Bisnis

Info Seputar Bisnis dan Kerja

09/05/17

5 Cara Terbaik Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Peluang Bisnis dan Usaha Sukses- Cara Memulai Bisnis Online Menguntungkan-Sahabatku,bisnis online adalah pemasaran produk atau jasa yang dilakukan secara online melalui internet dengan menggunakan alat seperti PC, laptop,HP, dan media elektronik lainnya. Sebelum kita memulai bisnis online, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan dipraktekkan seperti pangsa pasar, jenis produk/jasanya, modal, teknik pemasaran, managemen keuangan.

1. Pangsa pasar
Pangsa pasar adalah market segment yaitu : bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.
( Sumber : www mediabpr.com )

Untuk menentukan pangsa pasar, kita bisa mencari informasi tentang hal ini di lewat internet. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • cari informasi tentang suatu golongan sedang ramai membicarakan sesuatu, hal ini dapat terlihat di berbagai forum bisnis di media sosial seperti facebook, twitter, yahoo answer, dan lain sebagainya. Dari sini kita bisa memiliki gambaran tentang siapa target konsumen yang menjadi sasaran bisnis kita.
  • simpulkan dan pilihlah jenis pangsa pasar yang akan menjadi target kita. Misalkan kita akan menargetkan pangsa pasarnya adalah semua orang tanpa memandang umur, jenis kelamin, penghasilan, maka pilihlah pangsa pasar umum.
2. Jenis produk/jasa
Banyak sekali jenis produk atau jasa yang dapat kita pasarkan secara online misalkan pakaian, barang elektronik, jasa pembuatan web, jasa menulis artikel, jasa publisher iklan, dan lain-lain. Jadi setelah kita tentukan pangsa pasarnya, langkah selanjutnya menentukan jenis produk/jasa sesuai dengan pangsa pasar pilihan kita. 

Misalkan kita pilih pangsa pasar umum, maka dapat menentukan barang/jasa yang kiranya banyak dibutuhkan oleh umum seperti HP, ebook cara bisnis online, pakaian. Jika misalnya yang kita pilih itu pangsa pasar khusus perempuan, kita dapat memilih produk/jasa seperti pakaian wanita, kosmetik, dan lain-lain. Intinya apa pun jenis produk/jasa yang akan kita pasarkan melalui media online maka harus disesuaikan dengan pangsa pasar/jenis konsumen yang menjadi target kita.

3. Modal
Setelah pangsa pasar dan jenis produk/jasa kita tentukan, langkah ketiga ini adalah masalah modal. Banyak orang yang kaya akan ide bisnis tapi belum jadi dilakukan bisnisnya karena terkendala oleh modal.

Sebenarnya untuk memulai bisnis online itu tidak harus dengan modal uang yang banyak. Hal utama modal yang harus kita miliki adalah modal yang ada dalam diri kita atau yang sering disebut dengan modal yang sifatnya non materi baik intern maupun ekstern, yang antara lain :
  • niat bisnis. Niat bisnis sangat penting diolah dalam diri kita sehingga menjadi tekad bisnis yang kuat
  • semangat bisnis. Bangunlah dalam diri kita agar semangat kita tak pernah surut atau pantang menyerah.
  • yakin. Yakinlah bahwa bisnis kita akan sukses, keyakinan atau bisa disebut juga sugesti adalah bahwa jika kita yakin sukses maka insya Allah bisnis kita juga sukses. Faktor sugesti sangat penting bagi pelaku bisnis karena dalam sugesti ini terkandung do'a kita kepada Yang Maha Kuasa.
  • sabar. Jika nantinya bisnis kita belum sesuai harapan, maka bersabar lah karena bisnis itu tidak mudah dan tidak juga sulit. 
  • do'a. Berdo'alah setiap hari, dalam hal ini memohon lah kepada yang Maha Pemurah agar bisnis yang kita jalankan dapat berhasil.
  • relasi. Perbanyak lah relasi kita dengan cara yang baik, misalnya dengan berkunjung langsung ke rumah teman bisnis atau berkunjung lah ke web/blog teman, dan aktif lah di berbagai forum sosial media.Berilah solusi-solusi tentang permasalahan mereka. Hal ini sangat penting untuk mengenalkan/menngkatkan brand produk dan personal brand kita.
Adapun untuk modal yang sifatnya materi/uang itu tidak harus banyak. Janganlah mengurungkan keniatan bisnis kita hanya gara-gara uang anggaran modal kita belum sesuai yang kita butuhkan karena banyak/sedikitnya modal itu relatif.

