanan ringan yang sebaiknya Anda terapkan.
7 Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Makanan Ringan
7 Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Makanan Ringan

1. Lokasi usaha
Dalam berusaha, pemilihan lokasi adalah salah satu elemen penting untuk meraih kesuksesan. Pilihlah lokasi yang banyak dikunjungi orang namun tetap perlu memperhitungkan modal yang akan digunakan untuk sewa.

Jangan menggunakan banyak modal hanya untuk sewa tempat usaha, Anda juga tetap bisa berjualan dengan cara menitip produk makanan ringan Anda ke tempat mitra atau lokasi lain yang strategis, misalnya pasar, mal, perkantoran, perumahan dan berbagai tempat wisata.

2. Pemasok bahan baku
Kunci sukses kedua dalam berbisnis makanan ringan adalah dengan memiliki pemasok bahan baku tetap. Hal ini akan memperlancar produksi makanan ringan Anda, sekaligus bisa mendapatkan harga yang relatif lebih murah.

Keuntungan lain dari menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku adalah Anda bisa menjadi prioritas apabila terjadi kelangkaan bahan baku makanan ringan Anda. Sebaiknya Anda mempunyai lebih dari 1 pemasok bahan baku, untuk mengantisipasi jika pemasok lain tidak bisa memenuhi permintaan.

3. Promosi yang tepat
Langkah berikutnya yang bisa dijalankan adalah dengan melakukan promosi yang tepat. Mulailah dengan promosi gratis dari mulut ke mulut, biasanya ini akan cukup efektif jika Anda memiliki teman yang punya banyak kenalan.

Jika produk Anda memang bagus, maka besar kemungkinan pembeli akan order kembali kepada Anda. Dan jika Anda bisa menguasai pemasaran online seperti facebook dan twitter, maka Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

4. Perizinan usaha
Untuk keamanan dan kenyamanan Anda dalam berusaha, maka sebaiknya Anda mengurus berbagai surat perizinan di instansi pemerintah atau pihak berwenang terkait. Apabila usaha Anda semakin berkembang, bukan tidak mungkin Anda juga akan memerlukan NPWP dan sertifikasi Halal dari MUI.

5. Buat dengan kualitas terbaik
Berbisnis makanan ringan selalu terkait dengan rasa, oleh karena itu buatlah produk dengan kualitas terbaik, mulai dari rasa, bahan baku, dan kemasannya.

Produk yang memiliki keunggulan pasti akan mudah bersaing dengan produk lain yang sejenis, sehingga akan lebih mudah dalam menarik konsumen.

Pembeli yang terkesan dengan rasa yang khas dan unik akan membuat mereka selalu ingin merasakan kembali makanan yang sama. Faktor ketagihan inilah yang membuat sebuah bisnis makanan ringan akan semakin besar dan maju.

6. Inovatif dan kreatif
Buatlah menu makanan baru yang orang lain belum pernah makan dan terfikirkan sebelumnya. Anda bisa menggunakan bahan baku yang sama, namun ubahlah menjadi bentuk makanan yang unik dengan rasa yang khas agar bisa memenangkan hati konsumen.

Orang akan cenderung penasaran dengan model makanan baru, sehingga mudah bagi mereka mengeluarkan uang untuk membeli.

7. Pelayanan terbaik
Service yang baik kepada pelanggan adalah salah satu bentuk promosi yang bagus untuk bisnis Anda. Kita semua tahu bahwa konsumen adalah raja, dari merekalah bisnis kita akan berkembang dan dari merekalah bisnis kita bisa jadi harus berhenti.

Memberikan pelayanan yang terbaik isalnya dengan membuat komunitas atau event atau promo-promo yang menarik akan membuat konsumen mengingat brand Anda dan hal ini akan bagus sebagai pijakan untuk menjadikan bisnis Anda semakin berkembang.

Demikianlah 7 kunci sukses dalam berbisnis makanan ringan. Poin pentingnya adalah Anda perlu membuat produk yang khas dan unik serta memiliki rasa yang nikmati disertai dengan promosi yang tepat, maka bisa menjadi kombinasi yang bagus untuk meningkatkan usaha Anda.

Back To Top