Bisnise

Info Seputar Bisnis dan Kerja

20/09/17

10 Trik Rahasia para Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru

10 Trik Rahasia Para Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru_Tidak sedikit anak-anak muda atau karyawan yang saat ini ingin menjadi wirausaha. Di tengah sulitnya mendapatkan pekerjaan yang layak dan ketidakpastian dalam pekerjaan, memilih jalan dengan menjadi pengusaha, atau membuka usaha/bisnis sendiri adalah pilihan yang tepat. Nah, buat Anda yang juga punya mimpi menjadi pengusaha yang sukses dan tangguh, ada baiknya Anda menerapkan 10 tips sukses wirausaha di bawah ini.
10 Trik Rahasia Para Pengusaha Sukses yang Wajib Anda Tiru
Kunci Sukses Usaha

1. Berani Memulai
Menjalankan bisnis baru harus berani untuk memulai, tidak hanya dirancang dan diangan-angankan saja. Pengusaha di atas kertas berbeda dengan pengusaha real yang berani dan tanpa takut memulai usaha baru. Hilangkan sifat takut, karena hanya akan menjadi penghambat untuk sukses.

2. Realisasikan Ide Secara Maksimal
Orang diciptakan dengan perbedaan dan keunikan. Mereka juga memiliki potensi yang berbeda-beda, untuk bisa menjadi pengusaha sukses dibutuhkan keberanian untuk merealisasikan ide-ide dan potensi yang ada dalam diri masing-masing. Mewujudkan 1 buah ide jauh lebih berharga daripada punya 1000 ide tapi tidak ada satupun yang terwujud.

3. Jangan Terlalu Banyak Analisis
Salah satu pengusaha terkenal di Indonesia, Bob Sadino tidak terlalu mengAndalkan analisis yang mendalam saat akan memulai usaha. Calon pengusaha yang takut tidak mendapatkan untung karena analisis yang berbelit tidak akan berani melangkah. Hambatan seperti ini harus dihindari agar bisnis segera bisa berjalan.

4. Bermimpi Besar
Seorang pengusaha yang sukses harus punya mimpi yang besar. Memiliki mimpi yang tinggi akan mendorong seseorang untuk berusaha lebih baik dan tidak mudah menyerah. Mimpi akan menjadi pembakar semangat agar usahanya bisa terwujud dan sukses.

5. Jangan Ingin Serba Cepat 
Karakter yang selalu ingin cepat mendapatkan hasil tidak akan bisa membentuk pengusaha yang tangguh. Karena dalam berusaha pasti akan ada cobaan, tantangan dan hambatan dalam meraih sukses. Tidak serta merta hanya dengan membuka toko, maka otomatis akan langsung meraih kesuksesan yang diharapkan.

6. Berpikir Positif
Mempunyai mindset yang positif itu penting, jangan sampai Anda memulai bisnis Anda tanpa berfikir positif. Kegagalan hanyalah cobaan kecil untuk kesuksesan Anda di masa depan. Anda bisa mencontoh Thomas Alva Edison yang harus menunggu hingga lampu ke 1000 untuk bisa disebut sukses sebagai penemu lampu.

7. Jangan Terpaku dengan Pendidikan
Banyak orang yang terlalu memikirkan tentang pendidikan manakala berbicara tentang kesuksesan sebuah usaha. Padahal pendidikan bukanlah hal utama yang menentukan sebuah bisnis akan sukses atau tidak. Tidak perlu minder dengan pendidikan yang sebatas SMP atau SMA, justru jadikanlah background menjadi pelecut semangat untuk bisa mengungguli wirausaha-wirausaha lain yang berlatar pendidikan lebih tinggi.

8. Merintis usaha kecil
Awalilah segala sesuatunya dari yang kecil. Dengan mulai dari yang kecil Anda akan belajar hal-hal sederhana terlebih dahulu, seperti misalnya perencanaan keuangan, promosi dan lain-lain. Saat masih kecil, usaha akan mudah untuk dikontrol. Sejalan dengan berjalannya waktu bisnis Anda berkembang dan Anda semakin lihai dalam mengelola perusahaan Anda.

9. Rajin mencari ilmu
Meskipun Anda menjalankan 1 bidang bisnis saja, namun ilmu dan pengetahun yang lain perlu Anda miliki. Menambah ilmu akan membuat Anda memiliki wawasan yang luas dalam bidang bisnis, sehingga Anda akan memiliki banyak cara bagaimana bisa mengembangkan bisnis yang Anda jalankan. Ilmu bisa Anda dapatkan dari membaca buku, mengikuti seminar, dan sebagainya.

10. Berani berkreasi dan berinovasi
Jika Anda sudah berada di zona nyaman dalam bisnis Anda, maka jangan takut untuk berinovasi dan berkreasi untuk meningkatkan omzet usaha Anda. Keluar dari zona nyaman akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa menikmati keuntungan yang lebih besar daripada yang Anda dapatkan saat ini.

Membuka usaha dan sukses di dalamnya tidak hanya bisa di raih oleh orang-orang berkantong tebal saja, atau anak orang kaya yang punya pengaruh saja. Buat Anda para  pemula yang hanya bermodal dengkul pun tak menutup kemungkinan bisa meraih itu. Yang terpenting, bulatkan niat Anda, jadilah pekerja keras dan cerdas, tekun dan jangan pernah ada kata menyerah saat usaha Anda mengalami rintangan.

Back To Top