Contoh gambarannya antara lain sebagai berikut :
  • misalkan produk yang akan kita pasarkan adalah HP, maka jangan beranggapan bahwa pada zaman sekarang orang hanya mencari/membutuhkan HP yang cangih-canggih. Jadi kita bisa memilih memasarkan HP seken/second sekali pun HP jadul. Ya kita bisa membeli HP jadul dengan harga yang tidak membutuhkan modal banyak, misalnya membeli HP jadul dengan harga Rp. 50.000,00.
  • carilah juragan HP. Posisi kita hanya sebagai perantara antara penjual dengan pembeli atau sering disebut dengan maklar
  • misalkan jenis produk yang akan kita pasarkan belum jelas, dalam artian topiknya di pikiran kita adalah bisnis online, maka kita dapat menjual apa pun yang kiranya tidak membutuhkan modal uang maka pilih lah produk yang serba murah atau barang sekenan.
4. Teknik pemasaran/penjualan
Setelah 3 langkah tersebut terpenuhi, untuk memulai bisnis online kita harus menerapkan teknik pemasaran yang jitu agar produk kita laris manis. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan penghasilan lewat bisnis online antara lain :
  • membuat website/blog. Buat lah website sendiri atau dengan menggunakan jasa pembuatan website. Jika modal kita belum cukup untuk membuatkan website, alangkah baiknya kita menggunakan/membuat website/blog gratisan saja. Banyak platfrom yang menyediakan layanan untuk kita gunakan dalam membuat web/blog gratisan secara mandiri seperti blogger, wordpress dan lain-lain. Baca Cara Membuat Blog Gratisan di Blogger Blogspot. Jika modal kita sudah cukup, suatu saat kita bisa membuat/membeli domain premium seperti yang berembel-embel com, net, co.id, id, dan lain-lain dan juga bisa sewa hosting yang bagus. Jika kita belum punya PC/laptop/tablet/HP dan jenis alat yang bisa difungsikan untuk online internet, kita bisa ke warnet.
    Cara Memulai Bisnis Online Menguntungkan
Cara Memulai Bisnis Online Menguntungkan
Sumber Gambar : pixabay.com
  • manfaatkan sosial media seperti facebook, twitter, BBM, dan sosial media yang lain untuk mempromosikan/mengiklankan bisnis kita. Misalkan di facebook, kita bisa update status tentang bisnis kita, membuat halaman fb, membuat grup fb dengan topik bisnis, mengikuti grup bisnis di fb.
  • memanfaatkan sms. Jika dua hal di atas belum bisa dilakukan, hal yang paling sederhana untuk memulai bisnis online adalah dengan menggunakan HP jadul seperti yang saya alami dulu. Ya dulu saya memulai bisnis online yakni hanya dengan sms online. he he. dan sampai saat ini pun saya masih menggunakan sms untuk mengenalkan web saya dengan cara menyetel otomatis agar setiap kali saya sms sudah tidak perlu repot-repot mengetik alamat blog saya. ( maklum saya masih menggunkan HP jadul ).
5. Manajemen bisnis/keuangan
Manajemen/management bisnis merupakan hal yang sangat penting juga karena jika kita tidak pandai mengelola keuangan maka bisnis kita rentan gulung tikar. Berikut ini beberapa cara sederhana dalam mengelola keuangan bisnis kita :
  • membuat buku khusus catatan bisnis online
  • catat lah modal awal/pokok
  • buatlah daftar produk yang kita jual
  • catat lah produk yang sudah laku dan produk stok kita
  • buatlah catatan harian/mingguan/bulanan/tahunan tentang pemasukan dan pengeluaran baik tentang modal maupun produk
  • pisahkan antara uang bisnis dengan uang dari sumber lain
Sahabat , demikian tentang 5 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan. Semoga bermanfaat

0 Komentar 5 Cara Terbaik Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Posting Komentar

Back To Top